10 Manfaat Menakjubkan Daun Sirih yang Sebaiknya Anda Tahu



Daun sirih, bukan hanya untuk nyirih nenek Anda saja, daun ini juga mempunyai manfaat yang menakjubkan. Menawarkan kesehatan tak tertandingi. Lihat saja, bentuk daun sirih saja sudah berbentuk hati, menunjukkan rasa cinta mereka terhadap Anda, seakan ingin menunjukkan bahwa mereka cinta kesehatan.

Banyak orang yang menyepelakan daun yang satu ini, tapi setelah membaca informasi berikut ini diharapkan Anda langsung menjadikan mereka tanaman wajib di taman Anda.

Berikut ini 10 manfaat daun sirih yang sangat menakjubkan, dilansir dari laman stylecraze.com:


1. Analgesik
Daun sirih merupakan analgesik yang menawarkan bantuan dari rasa sakit. Daun ini dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan karena luka, memar, ruam, inflamasi (internal maupun eksternal), gangguan pencernaan, sembelit, dll. Jadikan daun sirih menjadi pasta untuk dioleskan pada luka memar. Anda juga bisa mengunyah daun sirih dan minum jus daun sirih untuk menyembuhkan rasa sakit dari dalam.

2. Meringankan Sembelit
Daun sirih bersifat anti-oksidan. Daun sirih dapat mengembalikan tingkat PH normal sakit perut, yang tentunya akan meredakan sembelit mereda. Untuk meredakan sembelit, Anda hanya perlu mengunyah daun sirih dan minum jus daun sirih saat perut kosong setiap hari. Cara lain dengan merajang daun sirih dan rendam dalam air semalaman, minum air ini keesokan harinya.

3. Melancarkan Pencernaan
Daun sirih meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini memicu sirkulasi dan merangsang usus untuk menyerap mineral dan nutrisi penting. Kotoran akan dikeluarkan dengan mudah melalui kinerja sfingter yang lebih baik. Kinerja sfingter yang baik ini merupakan hasil dari stimulasi yang disebabkan oleh daun sirih.

4. Mengurangi Nyeri Lambung
Daun sirih pada dasarnya sangat membantu dalam meningkatkan GERD. Membuat usus dua belas jari terbebas dari radikal bebas berbahaya dan beracun. Ini akan mengurangi keasaman yang disebabkan karena tingkat PH lambung yang tidak seimbang. Tingkat PH optimal memastikan kembung mereda.

5. Menambah Nafsu Makan
Menurunnya nafsu makan juga merupakan akibat dari sakit perut. Tingkat PH yang normal akan meningkatkan memicu hormon lapar untuk dapat disekresikan dalam jumlah yang optimal. Daun sirih mampu mengembalikan tingkat PH normal perut dengan mengeluarkan semua racun. Itulah mengapa daun sirih dapat meningkatkan nafsu makan sekaligus meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

6. Meningkatkan Kesehatan Mulut
Mengunyah daun sirih bisa menghilangkan bau mulut. Hal ini juga menawarkan bantuan dari sakit gigi. Namun, ingat untuk menyikat gigi Anda secara menyeluruh setelah mengunyah daun sirih untuk menyegarkan mulut Anda.

7. Meredakan Batuk
Daun sirih juga dapat meredakan batuk yang terus-menerus. Pada daun sirih terdapat antibiotik yang memudahkan dahak dan juga mengurangi peradangan yang disebabkan karena batuk terus-menerus.

Cara Mengobati Batuk dengan Daun Sirih:

- Cukup rebus daun sirih dalam air.
- Tambahkan cengkeh dan kapulaga, dan rebus kembali.
- Minum setidaknya 3 kali sehari.

8. Meringankan Bronchitis
Daun sirih juga merupakan obat yang luar biasa untuk bronkitis. Akan mengurangi peradangan karena Bronchitis

9. Manfaat Antiseptik
Daun sirih juga merupakan anti-septik karena kaya akan poli-fenol. Dengan demikian, daun sirih menawarkan perlindungan ganda dari kuman. Menjadi baik sebagai antiseptik, dapat diterapkan pada luka untuk membunuh kuman, dan karena sarat dengan poli-fenol, daun sirih dapat mengurangi rasa sakit.

10. Manfaat antijamur
Daun sirih juga merupakan obat anti-jamur yang menakjubkan. Infeksi jamur biasanya terjadi pada bagian tubuh yang lembab. Dengan demikian, daun sirih dapat mencegah infeksi jamur secara alami

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Manfaat Menakjubkan Daun Sirih yang Sebaiknya Anda Tahu"

Posting Komentar