5 Manfaat Kesehatan Berjalan Kaki yang Mungkin Belum Anda Ketahui



Gaya hidup perkotaan telah berkembang dengan caranya sendiri, misalnya dalam beroahraga mereka lebih memilih melalakukan treadmill secara rutin untuk tetap sehat dan aktif daripada berjalan kaki menyusuri jalan. Treadmill memaang membantu dalam olahraga berjalan diperkotaan karena sempitnya ruang. Penduduk dan perumahan yang semakin padat memaksa kita melakukan olehraga berjalan dengan treadmill dipusat-pusat kebugaran.

Banyak ahli dan penelitian menyimpulkan bahwa tidak pernah sama efek dari treadmill bila dibandingkan dengan olahraga berjalan di tradisional. Oleh karena itu tetap sempatkan olahraga berjalan kaki dengan berjalan dijalan sekitar rumah Anda.

Berjalan bukan hanya untuk kesehatan jantung dan otot saja, tetapi juga memiliki banyak manfaat jangka panjang lainnya. Seperti yang kami kutip dari laman lifehacker berikut ini.

1. Terhindar dari Osteoporosis
Lari atau berjalan kaki rutin dapat mencegah berbagai penyakit yang banyak berhubungan dengan usia, seperti osteoporosis. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan menciptakan kekuatan sebesar 3-4 Gs.

2. Memperkuat persendian
Sebuah studi pada tahun 2013 menunjukkan bagaimana pelari berusia 45 atau lebih memiliki resiko lebih rendah terkena osteoarthritis dan operasi pinggul dibandingkan dengan orang-orang yang hanya berjalan kaki saja dalam usia yang sama.

3. Menyehatkan otak janin pada ibu hamil yang berolahraga berjalan secara teratur
Pada ibu hamil melakukan olahraga berjalan kaki sangat baik untuk perkembangan otak janin, yakni membantu dalam perkembangan perirhinal cortex bayi (memori dan bagian sensorik otak). Tidak ada keraguan lagi bahwa penelitian telah menyatakan berjalan atau jogging setidaknya membantu dalam perkembangan pada otak anak yang belum lahir.

4. Menyehatkan otak secara keseluruhan
Aliran darah yang cukup dan secara teratur ke otak diperlukan untuk menjaga semua bagian otak tetap berfungsi untuk sinkronisasi otak. Berjalan biasa atau jogging selama 3-5 mil per hari membuat oksigen dan nutrisi yang cukup akan mencapai otak. Hal ini memastikan kelancaran fungsi dan efektif berbagai bagian otak.


5. Percaya atau tidak, berlari atau berjalan cepat dapat terhindar dari kanker
Banyak penelitian dan ahli semakin menyatakan bahwa kemungkinan kanker dapat dikurangi jika Anda berjalan secara teratur sepanjang hidup Anda, terutama setelah usia 30. Sebuah penelitian terbaru menyimpulkan bahwa kemungkinan mendapatkan kanker usus besar dapat 24% lebih sedikit daripada orang yang berjalan cepat selama 5-6 jam setiap minggu. Demikian pula, wanita yang olahraga berjalan secara teratur memiliki risiko 30% lebih rendah mempunyai kanker payudara dibandingkan perempuan yang tidak melakukan aktivitas fisik.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Manfaat Kesehatan Berjalan Kaki yang Mungkin Belum Anda Ketahui"

Posting Komentar