Fakta Penting Xerxes I, Raja Kejam dari Persia



Xerxes memerintah Kekaisaran Persia dari 486 SM sampai kematiannya. Ia menggantikan ayahnya, Darius I, dan menghabiskan beberapa tahun untuk berusaha mewujudkan tujuan ayahnya menaklukkan Yunani. Xerxes gagal dalam upaya ini, dan bahkan serangan Yunani berhasil membebaskan kota-kota pesisir Asia Kecil (sekarang bagian dari Turki) dan pulau-pulau di Laut Aegean dari jajahan Persia.

Selama tahun-tahun awal pemerintahannya, Xerxes berhasil memadamkan pemberontakan di provinsi Babilonia dan Mesir. Dia kemudian menghimpun kekuatan darat dan laut yang besar untuk menyerang Yunani. Pasukan ini melibatkan lebih dari 180.000 orang yang diambil dari seluruh kekaisaran yang membentang dari barat Libya sampai timur Sungai Indus (sekarang Pakistan)


Pada 480 SM, Xerxes memimpin pasukannya melawan kekuatan Yunani di gunung dekat Thermopylae, sebelah barat laut Athena. Orang-orang Yunani, yang dipimpin oleh pasukan dari Sparta, menahan Persia sampai akhirnya seorang pengkhianat berpihak pada Xerxes dengan mengatakan cara lain melalui pegunungan. Orang Persia menyerang Yunani dari belakang dan mengalahkan mereka. Orang-orang Athena kemudian meninggalkan kota besar mereka. Xerxes membakar banyak kuil dan bangunan lain di Athena.

Segera setelah itu, orang-orang Yunani dan Persia bertempur di Teluk Salamis. Orang Yunani memiliki kapal lebih sedikit tetapi lebih terlatih daripada Persia untuk manuver di teluk kecil. Xerxes mengawasi dari bukit tinggi dipantai ketika Yunani menghancurkan armadanya. Dia kemudian mundur ke Asia Kecil.

Pada tahun 479 SM, pasukan Persia kembali menyerang Yunani di Plataea, sebelah barat Athena, dan lagi-lagi mereka kalah. Pada 467 atau 466 SM, tentara Yunani dan para pelaut mengalahkan pasukan Persia lagi di mulut Sungai Eurymedon, di pantai selatan Asia Kecil. Akibatnya sekelompok bangsawan Persia dibunuh Xerxes.

Sejarawan Yunani menggambarkan Xerxes sebagai raja yang sombong dan kejam, tetapi kemungkinan invasi Yunani dipaksa kepadanya. Medan yang sulit dan pasokan bahan makanan yang kurang memperburuk invasi tersebut.
(sumber: worldbook)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Fakta Penting Xerxes I, Raja Kejam dari Persia"

Posting Komentar