Waduh, Ternyata Kurang Tidur Juga Bisa Mengakibatkan Kanker Payudara!



Sekarang bertambah satu lagi hal yang perlu diperhatikan jika tidak ingin kena kanker payudara, bukan hanya hidup sehat dengan makan buah dan sayur serta olahraga teratur saja, tapi juga kita harus memperhatikan tentang tidur. Kurang tidur ternyata bisa picu kanker payudara.

Para wanita yang suka begadang sebaiknya kurangi hobi ini. Pada tahun 2002 telah ditemukan korelasi antara kurang tidur dengan menurunnya hormon melatonin serta tingginya kanker payudara, seperti dilansir dilaman Everydayhealth.com

Hormon melatonin adalah hormon yang diproduksi secara alami ketika kita sedang tidur atau beristirahat, kurang tidur berarti juga akan mengurangi hormon tersebut yang akan mengakibatkan tingginya hormon estrogen yang dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara. Jika hormon estrogen berlebih, ini menjadi pemicu tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh Anda.


Tentunya kerugian dari kurang tidur bukan hanya itu saja, kita juga jadi tidak bisa konsentrasi dan mudah lelah jika tidur kita tidak maksimal.

Jika pada wanita kurang tidur bisa picu kanker payudara, maka akibat kurang tidur bagi pria juga tidak kalah berbahayanya. Pria yang kurang tidur beresiko tinggi kena kanker prostat tiga kali lebih besar dari pria yang mempunyai tidur cukup.

Inilah alasan kenapa banyak dokter yang selalu menyarankan agar cukup dalam tidur. Tidur yang berkualitas bukan hanya membuat kita mudah dalam konsentrasi dan tidak mudah lelah, tapi juga bisa menurunkan resiko terkena kanker payudara dan kanker prostat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Waduh, Ternyata Kurang Tidur Juga Bisa Mengakibatkan Kanker Payudara!"

Posting Komentar