Wow! Malala Menjadi Pemenang Hadiah Nobel Termuda



Malala Yousafzai, gadis berusia 17 tahun asal Pakistan ini dianaugerahi Hadiah Nobel Perdamaian 2014 atas dedikasinya terhadap pendidikan dan hak-hak anak. Ini menjadikan dia sebagai pemenang hadiah Nobel termuda sepanjang sejarah.

Malala tidak sendirian, dia berbagi hadiah dengan Kailash Satyarthi, aktivisis hak anak dari India. Kailash Satyarthi menjadi orang kelahiran India pertama yang mendapatkan hadiah Nobel Perdamaian. Antara Malala dan Kailash Satyarthi akan berbagi hadiah sebesar 1,1 juta dolar. Komite Nobel Norwegia mengumumkan pemenang Nobel Perdamaian 2014 pada hari Jumat 10 Oktober 2014.

Nama Malala populer ketika dia ditembak di kepala oleh Taliban pada tahun 2012, sejak itulah Malala mengabdikan dirinya untuk kepentingan anak-anak, seperti hak pendidikan bagi anak.

Sedangkan Satyarthi telah mendedikasikan hidupnya selama tiga dekade terakhir untuk memerangi perbudakan anak-anak. Seperti perjuangannya untuk membebaskan anak-anak dari menjadi buruh paksa.

Penghargaan Nobel Perdamaian atau Nobel Peace Prize diberikan kepada individu penggiat hubungan internasional, pendiri pergerakan perdamaian atau yang berjasa dalam mengurangi atau menghentikan peperangan. Penghargaan ini sendiri dicetus oleh seorang Swedia bernama Alfred Nobel. Penghargaan ini diadakan setiap tahun, meskipun tanggal pemberian Penghargaan Nobel Pedamaian tidak ditentukan, tapi biasanya penghargaan ini dilaksanakan pada hari Jumat pertengah Oktiber setaap tahunnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Wow! Malala Menjadi Pemenang Hadiah Nobel Termuda"

Posting Komentar