10 Cara Menyembuhkan dan Mencegah Kaligata



Masyarakat yang tinggal di iklim dingin dan lembab pasti tahu tentang kaligata. Ini adalah suatu kondisi medis yang terjadi akibat pemanasan mendadak dari kulit setelah terpapar suhu dingin. Mungkin kalau orang jawa menyebutnya dengan Biduran

Perubahan suhu yang mendadak menyebabkan pembuluh darah dengan cepat meluas, menyebabkan kebocoran darah ke jaringan di dekatnya.

Kaligata dapat mempengaruhi bagian-bagian tubuh yang berbeda, seperti kaki, jari kaki, tangan, jari, telinga, dan hidung. Beberapa gejala adalah rasa panas, rasa gatal, kemerahan pada daerah yang terkena, nyeri, pembengkakan, peradangan, dan kekeringan. Dalam kasus yang parah, dapat muncul lepuh pada daerah yang terkena dan infeksi.

Masalah ini dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia, tetapi lebih sering terjadi pada anak-anak dan orang tua. Kondisi ini juga mempengaruhi lebih banyak perempuan dibandingkan laki-laki. Faktor risiko lain termasuk sirkulasi yang buruk, riwayat keluarga kaligata, pola makan yang buruk, berat badan rendah dan merokok berlebihan.

Dalam kebanyakan kasus, kaligata akan sembuh dengan sendirinya dalam 1 sampai 3 minggu saat paparan dingin terhindari.


Anda dapat menggunakan beberapa cara sederhana untuk mencegah dan mengurangi intensitas gejala atau ketidaknyamanan. Berikut ini cara mencegah dan menyembuhkan penyakit kaligata. Dilansir dari laman Top10homeremedies

1. Tinggikan daerah yang terkena
Bila menderita kaligata, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengangkat daerah yang terkena. Hal ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah, pada gilirannya mengurangi pembengkakan, peradangan dan nyeri.

Anda dapat menempatkan tangan dan kaki pada beberapa bantal untuk menjaga mereka lebih tinggi. Jika hidung Anda atau telinga yang terpengaruh, duduk di kursi bersandaran tinggi dan menekuk mundur leher Anda.

Anda juga bisa membungkus diri dengan selimut hangat dan minum segelas cokelat panas atau secangkir teh herbal hangat untuk membantu tubuh Anda beradaptasi dengan suhu hangat. Setelah tubuh Anda menyesuaikan dengan suhu kamar, dengan lembut pijatlah daerah yang terkena dengan minyak kelapa hangat atau minyak zaitun untuk meningkatkan aliran darah.

2. Pijat
Saat mulai musim dingin, Anda perlu memijat tangan dan kaki lembut dalam gerakan melingkar dua kali sehari, pagi dan malam hari sebelum tidur. Ini akan memastikan sirkulasi darah yang baik dan mengurangi resiko terkena kaligata.

- Anda bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak jarak untuk memijat tangan dan kaki.

- Pilihan lain adalah dengan menambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti lavender, rosemary atau minyak lemon dan menggunakannya untuk memijat.

3. Bawang merah
Obat kuno populer untuk kaligata adalah bawang merah. Bawang merah memiliki sifat anti-inflamasi, antiseptik dan antibiotik yang dapat membantu mengurangi gatal, nyeri, pembengkakan dan peradangan, dan mengurangi risiko infeksi.

- Potong bawang merah menjadi irisan tebal. Gosok dengan lembut sepotong bawang di atas daerah yang terkena. Biarkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan handuk hangat. Lakukan ini 2 atau 3 kali sehari selama 1 sampai 2 minggu.

- Atau, menggiling 1 sampai 2 bawang merah menjadi pasta. Terapkan ke seluruh daerah yang terkena dan biarkan selama 15 sampai 20 menit. Bilas pasta dengan air dingin. Lakukan ini beberapa kali sehari selama 1 atau 2 minggu.

Catatan: Jangan lakukan metode ini pada kulit pecah-pecah.

4. Kentang
Kentang dapat menurunkan gatal dan peradangan yang disebabkan oleh kaligata karena bersifat anti-iritasi dan menenangkan. Kentang juga baik untuk mengobati lecet yang terjadi bersama kaligata.

- Potong kentang mentah menjadi irisan tebal. Taburkan garam pada irisan dan gosokkan dengan lembut pada daerah yang terkena.

- Rebus 1 atau 2 kentang dalam 2 gelas air selama 10 sampai 15 menit. Biarkan menjadi dingin. Rendam daerah yang terkena dalam larutan selama sekitar 10 menit.

Ikuti salah satu dari dua perawatan diatas dua kali sehari selama seminggu.

5. Calendula
Calendula juga dapat digunakan untuk mengobati kaligata akut. Tanaman ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan dan nyeri serta mendorong penyembuhan cepat.

Rebus segenggam bunga calendula dalam 2 gelas air dan selama 15 sampai 20 menit. Biarkan agar dingin lebih dulu kemudian tambahkan garam laut. Rendam daerah yang terkena dalam larutan ini selama sekitar 15 menit sekali atau dua kali sehari.

