8 Manfaat Menakjubkan Minum Air Putih Setelah Berolahraga



Ketika Anda sedang berolahraga atau setelah berolahraga, tentunya Anda merasa kering dan ingin meneguk cairan. Banyak orang memilih minuman berenergi ketika mereka haus saat olahraga, tapi menurut beberapa penelitian, minuman energi tidak bagus untuk kesehatan. Daripada Anda menentukan pilihan pada minuman berenergi, lebih baik Anda memilih air putih sebagai penghilang rasa haus dan untuk menambal cairan tubuh yang hilang ketika latihan.

Jika Anda masih ragu bahwa air putih sangat baik diminum setelah berolahraga, maka baca terus artikel ini.

Tujuh puluh lima persen tubuh kita terdiri dari air. Air hadir dalam sel, ruang di antara sel-sel dan pembuluh darah. Setiap jenis aktivitas fisik, terutama olahraga membuat tubuh berkeringat, dan tubuh akan kehilangan jumlah air sebagai akibat dari tubuh yang otomatis akan mendinginkan dirinya sendiri.

Tubuh kehilangan banyak elektrolit dan cairan. Menurut American College of Sports Medicine (ACSM), "Hilangnya lebih dari dua persen cairan tubuh akan menurunkan kinerja fisik dan mental, terutama di lingkungan yang hangat atau panas". Kurangnya air minum dapat menyebabkan dehidrasi. Tingkat dehidrasi yang Anda derita dapat didiagnosis dengan memeriksa warna urin dan output-nya.


Berikut ini Manfaat Minum Air Putih
Minum air putih membantu untuk mempertahankan keseimbangan cairan yang tepat dalam tubuh, juga membantu mengembalikan air dan natrium yang hilang selama latihan. Selain itu, ada banyak manfaat lain dari air minum setelah latihan. Seperti yag tersebut dibawah ini. Kami ambil dari laman Stylecraze.com

1. Mengatur Suhu Tubuh
Air akan membantu mengatur suhu tubuh. Terutama di suhu hangat, tubuh membutuhkan lebih banyak air karena cenderung berkeringat lebih banyak. Bertambahnya usia, membuat kemampuan tubuh untuk mengatur suhu mulai berkurang. Air pada suhu kamar menghidrasi tubuh lebih baik daripada air dingin.

2. Palpitasi Jantung
Tidak memiliki air yang cukup akan meningkatkan palpitasi jantung. Jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Air membantu dalam sirkulasi darah yang tepat ke seluruh tubuh dan akan menormalkan detak jantung. Ini akan memudahkan dalam sirkulasi oksigen dan nutrisi.

3. Mencegah Kram Otot
Tidak memiliki cukup air setelah olahraga juga akan meningkatkan resiko kram otot. Kurangnya air dalam jaringan otot dapat menyebabkan kram. Itulah sebabnya, penting untuk minum air dan cairan untuk menggantikan air yang hilang.

4. Mual
Tidak mendapatkan air minum setelah latihan dapat menyebabkan mual.

5. Pusing Dan Kebingungan
Kurangnya air dalam tubuh menyebabkan sirkulasi darah yang tidak normal ke seluruh tubuh. Ini menghambat masuknya sebagian besar senyawa dalam darah memasuki otak yang kemudian menyebabkan kebingungan dan pusing.

6. Penurunan Kinerja
Kurang air menghambat kemampuan fisik dan mental seseorang. Hal ini menyebabkan penurunan tingkat kinerja.

7. Membantu Penurunan Berat Badan
Minum air setelah latihan akan membantu dalam penurunan berat badan. Biasanya setelah olahraga rutin, Anda akan merasa lapar dan mulai makan sehingga kalori bisa menumpuk. Minum air membuat Anda merasa kenyang dan kebutuhan untuk lebih banyak kalori akan berkurang. Kurang air dalam tubuh juga mengurangi laju metabolisme. Jadi dalam rangka untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan yang sehat, adalah penting untuk minum air setelah berolahraga.

8. Melindungi Organ Vital
Keseimbangan air dalam tubuh akan beraksi untuk melindungi organ-organ vital dalam tubuh.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "8 Manfaat Menakjubkan Minum Air Putih Setelah Berolahraga"

Posting Komentar