5 Akibat Kurang Tidur Bagi Tubuh Anda



Kurang tidur memang sangat berbahaya, dalam jurnal Sleep dikatakan bahwa seperempat orang yang tidak mempunyai tidur malam kurang dari 6 jam berpotensi lebih besar mempunyai beberapa penyakit seperti detak jantung lemah, penyumbatan pembuluh darah dan penyakit mematikan lainnya. Sedangan menurut ahi Harvard Medical School, orang yang tidak tidur setidaknya lima jam berpotensi 15% lebih besar meninggal lebih dulu. Yakin mau tetap begadang?


Dibawah ini efek lain bagi orang yang kurang tidur, dilansir dari foxnews.

1. Otak
Tidak tidur selama 19 jam tiga hari beruntun dapat merusak sel otak, studi lain menyebutkan kurang tidur dapat menyebabkan demensia dan alzheimer.

2. Pankreas
Penelitian yang dilakukan Yale University Medical School menyabutkan orang yang tidak tidur setidaknya enam jam setiap malam akan dua kali lebih besar mendapatkan diabetes selama hidupnya.

3. Tekanan darah
Kurang tidur dapat meningkatkan hormon pemicu stress, kortisol. Secara rutin tidak tidur setidaknya enam jam setiap malam juga dapat meningkatkan tekanan darah sistolik sebesar 132.


4. Pinggang
Studi dari University of Wisconsin menyebutkan hormon leptin pada orang yang terbiasa tidak tidur dengan cukup akan 15,5 persen lebih rendah. Hormon leptin inilah yang membuat Anda merasa kenyang dan mengendalikan lemak. Sehingga pada kasus ini biasanya orang yang tidak tidur setidaknya lima jam akan merasakan lapar dan sangat butuh camilan pada pukul 10.00 pagi harinya.

5. Penampilan
Dalam jurnal Nature, tidak tidur 24 jam mengakibatkan kinerja motor kognitif sama seperti mereka yang minum minuman beralkohol lima porsi. Inilah yang membut penampilan orang yang tidak tidur sangat tidak layak dipandang.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Akibat Kurang Tidur Bagi Tubuh Anda"

Posting Komentar