7 Cara Bagaimana Bawang Putih Dapat Munurunkan Kolesterol



Hiperkolesterolemia atau kadar kolesterol tinggi telah menjadi salah satu masalah kesehatan yang paling serius di dunia saat ini, yang membutuhkan intervensi medis segera. Jika tidak diobati pada waktunya, dapat mengancam nyawa juga. Tapi mencegah dan mengobati hiperkolesterolemia tidak selalu memerlukan obat mahal. Anda dapat menggunakan beberapa solusi alami untuk mengobati masalah kesehatan ini.

Ketika membicarakan pengobatan alami yang paling efekti mengurangi tingkat kolesterol, maka salah satunya adalah bawang putih.

Mengapa Bawang putih?
Bawang putih atau Allium sativum, memiliki sifat obat yang menakjubkan. Bawang putih sarat dengan allicin (senyawa organosulfur), ia memiliki antibakteri yang sangat baik serta sifat antijamur. Hal ini dapat membantu kita mencegah dan mengobati sejumlah masalah medis, seperti gangguan pencernaan, serangan parasit pada usus, infeksi, basal, lepra, tuli, gangguan pernapasan, dll.

Studi Tentang Pengaruh Bawang putih terhadap Penurunan Kolesterol
Penelitian di Australia baru-baru ini telah menemukan bahwa mengkonsumsi bawang putih bubuk kering atau mengambil suplemen bawang putih secara teratur selama 8 sampai 12 minggu dapat mengurangi sebanyak 8% kadar kolesterol dalam darah kita. Hal ini juga dapat mengatur keberadaan trigliserida dan LDL (low-density lipoprotein) atau 'kolesterol jahat' dalam tubuh kita.

Meskipun 8% tampaknya persentase yang sangat kecil, tapi ini sebenarnya mengurangi 38% dari risiko mengembangkan gagal jantung atau penyakit koroner. Satu-satunya kelemahan yang ditemukan dalam hal ini adalah durasi hasil, yang dikenal sebagai jangka pendek dan tidak bisa bertahan lebih dari 6 bulan.


Bagaimana Bawang Putih Dalam Menurunkan Kolesterol?
Berikut adalah beberapa fakta penting yang harus Anda ketahui tentang bawang putih dan penggunaannya dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita, seperti dikutip dari Stylecraze.com

1. Ekstrak bawang putih tua dan bubuk bawang putih lebih efektif dalam menurunkan kadar kolesterol daripada siung bawang putih mentah.

2. Minyak bawang putih segar mampu mengurangi tingkat trigliserida dalam tubuh.

3. Bawang putih dapat mengurangi total serum kolesterol, LDL dan trigliserida sebanyak 20 mg/dL pada manusia.

4. Berpengaruh pada HDL (high-density lipoprotein) atau kolesterol baik.

5. Dapat dikonsumsi bersama dengan diet sehat (diet tinggi serat dan rendah lemak)

6. Efek sebanding dengan dosis atau jumlah bawang putih yang diambil setiap hari.

7. Memiliki sedikit atau tanpa efek samping bila dibandingkan dengan obat penurun kolesterol yang sama atau lainnya.


Cara Makan Bawang putih Untuk Menurunkan Kolesterol?
Seperti dikatakan sebelumnya, bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita hanya jika disertakan dalam diet seimbang. Anda harus mengkonsumsi ekstrak bawang putih tua, bubuk bawang putih dan minyak bawang putih untuk mendapatkan hasil terbaik. Namun, Anda juga dapat mengkonsumsi siung bawang putih mentah setiap hari atau menggunakannya sebagai bumbu dalam salad, sup, sandwich, pizza, lauk, dll. Suplemen bawang putih juga sekarang telah tersedia dalam tablet atau kapsul, yang dapat Anda konsumsi secara teratur.

Namun, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menambah jumlah bawang putih dalam diet Anda untuk mengurangi kadar kolesterol.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Cara Bagaimana Bawang Putih Dapat Munurunkan Kolesterol"

Posting Komentar