6. Bawang putih
Bawang putih adalah obat yang baik untuk menghilangkan gejala kaligata. Karena sifat anti-inflamasi dan antiseptik, bawang putih bisa langsung dapat mengurangi peradangan dan gatal serta mempercepat penyembuhan.

- Gosok daerah yang terkena dengan minyak bawang putih beberapa kali sehari untuk merangsang aliran darah dan meredakan ketidaknyamanan.
- Anda juga bisa memasukkan bawang putih dalam diet Anda.

7. Lada Hitam
Lada hitam juga berguna dalam pengobatan kaligata. Mereka memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan, pembengkakan dan nyeri.

- Giling ½ sampai 1 sdt merica hitam secara menyeluruh.
- Panaskan 1 sdm minyak biji wijen dan tambahkan lada hitam tadi.
- Saring, dan biarkan dingin sedikit.
- Gunakan minyak hangat untuk memijat daerah yang terkena 2 atau 3 kali sehari.

Hindari menggunakan minyak ini jika ada kulit pecah-pecah atau perdarahan pada daerah yang terkena.

8. Aloe Vera
Lidah buaya memiliki anti-inflamasi serta sifat penyembuhan yang dapat membantu mengobati kaligata. Hal ini dapat membantu menenangkan peradangan, mengurangi rasa sakit dan menghilangkan ketidaknyamanan lainnya.

- Potong dan buka daun buaya aloe untuk mengekstrak gel nya.
- Oleskan gel ini pada daerah yang terkena.
- Pijat lembut untuk meningkatkan sirkulasi darah.
- Biarkan hingga kering sendiri, kemudian bilas dengan tisu basah.
- Ikuti perawatan ini 1 atau 2 kali sehari sampai Anda melihat peningkatan

9. Meningkatkan Asupan Kalsium
Telah ditemukan bahwa kekurangan kalsium bisa membuat seseorang lebih rentan terhadap kaligata. Jika Anda memiliki riwayat kaligata selama musim dingin, Anda mungkin dapat mencegahnya dengan meningkatkan asupan kalsium Anda.

- Konsumsi makanan tinggi kalsium seperti susu, keju, yogurt, kedelai, susu kedelai, jus jeruk, sereal, brokoli, kale, collard hijau, kacang putih, sarden, salmon, dan lain-lain.

- Jika diperlukan, konsumsi suplemen kalsium setelah konsultasi dengan dokter.

10. Olaharaga teratur
Sirkulasi darah yang buruk dapat membuat Anda lebih rentan terhadap kaligata. Untuk mengatasi faktor risiko ini, berolahragalah secara teratur.

Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh. Tapi sebelum memulai olahraga apapun, pastikan untuk pemanasan secara bertahap dengan latihan kaki sederhana untuk mendapatkan darah beredar.

- Olahraga kardiovaskular dan olahraga aerobik selama 30 menit setiap hari akan membantu banyak.
- Anda juga bisa pergi berjalan-jalan, bersepeda, jogging atau berenang setiap hari untuk meningkatkan sirkulasi.

Tips tambahan

- Pijat jari kaki dan jari-jari tangan dengan minyak hangat 2 atau 3 kali sehari untuk meningkatkan sirkulasi darah.
- Hindari perubahan suhu yang cepat (dari dingin ke hangat).
- Kenakan pakaian hangat yang tepat dalam cuaca dingin.
- Jaga kepala dan telinga hangat dengan mengenakan syal dan topi wol.
- Hindari paparan dingin untuk waktu yang lama.
- Hindari mengekspos kulit untuk setiap panas langsung, terutama setelah paparan dingin.
- Jaga kulit agar tetap lembap untuk mencegah gatal-gatal.
- Hindari menggaruk kulit yang terkena karena dapat merusak kulit.
- Selalu memakai sepatu yang cocok dan nyaman dengan menggunakan sol termal untuk menjaga kaki hangat.
- Hindari memakai pakaian basah.
- Jaga ruang tamu dan kamar tidur Anda hangat dan nyaman.
- Menjaga kaki Anda hangat sepanjang waktu dengan memakai celana penuh, penghangat kaki, kaus kaki wol panjang atau sepatu bot tinggi.
- Hindari merokok karena dapat menghambat sirkulasi dan meningkatkan risiko untuk kaligata.
- Minum minuman panas beberapa kali sehari untuk menjaga tubuh Anda hangat.
- Tempatkan katun atau wol antara jari-jari kaki untuk meningkatkan sirkulasi.
- Masukkan almond, biji wijen, dan ikan air kedalam diet Anda untuk mendapatkan asam lemak esensial.

Jika kaligata Anda tidak sembuh dalam beberapa minggu atau mengembangkan lepuh yang terinfeksi, konsultasikan dengan dokter Anda.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "10 Cara Menyembuhkan dan Mencegah Kaligata"

Posting Komentar