3 Jenis Pil Suplemen Anti-Penuaan; Manfaat dan Efek Sampingnya



Saat ini ada beberapa pil dipasaran yang mengklaim sebagai pil anti-penuaan, seperti dilansir laman stylecraze.com. Seberapa efektifkah mereka, apa benar-benar bisa dapat menunda penuaan?

Mari kita eksplorasi apa itu pil anti penuaan, seberapa efektifkah mereka? Apa manfaatnya dan apa efek sampingnya. Berikut ini pil yang paling umum dikenal masyarakat sebagai pil anti penuaan beserta pro dan kontra-nya:

1. Suplemen Resveratrol
Michio Takaoka menemukan Resveratrol pada tahun 1939. Biasanya ditemukan dalam kulit buah anggur merah dan kadang-kadang dalam kacang dan biji-bijian, Resveratrol adalah senyawa tanaman yang dikenal sebagai polifenol.

Manfaat Resveratrol:
Resveratrol memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan. Resveratrol membantu mengurangi peradangan, mencegah kolesterol LDL dari oksidasi dan mencegah pembekuan darah di dalam pembuluh. Hal ini dapat membatasi sel-sel kanker dan melindungi sel-sel saraf dari kerusakan, membantu secara langsung dalam memerangi Alzheimer. Penelitian memperkirakan bahwa Resveratrol dapat mengaktifkan gen SIRT1, suatu mekanisme organik yang memerangi efek obesitas dan penuaan.

Efek Resveratrol:
Resveratrol diketahui mempunyai efek samping jangka panjang, karena belum banyak percobaan tercatat pada manusia. Suplemen resveratrol dapat menyebabkan komplikasi jika tercampur dengan pengencer darah seperti warfarin (Coumadin), dan senyawa nonsteroid yang umum ditemukan dalam obat seperti aspirin dan ibuprofen. Resveratrol dapat membahayakan ibu hamil; mengurangi efektivitas sistem detoksifikasi pada janin. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi Resveratrol.

2. Suplemen DHEA
DHEA atau dehydroepiandrosterone, suatu hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar adrenal, adalah suplemen anti penuaan.

Manfaat Suplemen DHEA:
Dikabarkan meningkatkan libido, membentuk otot dan memerangi penuaan. DHEA merupakan prekursor, suatu senyawa yang akan berubah menjadi hormon dalam tubuh kita. Ini merupakan prekursor hormon pria dan wanita, testosteron dan estrogen. Tubuh kita memproduksi banyak DHEA pada pertengahan usia 20-an. Produksi ini berkurang dari waktu ke waktu. Suplemen DHEA mempengaruhi tingkat testosteron dan estrogen.

Efek Samping Suplemen DHEA:
Sebagaimana DHEA akan berkurang bersama dengan usia, Penelitian dari NIA (The National Institute on Aging) dan NCCAM (The National Center for Complementary and Alternative Medicine) sepakat bahwa penggunaan jangka panjang dari suplemen DHEA bisa berbahaya. Beberapa efek samping meliputi:

- Kulit berminyak dan berjerawat
- Kehilangan rambut
- Gangguan gastronomis
- Hipertensi
- Detak jantung tidak teratur

Dalam kasus wanita, efek sampingnya adalah:

- Perubahan dalam siklus menstruasi
- Munculnya rambut wajah
- Perubahan suara
- Kehilangan rambut di kulit kepala

3. Noni
Dengan lebih dari 20 nama lain, Noni adalah suplemen vitamin. Noni dipanen dari pohon yang banyak ditemukan di Kepulauan Pasifik, Asia Tenggara, Australia, dan India. Suplemen vitamin Noni umumnya tersedia di sebagian besar negara.

Manfaat Suplemen Noni:
Noni tinggi kalium. Senyawa lainnya seperti xeronine, dan Polisakarida dapat membantu memperbaiki kerusakan sel dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Noni juga mengandung mineral seperti magnesium, zat besi, kalium yang juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Efek Samping Suplemen Noni:
Karena kandungan kalium yang begitu kuat dalam suplemen Noni, penderita batu ginjal, dan para diet kalium rendah harus menghindari asupan Noni.

Beberapa efek samping dari noni telah diketemukan dibeberapa kasus, namun keamanannya belum diteliti secara memadai.
Sebagai suplemen Noni mengandung cukup banyak sulfur, suplemen noni menyebabkan bau busuk pada urin.

Demikian beberapa suplemen anti penuaan yang tersedia sekarang ini. Khasiat dan ketahanan mereka cukup meragukan. Penelitian secara medis masih dilakukan, dan pertanyaan-pertanyaan seputar produk ini masih terus bermunculan. FDA baru-baru ini memberi sanksi ke beberapa organisasi karena telah membuat klaim palsu tentang suplemen Noni.

Sebagai catatan, penuaan adalah satu-satunya kebenaran kehidupan kita dari saat kita lahir. Terimalah keadaan kulit Anda seperti sekarang ini. Pertimbangkan untuk selalu menggunakan solusi alami untuk mencegah penuaan dengan makan sehat, hidup tanpa stress, dan ini adalah cara Anda dapat tetap sehat, lebih lama. (kredit:stylecraze.com)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Jenis Pil Suplemen Anti-Penuaan; Manfaat dan Efek Sampingnya"

Posting Komentar