6 Pengobatan Rumahan untuk Kulit Kepala Gatal yang Terbukti Ampuh



Gatal pada kulit kepala bisa memalukan ketika ditempat umum tiba-tiba Anda menggaruk-garuk kepala, tentunya ini memperlihatkan bahwa Anda kurang cermat dalam merawat kulit kepala. Gatal pada kulit kepala juga bisa menjadi masalah kesehatan yang serius jika tidak segera diambil tindakan.

Gatal pada kulit kepala bisa dikarenakan kulit kering, kutu atau mikroba lainnya. Produk rambut yang tidak cocok juga dapat menyababkan masalah ini.

Sebetulnya dipasaran sudah banyak obat untuk menyembuhkan kulit kepala gatal, tapi tentunya ini mengandung bahan kimia yang bisa saja tidak aman. Anda bisa melakukan pengobatan alami pada gatal-gatal dikulit kepala dengan cara dibawah ini.

Berikut ini 6 cara alami mengobati gatal pada kulit kepala yang kami ambil dari laman rapidhomeremedies.com

1. Baking Soda
Baking soda adalah agen exfoliating yang diketahui sangat baik membersihkan kulit Anda, serta kulit kepala Anda. Selain itu, sifat alkali-nya membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala sehingga menghilangkan rasa gatal.

Cara Menggunakan Baking Soda Untuk Kulit Kepala Gatal

Bahan:
2-3 sdm baking soda
air
1-2 sdm minyak zaitun

Caranya:
- Pijat kulit kepala Anda dengan minyak zaitun.
- Campurkan sedikit air dalam baking soda untuk membuat pasta.
- Terapkan ke kulit kepala.
- Tunggu sekitar 15 menit.
- Terakhir, cucilah dengan air.

2. Cuka sari apel
Cuka sari apel juga menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala Anda yang membantu mengurangi rasa gatal dan kekeringan. Karena bersifat anti-inflamasi, cuka juga mengurangi peradangan yang dihasilkan dari kulit kepala kering dan gatal. Asam asetat dalam cuka sari apel juga membuat pembersih alami yang menghilangkan penumpukan di kulit kepala Anda. Tidak hanya membuka pori-pori tersumbat, tetapi juga bertindak sebagai kondisioner ringan untuk memberikan rambut berkilau.

Cara Menggunakan Cuka Sari Aple Untuk Kulit Kepala Gatal

- Tambahkan 1/4 cangkir cuka sari apel dengan 1/4 cangkir air. Tuangkan larutan ini ke dalam botol semprot. Semprotkan pada rambut dan kulit kepala, bungkus kepala menggunakan handuk. Biarkan selama 30 menit sampai 1 jam. Kemudian bilas dengan air.

- Jika Anda menderita gatal kulit kepala karena kekeringan yang berlebihan, cobalah ini. Cuci rambut Anda dengan air. Ambil cuka sari apel dalam mangkuk dan celupkan bola kapas atau kain bersih, terapkan pada kulit kepala secara menyeluruh. Biarkan selama 15-20 menit dan kemudian bilas.

3. Masker Pisang dan Alpukat
Kulit kepala terlalu kering akan menyebabkan kulit kepala gatal, cobalah beberapa buah-buahan bergizi dan membuat masker pelembab dari buah tersebut. Salah satunya dengan membuat masker dari pisang dan alpukat. Pisang tidak hanya menyembuhkan kulit kepala gatal tetapi juga menjaga kondisi rambut Anda. Sifat bergizi dan pelembab yang sangat baik dari pisang mengobati ketombe dan peradangan sehingga dapat menyingkirkan gatal pada kulit kepala. Begitu juga dengan alpukat. Berbagai elemen bergizi dari alpukat lemak melembabkan kulit kepala dan rambut untuk menyembuhkan gatal kulit kepala. Ketika dua buah ini dikombinasikan, mereka sangat menakjubkan untuk kesehatan kulit kepala Anda.

Cara Membuat Masker Pisang-Alpukat untuk Kulit Kepala Gatal

Bahan:
1-2 buah pisang
1 buah alpukat yang sudah masak

Caranya:
- Lembutkan pisang dan alpukat matang. Kemudian campurkan keduanya
- Terapkan pada rambut dan kulit kepala. Biarlah selama sekitar 30 menit.
- Cuci bersih dengan sampo dan air.


4. Jus Bawang Merah
Jus bawang telah digunakan secara tradisional di banyak negara untuk merangsang pertumbuhan rambut, terutama oleh obat Ayurveda dari India. Memiliki kandungan alami yang membantu merangsang folikel rambut serta membersihkan kulit kepala Anda. Juga merangsang sirkulasi darah dan menyebabkan akar rambut yang kuat dan sehat. Sifat anti jamur-nya sangat efektif melawan ketombe serta kurap. Hal ini juga memberikan kulit kepala Anda dengan nutrisi penting tertentu seperti vitamin C & B6, kalium, magnesium, germanium dan sulfur.

Cara Menggunakan Jus Bawang Merah Untuk Kulit Kepala Gatal

Bahan:
1-2 butir bawang merah
Minyak zaitun (opsional) - 1-2 sdm

Caranya:
- Giling atau parut bawang dan kemudian jadikan jus.
- Ambil sekitar 2-3 sdm jus bawang. Terapkan ke kulit kepala Anda secara menyeluruh.
- Namun jika, jus bawang murni tampaknya sangat kuat dan Anda tidak dapat melawan baunya, camurlah dengan sedikit minyak zaitun dan kemudian pijat ke kulit kepala Anda. Biarkan selama sekitar setengah jam.
- Terakhir cuci bersih dengan sampo dan air.

5. Minyak Lavender
Ada banyak minyak esensial yang memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan gatal pada kulit kepala. Salah satunya adalah minyak Lavender. Minyak lavender adalah minyak yang sangat mudah diserap. Sehingga dapat dimetabolisme oleh tubuh dengan sangat cepat. Inilah yang membuat minyak biasa digunakan untuk terapi ini baik untuk mengobati berbagai penyakit termasuk kulit kering dan kulit kepala gatal.

Cara Menggunakan Minyak Lavender Untuk Kulit Kepala Gatal

Bahan:
5 tetes Minyak esensial lavender
1 sdt minyak jojoba

Caranya:
- Campur minyak esensial lavender dengan minyak jojoba, terapkan secara menyeluruh pada kulit kepala Anda.
- Pijat campuran minyak ke kulit kepala selama sekitar 15 menit. Biarkan selama sekitar 5-10 menit.
- Cuci rambut dan kulit kepala dengan sampo ringan.

6. Minyak kayu putih
Minyak kayu putih memiliki sifat antiseptik dan antijamur alami yang dapat membantu melawan infeksi. Mencegah produksi residu untuk mencegah pori-pori tersumbat sehingga Anda mungkin tidak menghadapi masalah kekeringan, ketombe dan kulit kepala gatal.

Cara Menggunakan Minyak Kayu Putih untuk Kulit Kepala Gatal

Bahan:
- 3-4 sdm cuka putih
- 1 sdt minyak kayu putih
- 4-5 cangkir air

Caranya:
- Campurkan cuka, minyak kayu putih dan air. aduk rata
- Gunakan campuran tersebut untuk membilas rambut Anda
- Cuci rambut Anda dengan sampo ringan dan air.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "6 Pengobatan Rumahan untuk Kulit Kepala Gatal yang Terbukti Ampuh"

Posting Komentar