Cara Menyembuhkan Memar Secara Alami



Memar merupakan hasil dari cedera pada jaringan di bawah kulit. Kapiler kecil pecah yang membuat darah menggenang menyebabkan perubahan warna seperti merembes melalui lapisan kulit. Bagian tubuh dapat memar dengan hanya memukul benda keras atau karena cedera serius. Gangguan pembekuan darah atau bahkan efek samping dari pola makan yang buruk dapat juga menjadi penyebab memar. Seseorang dengan kondisi anemia juga dapat membuatnya gampang memar.

Apa Penyebab Memar?
Berikut ini bebrapa penyebab seseorang gampang mengalami memar:

• Orang-orang yang kekurangan gizi atau tidak mendapatkan nutrisi penting yang cukup melalui diet mereka lebih rentan terhadap memar. Kekurangan vitamin C dan anemia juga menjadi penyebab umum. Juga kekurangan vitamin B12, K dan asam folat.

• Gangguan pembekuan darah membuat dinding pembuluh darah menjadi tipis sehingga dan rentan pecah, Inilah yang menyebabkan sering memar.

• Perokok berat akan merusak pembuluh darah yang menyebabkan sering dan mudah memar.

• Memar sering merupakan gejala dari kondisi kesehatan serius termasuk AIDS, kanker, lupus dan gangguan ginjal atau hati. Jika Anda mudah memar dan sering tanpa alasan yang diketahui, mungkin sudah saatnya untuk mencari bantuan medis.

• Efek samping Obat dari aspirin dan pengencer darah dapat menyebabkan mudah memar.

• Usia. Orang tua dan anak-anak kecil cenderung mudah memar karena mereka memiliki sedikit lemak di bawah kulit.


Beberapa Obat Herbal yang Dapat Menyembuhkan Memar:
Ada beberapa herbal yang bermanfaat untuk pengobatan memar.

- Alfalfa mempunyai nutrisi penting yang dibutuhkan untuk penyembuhan. Ini dapat dimakan atau diambil dalam bentuk suplemen.

- Arnica dapat ditemukan dalam bentuk salep dan dioleskan. Arnica mengurangi peradangan dan pembengkakan. Gosok salep arnica dua kali sehari.

- Dandelion merupakan sumber zat besi. Tanaman (daun dan akar) ini dapat dimakan, dibuat menjadi teh, atau Anda dapat membeli Dandelion dalam bentuk suplemen. Ini bagus untuk memar akibat anemia atau kekurangan zat besi dalam darah.

- Minyak Oregano dapat diterapkan dengan dioles

- Daun peterseli segar dilumatkan dan diterapkan secara langsung dapat mengurangi perubahan warna dan membuat memar memudar lebih cepat.

Cara Mengobati Memar dengan Alami
Cobalan pengobatan rumahan berikut ini ntuk membantu mempercepat penyembuhan atau mencegah memar.

1. Terapkan es segera setelah cedera untuk meminimalkan memar.

2. Gosok cuka putih dan air ke daerah yang terkena untuk meningkatkan aliran darah dekat permukaan kulit dan dapat membantu menyerap genangan darah atau memudarkan lebih cepat.

3. Untuk mengurangi perubahan warna, Anda bisa menerapkan parutan kentang mentah langsung ke luka atau memar selama 1 jam.

4. Konsumsi makanan bervitamin C dan K termasuk sayuran berdaun hijau, brokoli, kubis, wortel, kangkung, dan buah-buahan segar.

5. Jangan minum aspirin atau ibuprofen pada saat memar. Obat ini akan mengencerkan darah dan dapat membuat perubahan warna lebih menonjol.

6. Perbanyak makanan sehat dalam bentuk mentah. Fitonutrien mentah, produk segar, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat mengurangi memar dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Penting untuk dicatat bahwa memar yang tidak sembuh dalam seminggu mungkin merupakan tanda dari kondisi yang lebih serius dan harus diperiksa oleh dokter.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menyembuhkan Memar Secara Alami"

Posting Komentar