Awas! 5 Makanan Sehat Ini Bisa Juga Beracun



Makanan sehat akan membuahkan manfaat kesehatan untuk tubuh kita tentunya jika diolah dengan benar. Pengolahan yang salah malah akan membuat kita kena penyakit, sesehat apapun bahan makanan tersebut.

Seperti diberitakan laman Newsmaxhealth.com, ada beberapa laporan kasus keracunan yang mengakibatkan rawat inap, bahkan kematian yang diakibatkan dari makanan berikut ini, yang pada dasarnya makanan tersebut adalah makanan sehat.

1. Terdapat 132 kasus keracunan kentang
Kentang bisa mengandung bakteri E.coli dan salmonella. Kasus yang sering terjadi ketika kentang dicampur dengan salad sayur.

2. Terdapat 132 kasus keracunan tiram
Bakteri Novirus dan vibrio sering dijumpai pada tiram yang tercemar.

3. Terdapat 268 kasus keracunan tuna
Keracunan pada tuna banyak disebabkan karena scombroid, yaitu racun alami yang muncul pada ikan ketika disimpan pada suhu tertentu.

4. Terdapat 325 kasus keracunan telur
Cara memasak telur yang tidak tepat dapat mendatangkan salmonella.

5. Terdapat 363 kasus keracunan sayuran hijau
Sayuran hijau mentah terdapat banyak bakteri seperti E.coli, norovirus dan salmonella. Pastikan untuk mencuci bersih, apalagi jika dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Diperlukan cara memasak atau mengolah yang benar agar makanan sehat tersebut tidak berubah menjadi makanan beracun. Misalnya dengan mencuci tangan dan peralatan sampai bersih, jangan mencampur makanan matang dengan mentah, buang makanan yang sudah lama disimpan meskipun tersimpan dalam kulkas maupun lemari pendingin dan sebagainya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Awas! 5 Makanan Sehat Ini Bisa Juga Beracun"

Posting Komentar