5 Cara Alami Menghentikan Bersin Berkepanjangan



Bersin adalah mekanisme tubuh kita dalam menghalau benda asing yang masuk melalui hidung. Ketika ada benda asing, tubuh kita akan merespon untuk mengeluarkan benda asing tersebut dengan begitu cepat. Dan terjadilah apa yang dinamakan dengan bersin atau sternutasi. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang bersin, silahkan baca: (Memahami Penyebab Bersin)

Meskipun bersin adalah pola pertahanan tubuh, tapi ketika bersin sangat kerap terjadi dan selalu berulang-ulang tentunya ini menjadi tidak wajar dan perlu disembuhkan. Anda bisa saja mendatangi dokter untuk mendapatkan obat dari bersin ini, tapi tentunya Anda membutuhkan yang tanpa bahan kimia bukan? Maka jawabannya adalah pengobatan alami seperti dibawah ini.

Berikut ini pengobatan alami menghentikan bersin, seperti kami lansir dari laman rapidhomeremedies.com

1. Menggunakan Tumbuhan Jelatang
Tumbuhan Jelatang tinggi zat besi, kalsium, kalium, mangan, dan vitamin A, C, dan D. Selain menjadi begitu bergizi, ia memiliki astringent, diuretik, tonik, dan sifat antihistamin juga. Hal ini membuat jelatang obat yang efektif untuk rhinitis alergi dan mengurangi tidak hanya bersin, tetapi juga dari semua gejala terkait termasuk gatal, mata berair, serta hidung meler. Jelatang juga akan membantu Anda mengurangi hidung tersumbat dan gatal di hidung yang umumnya mendahului bersin.

Cara menggunakan jelatang untuk menghentikan bersin
- Membuat teh jelatang dengan menyeduhnya menjadi ramuan dalam air panas, tambahkan juga madu. Konsumis 2-3 cangkir sehari.

- Ambil 1-2 kapsul (sebaiknya terbuat dari ekstrak jelatang kering). Ulangi setelah setiap 2-4 jam tergantung pada tingkat keparahan bersin.

Perhatian: Anak-anak dibawah 12 tahun tidak boleh lebih dari satu kapsul dalam sehari.

2. Dengan Teh Chamomile
Ini juga ramuan, chamomile adalah antihistamin alami serta obat penenang ringan. Jadi, jika Anda telah bersin sepanjang hari, membuat secangkir teh chamomile sebelum tidur tidak hanya membuat Anda menyingkirkan bersin tetapi juga akan membuat Anda tidur lebih pulas. Anda mungkin juga dapat mengkonsumsinya pada siang hari.

Bahan:
- 1 sdt bunga Chamomile kering
- 1 cangkir air
- Madu, sebaiknya madu murni.

Caranya:
- Didihkan bunga Chamomile dengan secangkir air, Biarkan mendidih selama beberapa menit. Saring dan tambahkan madu.
- Konsumis teh ini dua kali sehari.


3. Konsumsi Vitamin C
Vitamin C adalah antihistamin alami dan dapat membantu menurunkan produksi histamin dalam tubuh Anda. Seperti yang Anda ketahui, alergen mendesak tubuh Anda untuk menghasilkan histamines yang menyebabkan bersin dan gejala lain dari alergi. Oleh karena itu, memiliki segelas jus lemon dicampur air atau jus jeruk dapat membantu Anda mencegah bersin. Berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat Anda ambil untuk mendapatkan dosis harian vitamin C.

- Jeruk, lemon, atau jus dari keduanya
- Sayuran memiliki vitamin C.
- Tambahkan beberapa tetes jus lemon dalam teh herbal Anda.
- Atau memiliki Vitamin C dalam bentuk kapsul atau tablet. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk dosis yang tepat.

4. Menghirup uang
Serbuk sari, debu atau apapun yang masuk ke hidung akan diidentifikasi sebagai penyerbu asing oleh sistem kekebalan Anda. Kemudian mulai memproduksi antibodi untuk memerangi hal itu. Antibodi ini menyebabkan sel-sel kekebalan tubuh untuk melepaskan senyawa inflamasi seperti histamin yang menyebabkan gejala alergi seperti bersin-bersin, hidung meler dan pengap. Radang selaput lendir hidung dapat dengan mudah diusir dengan menghirup uap.

Bahan:
- 1 mangkung air panas
- handuk

Caranya:
- Ambil semangkuk air panas dan letakkan di meja.
- Duduk di kursi dan tutip kepala Anda dengan handuk.
- Miringkan ke arah mangkuk menjaga handuk Anda dalam posisi seperti akan menutupi mangkuk bersama dengan kepala Anda sehingga uap tidak melarikan diri.
- Jangan mengambil wajah Anda terlalu dekat dengan mangkuk karena dapat membakar wajah Anda. Menghirup uap dari jarak yang aman untuk beberapa menit.
- Ini akan mengurangi peradangan dan partikel apapun yang dihidung.

5. Menggunakan Minyak Peppermint
Ada banyak minyak esensial yang memiliki kombinasi yang tepat untuk menghentikan bersin dan juga untuk menyembuhkan alergi yang menyebabkan bersin. Minyak peppermint adalah salah satu minyak sepertinya memiliki sifat antibakteri yang sangat baik. Hal ini juga secara alami membantu membuka saluran udara sehingga Anda dapat bernapas dengan mudah. Mengurangi kemacetan juga mengentikan bersin.

Bahan:
- 1 mangkuk air panas
- 5-6 tetes minya peppermint
- handuk

Caranya:
- Tambahkan minyak peppermint ke mangkuk air panas.
- Hirup uap yang keluar dengan menutup kepala dengan handuk.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Cara Alami Menghentikan Bersin Berkepanjangan"

Posting Komentar