8 Cara Alami Mengobati Infeksi Pusar



Infeksi pusar adalah masalah umum yang dapat terjadi di segala usia, termasuk bayi. Karena pusar cenderung dalam, lembab dan gelap, menjadikan tempat berkembang biak yang sempurna dari berbagai bakteri. Keringat, sabun dan zat-zat lain yang mengendap di rongga pusar dapat membantu pertumbuhan bakteri dan menyebabkan infeksi.

Gejala yang ditimbulkan antara lain kemerahan, nyeri ringan, dan bau. Sebuah infeksi jamur di pusar terjadi sebagai akibat dari pertumbuhan berlebih dari ragi yang menyebabkan gejala seperti kemerahan, dan pembengkakan.

Penyebab lain dan faktor yang mungkin bertanggung jawab terhadap infeksi pusar seperti kebersihan yang buruk, operasi yang melibatkan pusar, tindik pada pusar, diabetes, kista sebaceous, paparan UV Matahari yang berbahaya, dan obesitas.

Terlepas dari penyebabnya, pengobatan alami dapat membantu mengobati masalah. Anda juga dapat mengikuti beberapa langkah preventif untuk menghindari infeksi.


Berikut adalah 8 cara mengobati infeksi pusar, yang kami ambil dari laman top10homeremedies.com

1. Air Garam Hangat
Infeksi pusar dapat diobati dengan air garam hangat. Panas dari air hangat akan membantu meningkatkan aliran darah ke daerah yang terinfeksi, sedangkan garam akan membantu menyerap kelembaban di dalam pusar untuk membantu penyembuhan. Plus, ini akan bertindak sebagai disinfektan.

- Tambahkan 1 sendok teh (sdt) garam untuk 1 cangkir air hangat dan aduk sampai garam larut.
- Celupkan bola kapas dalam larutan ini dan menggunakannya untuk membersihkan daerah yang terinfeksi.
- Ulangi sekali atau dua kali sehari sampai infeksi hilang.

2. Jaga Wilayah yang Terkena Agar Tetap Bersih
Untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah pertumbuhan lebih lanjut dari bakteri di pusar, sangat penting untuk menjaga daerah yang terkena agar selalu bersih dan kering.

Untuk membersihkan daerah tersebut, Anda dapat menggunakan sabun antibakteri saat mandi. Setelah mandi Anda, keringkan daerah yang terkena secara menyeluruh dan oleskan krim antibakteri berbahan dasar air atau lotion, 2 atau 3 kali sehari sampai infeksi teratasi.

3. Kompres Hangat
Jika infeksi mengakibatkan sakit, Anda dapat mencoba menggunakan kompres hangat untuk meredakan ketidaknyamanan. Panas dari kompres hangat efektif dalam mengurangi rasa sakit dan juga akan membantu penyembuhan.

- Celupkan kain lap dalam air hangat dan peras kelebihan air.
- Tempatkan kain hangat pada pusar selama beberapa menit.
- Ulangi beberapa kali sehari untuk mengurangi rasa sakit.

4. Minyak pohon teh
Minyak pohon teh adalah obat alami lain yang efektif untuk infeksi pusar. Minyak esensial ini bersifat antijamur, antibakteri dan antiseptik.

- Campur 4 atau 5 tetes minyak pohon teh dalam 1 sdt minyak zaitun atau minyak kelapa.
- Gunakan bola kapas untuk menerapkannya pada daerah yang terkena.
- Biarkan selama 10 menit, kemudian bersihkan dengan tisu.
- Ikuti perawatan ini 2 atau 3 kali sehari sampai pusar terlihat sehat.

5. Menggosok Alkohol
Untuk membersihkan daerah yang terkena, Anda juga dapat menggunakan alkohol. Bahan antiseptik ini akan mensterilkan daerah yang terinfeksi dan mencegah penyebaran infeksi. Hal ini juga akan memberikan bantuan dari iritasi dan rasa sakit.

- Menempatkan sejumlah kecil alkohol pada bola kapas.
- Gosokkan ke daerah yang terkena dampak dan biarkan.
- Ulangi kembali beberapa kali sehari selama beberapa hari.

6. Cuka Putih
Untuk menghentikan dampak infeksi pusar, cuka putih sangat efektif. Sifat asam dari cuka putih akan melawan infeksi dan bahkan mencegah penyebaran.

- Campurkan 1 bagian cuka putih dengan 2 bagian air hangat.
- Rendam kapas dalam larutan ini dan menerapkannya pada daerah yang terkena.
- Biarkan selama 10 sampai 15 menit.
- Bilas dengan air hangat dan keringkan.
- Ulangi 2 atau 3 kali sehari sampai infeksi hilang.

7. Aloe Vera
Aloe Vera atau Lidah buaya dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan infeksi pusar. Ia memiliki sifat anti-inflamasi dan menenangkan yang dapat meringankan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan.

- Potong daun lidah buaya dan ambil gel-nya.
- Oleskan gel ini pada pusar dan biarkan hingga kering sendiri.
- Bersihkan area dengan tisu basah dan keringkan dengan handuk lembut.
- Ulangi beberapa kali sehari sampai infeksi hilang.

8. Kunyit
Kunyit adalah agen antiseptik dan antibiotik alami yang dapat menyembuhkan serta mencegah infeksi.

- Siapkan pasta dengan bubuk kunyit dan sedikit air. Oleskan pasta ini pada daerah yang terkena dan biarkan sampai mengering. Bersihkan dengan tisu dan menjaganya agar tetap kering. Lakukan 2 atau 3 kali sehari untuk mengurangi rasa sakit dan mencegah penyebaran infeksi.

- Anda juga dapat mencampur 1 sdt bubuk kunyit dan sedikit madu dalam segelas susu panas. Minum setiap hari sebelum tidur untuk penyembuhan internal.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "8 Cara Alami Mengobati Infeksi Pusar"

Posting Komentar