11 Manfaat Tersembunyi dari Kulit Jeruk



Banyak dari kita biasanya membuang kulit ketika kita membuat jus jeruk, atau ketika kita ngemil jeruk. Tapi ini adalah salah satu kesalahan besar karena banyak senyawa yang sangat bergizi yang ditemukan pada kulit jeruk.

Banyak sekali mnafaat dari kulit jeruk ini, seperti menghilangkan kolesterol ditubuh, menghambat pertumbuhan kanker, mengatasi berbagai masalah pencernaan, dan masih banyak lagi. Untuk manfaat lengkap dari kulit jeruk, berikut ini kami berikan secara lengkap dibawah ini, kami ambil dari laman healthdigezt.com

1. Anti-kolesterol
Hampir semua senyawa anti-kolesterol dalam jeruk ditemukan di kulit. Senyawa ini membantu memerangi LDL atau kolesterol buruk dalam tubuh kita yang membentuk gumpalan dan plak yang mengakibatkan pada penyumbatan pembuluh darah jantung. Oleh karena itu, kulit jeruk bagus untuk diet Anda dalam menurunkan jumlah kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Mencegah Kanker
Selain menghalau oksigen radikal bebas yang mencuri oksigen dari sel-sel sehat, senyawa kimia dalam kulit jeruk juga membantu menghambat pertumbuhan dan pembelahan sel kanker.

3. Sakit Maag
Menderita sakit maag kronis? Anda bisa menggunakan kulit jeruk untuk menyingkirkan maag tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia aktif dalam kulit jeruk membantu meredakan mulas. Ketika digunakan selama 20 hari, dapat membantu menyembuhkan sakit maag kronis.

4. Masalah pencernaan
Kulit jeruk mengandung banyak serat makanan. 100 gram kulit jeruk mengandung setidaknya 10,6 gram serat makanan. Makanan berserat bermanfaat untuk mencegah sindrom iritasi usus termasuk sembelit dan kembung. Anda dapat menyiapkan teh dengan ekstrak kulit jeruk untuk menenangkan sistem pencernaan Anda.

5. Mencegah berbagai masalah pernapasan
Perasan jeruk penuh dengan vitamin C yang merupakan pendorong kekebalan tubuh. Anti-oksidan dalam jeruk khususnya vitamin C dapat membantu mencegah berbagai masalah pernapasan seperti bronkitis, pilek, flu, asma, dan kanker paru-paru.

6. Pengharum ruangan
Kulit jeruk bisa digunakan untuk pengharum ruangan. Yang perlu Anda lakukan adalah kumpulkan beberapa bahan aromatik pilihan Anda seperti cendana atau kayu manis dan tentu saja kulit jeruk, kemudian dirangkai menjadi hiasan di sudut ruangan untuk mendapatkan bau ruangan tetap segar.

7. Pemutih gigi
Sebuah cara yang sangat murah dan alami untuk memutihkan gigi bernoda kuning adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Anda dapat membuatnya menjadi pasta dan oleskan pada gigi atau hanya menggosokkan kulit jeruk langsung pada bagian gigi. Banyak orang mungkin meragukan hal ini dan bahkan berpikir itu dapat membuat gigi menjadi sensitif. Sebenarnya, justru sebaliknya! Manfaat tambahan lain dari kulit jeruk adalah membantu mencegah gigi sensitif!

8. Untuk Pembersih
Anda dapat menggunakan bagian dalam kulit jeruk segar untuk membersihkan wastafel kotor. Minyak jeruk dapat digunakan sebagai sarana pembersih alami untuk menyingkirkan permukaan yang kotor.

9. Kompos
Kulit jeruk adalah bahan kompos yang bagus karena kaya akan nitrogen yang membantu menyuburkan daun pada tanaman. Selain itu, kulit jeruk penuh dengan nutrisi yang akan memperkaya humus di kebun Anda. Tapi jangan berlebihan, Terlalu tinggi kadar nitrogen dalam tanah dapat memiliki efek sebaliknya pada daun, membuat daun malah akan menyusut.

10. Pemutih Kulit
Vitamin C dalam jeruk sangat bermanfaat sebagai pemutih kulit alami. Ekstrak kulit jeruk bila diterapkan ke kulit dapat meringankan dan menutupi noda gelap dan bintik-bintik. Kulit jeruk aman digunakan pada kulit. Hanya pastikan untuk menggosoknya dengan ringan pada kulit Anda. Kulit jeruk juga bisa dijadikan pasta untuk mencegah luka bakar. Selain pemutih kulit, ekstrak kulit jeruk juga membantu warna kulit, secara alami membersihkan pori-pori dan melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

11. Menyingkirkan serangga
Apakah Anda tahu bahwa jeruk mengandung asam alami yang menjauhkan nyamuk, lalat dan serangga lainnya? Mungkin tidak. Tapi sekarang Anda dapat membuat sendiri ekstrak kulit jeruk dan semprot pada jalan semut dan daerah lain di mana serangga biasanya berkumpul.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "11 Manfaat Tersembunyi dari Kulit Jeruk"

Posting Komentar