10 Perawatan Alami Mengatasi Siku Gelap dan Lutut Gelap



Kecantikan Anda akan berkurang ketika mempunyai kulit lutut dan siku yang gelap. Ini juga masalah umum pada sebagian wanita sehingga mereka kurang pede ketika mengenakan baju lengan pendek atau rok diatas lutut.

Kulit di sekitar siku dan lutut biasanya lebih tebal dan memiliki lipatan lebih banyak dari kulit sekitarnya. Juga, karena tidak ada kelenjar minyak di wilayah ini, kulit ini cenderung lebih kering. Jadi, ketika perawatan yang tepat dan kebersihan tidak terjaga, kulit di lutut dan siku menjadi lebih gelap daripada bagian lain dari tubuh Anda.

Beberapa faktor lain yang berkontribusi terhadap siku dan lutut gelap karena sering menggosok, overexposure dari sinar matahari, faktor genetik, kulit kering, ketidakseimbangan hormon, obesitas, penumpukan kulit mati dan peningkatan pigmen melanin.

Beberapa solusi alami dan teknik perawatan kulit yang sederhana dapat membantu memecahkan masalah ini.
Berikut ini 10 solusi rumahan untuk siku dan lutut gelap. Kami ambil dari laman top10homeremedies.com:


1. Minyak Kelapa
Minyak kelapa merupakan obat yang baik untuk meringankan lutut dan siku gelap. Memiliki vitamin E yang dapat membantu meringankan warna kulit dan mencegah kekeringan dengan menjaga kulit terhidrasi dan lembab.

- Setelah sehabis mandi, oleskan minyak kelapa pada lutut dan siku dan pijat dengan lembut selama 1 sampai 2 menit. Ulangi beberapa kali sehari untuk mencegah kekeringan.

- Atau, siapkan campuran dengan 1 sendok teh minyak kelapa dan ½ sendok teh jus lemon. Gosokkan pada siku dan lutut yang gelap dan biarkan selama 15 sampai 20 menit. Bersihkan dengan handuk. Lakukan ini sekali sehari.

- Anda juga dapat menambahkan minyak kelapa secukupnya dengan 1 sendok makan (sdm) bubuk kenari untuk membuat pasta tebal. Gunakan untuk mengelupaskan patch kulit gelap di sekitar lutut dan siku 2 atau 3 kali seminggu.

2. Lemon
Lemon memiliki pemutihan alami serta sifat exfoliating (pengelupasan). Juga, memiliki jumlah tinggi vitamin C yang membantu menghilangkan sel-sel mati dan mencerahkan warna kulit. Lemon juga dapat meningkatkan regenerasi sel kulit yang sehat.

- Oleskan jus lemon pada siku dan lutut dan pijat dengan lembut selama beberapa menit. Biarkan selama sekitar 20 menit. Cuci dengan air hangat dan oleskan pelembab lotion.

- Anda juga dapat mengekstrak jus dari 1 jeruk lemon dan mencampurnya dengan 1 sdm madu. Oleskan pada daerah yang terkena dan biarkan selama 20 menit. Kemudian cuci dengan air.

Ikuti salah satu dari obat ini sekali sehari selama beberapa minggu. Setelah menerapkan jus lemon, hindari paparan sinar matahari selama 3 jam.

3. Yogurt
Yogurt mengandung asam laktat yang membantu mencerahkan warna kulit. Hal ini juga membersihkan dan melembabkan kulit.

- Campurkan masing-masaing 1 sendok teh (sdt) yogurt polos dan cuka putih untuk mendapatkan pasta halus. Oleskan pada daerah yang terkena dan biarkan kering. Bilas dengan air hangat, keringkan dan terapkan pelembab lain. Lakukan ini setiap hari selama beberapa minggu.

- Atau, campurkan 2 sdm tepung gram dan 1 sdm yogurt polos untuk membuat pasta tebal. Oleskan pada siku atau lutut yang gelap dan biarkan selama 20 menit. Lalu, gosok dengan jari-jari basah untuk menghapus pasta dan bilas dengan air. Lakukan ini 2 atau 3 kali seminggu.

4. Gula
Untuk meringankan warna kulit lutut dan siku, Anda juga dapat menggunakan scrub gula buatan sendiri. Butiran gula membantu mengangkat sel kulit mati dan melembutkan kulit.

