Fakta Ikan X-Ray, Ikan Transparan dari Amerika Selatan



Ikan X-ray, juga disebut sebagai tetra X-ray, meruapakan ikan kecil air tawar semitransparan di Amerika Selatan. Ikan X-ray memiliki garis kuning, hitam, dan putih pada sebagian siripnya. Memiliki sirip ekor kemerahan dan sering terdapat titik hitam di bagian depan-tengah tubuh dan di belakang mata. Panjang dewasa bisa mencapai hampir 4,5 cm. Pada jantan umumnya lebih kecil dan lebih tipis dari betina.

Ikan X-ray banyak ditemukan di lembah sungai Amazon dan Orinoco di Amerika Selatan. Terdapat juga di sungai-sungai pesisir Guyana. Ikan ini bisa hidup dalam berbagai macam kondisi, termasuk sedikit air payau (asin).


Ikan X-ray lebih memilih bersembunyi di vegetasi sepanjang tepi sungai hutan dan sungai kecil. Ikan sering berkumpul dalam kelompok. Seperti kebanyakan tetras lainnya, ikan X-ray juga memakan berbagai serangga air dan hewan kecil lainnya.

Ikan X-ray dapat hidup sampai lima tahun di akuarium. Di alam liar, jangka hidup mereka agak pendek. Ikan ini biasanya berkembang biak setelah umur tiga tahun.
(sumber: worldbook)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Fakta Ikan X-Ray, Ikan Transparan dari Amerika Selatan"

Posting Komentar