10 Pengobatan Alami untuk Sariawan Mulut (Oropharyngeal Candidiasis)



Apakah Anda melihat luka putih krem di lidah Anda? Apakah Anda sering mengalami pendarahan saat membersihkan lidah Anda? Maka Anda mungkin menderita kondisi yang disebut dengan 'Oropharyngeal Candidiasis', yang sehari-hari dikenal sebagai sariawan mulut.

Sariawan adalah infeksi lidah yang juga dapat mempengaruhi daerah lain di sekitar lidah. Tapi tenang saja, ada pengobatan alami untuk menyembuhkannya, baca saja postingan kali ini sampai selesai.

Penyebab Dan Gejala Dari Sariawan Mulut
Biasanya sariawan disebabkan oleh diabetes, antibiotik, gigi palsu atau merokok.

Gejala yang paling umum dari sariawan adalah luka putih krem di dalam mulut. Meskipun banyak ditemukan di lidah, Anda juga bisa menderita sariawan di pipi bagian dalam. Daerah lain yang dapat terinfeksi meliputi amandel, gusi, atau tenggorokan. Sariawan sangat menyakitkan dan bahkan dapat berdarah saat Anda menyikat atau ketika Anda membersihkan mulut. Kondisi ini menyebabkan kesulitan dalam menelan atau bahkan bisa menyebabkan demam.


Berikut ini pengobatan alami sederhana untuk menyembuhkan sariawan mulut. Seperti dikutip dari laman Stylecraze.com:

1. Air Garam
Air garam adalah salah satu solusi terbaik untuk sariawan mulut. Campur beberapa sendok teh garam dalam secangkir air. Berkumur dengan larutan ini sekitar 3-4 kali sehari. Pada minggu kedua, Anda akan melihat pengurangan sariawan yang terlihat dalam luka Anda.

2. Apple Cider Vinegar (Cuka Sari Apel)
Cuka sari apel dapat membantu mengobati sariawan. Campur beberapa sendok teh cuka sari apel dan 2 sendok teh garam dalam secangkir air hangat. Berkumur dengan larutan beberapa kali sehari untuk membersihkan diri dari sariawan.

3. Baking Soda
Anda dapat meringankan sariawan dengan menerapkan pasta dari baking soda dan air dengan bola kapas. Campurkan 2-3 sendok teh baking soda bubuk dalam secangkir air hangat. Celupkan bola kapas dalam campuran tersebuut dan oleskan pada daerah yang terkena. Oleskan 2-3 kali sehari.

4. Minyak Kelapa
Minyak kelapa juga dapat meringankan sariawan. Campur beberapa sendok teh minyak kelapa dalam air hangat. Berkumurlah dua atau tiga kali sehari. Atau, Anda dapat merendam bola kapas dalam minyak kelapa dan oleskan pada daerah yang terkena untuk mengurangi sariawan.

5. Bawang putih
Mengunyah siung bawang putih secara teratur dapat menghilangkan luka. Bawang putih membantu menyembuhkan sariawan mulut dengan cepat.

6. Biji Jeruk
Ekstrak biji jeruk dapat membantu menyembuhkan sariawan. Diaplikasikan langsung ke luka, atau dicampur dengan air (2 sendok teh minyak dalam 1 cangkir air hangat), jus jeruk dikenal dapat mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka. Cuci mulut Anda dengan cara ini beberapa kali sehari untuk mengobati sariawan.

7. Yogurt
Kesejukan Yogurt secara otomatis membuatnya menjadi pilihan yang cocok untuk menyembuhkan radang dan luka di mulut. Makan secangkir kecil yoghurt dua atau tiga kali sehari dapat membantu menyembuhkan sariawan.

8. Aloe Vera
Jus Aloe Vera membantu menyembuhkan sariawan. Seperempat gelas dari jus lidah buaya setiap hari membantu mengurangi sariawan. Atau, Anda dapat menerapkan jel aloe vera (lidah buaya) ke daerah yang terkena dua kali sehari untuk mengobati sariawan.

(Baca Juga: Manfaat Menakjubkan Minum Air Putih Setelah Berolahraga)

9. Margosa
Minum secangkir teh daun margosa teh setiap hari dapat membantu menyembuhkan sariawan. Atau, Anda dapat oleskan minyak Margosa ke daerah untuk memberikan bantuan pada sariawan.

10. Pohon Teh Dan Minyak Peppermint
Campuran pohon teh dan minyak peppermint akan membantu mengurangi sariawan. Campur 2 sdt minyak pohon teh dan 1 sdt minyak peppermint; rendam bola kapas dalam larutan; oleskan pada luka dua atau tiga kali sehari dan lihat, mereka akan menyembuhkan luka Anda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Pengobatan Alami untuk Sariawan Mulut (Oropharyngeal Candidiasis)"

Posting Komentar