10 Manfaat Unik dari Tanaman Kunyit



Kunyit memiliki banyak manfaat, selain biasa dijadikan bumbu, kunyit juga mempunyai khasiat untuk kesehatan. Diantara rempah-rempah lain yang sering dijadikan bumbu, kunyit merupakan rempah yang paling sehat dan paling memberi banyak manfaat kesehatan. Di negara timur sendiri seperti Indonesia, masyarakat sudah mengenal manfaat kunyit, dan belakangan masyarakat barat juga sudah menghargai kenyataan bahwa kunyit bisa menjadi obat alami dari berbagai penyakit.


Dilansir dari Lifehacker India, berikut ini manfaat dari kunyit:

1. Efektif melawan kanker.
Kurkumin yang terkandung dalam kunyit, memberikan sifat anti-oksidan kuat yang membantu melawan kanker. Para ahli mengatakan kunyit yang secara alami bersifat anti-inflamasi, Sekitar 30 penelitian ada yang menunjukkan curcumin memiliki efek anti-tumor.
Kunyit sangat efektif melawan penyakit prostat, pankreas dan kanker usus besar serta leukimia.

2. Melawan penyakit demensia dan Alzheimer
Kunyit diyakini meningkatkan fungsi otak dan mencegah terjadinya demensia. Kurkumin yang bersifat anti-oksidan dan anti-inflamasi mampu melawan penyakit demensia serta menunda timbulnya penyakit Alzheimer.

3. Anti-depresi
Curcumin adalah anti-oksidan yang memiliki sifat yang mirip dengan anti-depresan. Hal ini menjadikan kunyit sebagai obat alami yang ampuh melawan depresi. Namun, mengingat bahwa depresi adalah kondisi medis, yang harus diperlakukan hanya di bawah pengawasan dokter, disarankan untuk mendatangi psikiater lebih dulu.

4. Kunyit sangat bagus untuk jantung
Kunyit adalah obat alami bagi penderita jantung. Curcumin memiliki dampak positif menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan dan mencegah penumpukan LDL atau kolesterol jahat di pembuluh darah. Ini akan menghambat plak arteri, menangkal aterosklerosis dan dengan demikian memberikan perlindungan dari serangan jantung dan stroke.

5. Melancarkan sistem pencernaan
Sistem pencernaan tubuh memainkan peran penting dalam membersihkan tubuh dari racun. Kunyit dikenal dapat mengobati gangguan pencernaan dengan memfasilitasi gerakan usus halus dan mengurangi gejala perut kembung.

[sc:garesponsive]
6. Memiliki sifat anti-inflamasi yang luar biasa
Kunyit sangat bersifat anti-inflamasi. Sebuah Penelitian awal menunjukkan hasil yang menggembirakan bahwa kunyit mampu mengobati penderita radang mata (uveitis), penyakit radang usus (kolitis ulserativa) serta multiple sclerosis.

Karena efektivitasnya dalam mengurangi radang dan rasa sakit yang ditimbulkan, kunyit juga dapat meredakan gejala arthritis.

7. Meningkatkan kekebalan
Selain sifat anti-oksidan yang kuat, kunyit juga bersifat anti-bakteri. Kombinasi ini membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah sejumlah infeksi bakteri dan virus. Ketika Anda terkena infeksi, asupan rutin kunyit dapat membantu sembuh lebih cepat.

8. Menunda penuaan
Anti-oksidan pada kurkumin akan melawan radikal bebas dan bertindak sebagai perisai terhadap kerusakan yang ditimbulkan oleh mereka. Radikal bebas bertanggung jawab atas keausan dan kerusakan bertahap tubuh akibat penuaan. Konsumsi kunyit secara teratur dapat membantu Anda tetap sehat dan awet muda.

9. Meningkatkan kesehatan kulit
Sifat anti-oksidasi kunyit juga membantu memerangi timbulnya garis-garis halus dan kerutan pada wajah. Selain itu, sifat anti-bakteri, anti-septik dan anti-inflamasi pada kunyit bisa dijadikan alternatif berbagai produk untuk wajah dan kulit, seperti dijadikan pasta kunyit.
Pasta kunyit dapat membantu menyembuhkan luka dan luka bakar, mengobati iritasi kulit dan mengurangi peradangan.

10. Mempercepat pembakaran lemak
Salah satu manfaat paling dipuji kunyit adalah potensinya untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu membakar lemak lebih cepat. Inilah sebabnya mengapa semakin banyak ahli gizi merekomendasikan kunyit sebagai suplemen makanan untuk orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan. Efektivitas kunyit dalam membakar lemak sangat luar biasa, bahkan kunyit dapat membantu seseorang membakar kalori ketika sedang tidur. Kurkumin juga akan merangsang produksi empedu yang membantu dalam mencerna lemak dan membantu mengontrol berat badan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Manfaat Unik dari Tanaman Kunyit"

Posting Komentar