- Campur jumlah yang sama gula dan minyak zaitun untuk membuat pasta tebal.
- Oleskan pasta ini pada lutut dan siku dan gosokkan kesekitar menggunakan gerakan melingkar selama 5 menit.
- Cuci dengan sabun lembut dan air hangat.
- Lakukan ini sekali sehari sampai warna kulit di sekitar lutut dan siku menjadi cerah.
- Ulangi perawatan ini setiap minggu.

5. Baking Soda
Baking soda bertindak sebagai pembersih yang lembut, sangat efektif untuk mengobati lutut dan siku gelap. Membantu juda dalam menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengurangi hiper-pigmentasi yang terbentuk di sekitar lutut dan siku.

- Siapkan pasta dengan masing-masing 1 sdm susu dan baking soda.
- Oleskan pada daerah yang terkena dan gosokkan di sekitar dalam gerakan melingkar selama 2 sampai 3 menit.
- Cuci dengan air hangat dan tepuk-tepuk hingga kering secara menyeluruh.
- Ulangi setiap hari sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

6. Aloe Vera
Lidah buaya adalah pencerah kulit alami yang juga akan menjaga kulit terhidrasi dan lembab. Bermanfaat menjaga warna kulit dan meningkatkan perbaikan sel-sel kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari.

- Ambil gel dengan membuka daging dari daun lidah buaya.
- Oleskan ke daerah-daerah.
- Biarkan selama 20 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.
- Ulangi 1 atau 2 kali sehari selama beberapa minggu.

7. Almond
Almond dan minyak almond sangat baik untuk kulit Anda. Almond kaya akan skin-nourishing yang membantu mempertahankan warna kulit dan menjaga kulit Anda sehat dan bercahaya.

- Pijat daerah yang terkena dengan minyak almond hangat selama sekitar 5 menit setiap hari sebelum tidur. Dalam beberapa hari, Anda akan melihat perbedaaanya.

- Atau, campurkan 1 sampai 2 sdm bubuk almond kasar dengan sedikit yoghurt untuk membuat pasta tebal. Oleskan pada siku dan lutut yang gelap. Biarkan hingga kering, kemudian dengan jari-jari basah menggosok dalam gerakan melingkar. Cuci dengan air dingin. Lakukan ini sekali atau dua kali sehari selama beberapa minggu.

8. Mint
Mint mengandung beberapa minyak atsiri yang meningkatkan kolagen dalam tubuh. Ini membantu mempertahankan warna kulit dan bahkan membuat kulit bersinar.

- Rebus ½ cangkir air dengan segenggam daun mint selama 2 sampai 3 menit.
- Tambahkan jus lemon ½ kedalamnya, saring dan biarkan larutan menjadi dingin.
- Rendam bola kapas dalam larutan ini dan gosokkan pada lutut dan siku.
- Biarkan selama 15 sampai 20 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.
- Ikuti perawatan ini 1 atau 2 kali sehari sampai Anda puas dengan hasilnya.

9. Kunyit
Kunyit juga sangat dianjurkan untuk siku dan lutut gelap.

Campur sedikit bubuk kunyit dengan 1 sdt krim susu. Terapkan pada lutut dan siku dan pijat selama beberapa menit. Biarkan hingga kering, kemudian cuci dengan air hangat. Lakukan sekali sehari. Dalam 1 sampai 2 minggu, Anda akan melihat perbedaan.

10. Mentimun
Mentimun memiliki sifat pemutihan alami yang membantu meringankan siku dan lutut yang gelap. Juga, mentimun akan membantu menjaga kulit lembab dan menghilangkan kotoran dari lapisan kulit luar.

- Gosok dengan lembut irisan tebal mentimun pada siku dan lutut selama 10 menit. Biarkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Ikuti perawatan ini setiap hari.

- Atau, campurkan jumlah yang sama antara jus mentimun dan jus lemon. Masukkan sedikit bubuk kunyit dan aduk. Oleskan pada daerah yang terkena. Biarkan selama 20 sampai 30 menit, lalu bersihkan dengan air. Lakukan ini setiap hari.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Perawatan Alami Mengatasi Siku Gelap dan Lutut Gelap"

Posting Komentar