Fakta Penting Xiamen, China



Xiamen merupakan pelabuhan di pantai Provinsi Fujian di China tenggara. Xiamen juga dikenal sebagai Amoy. Nama Amoy didasarkan pada pengucapan nama kota dalam dialek Fujian Selatan. Xiamen mempunyai pelabuhan yang terkenal dan pernah menjadi pusat perdagangan teh Cina.

Selama 1600-an, para pedagang dari Portugal melakukan perdagangan di Xiamen, tetapi Cina mengusir mereka karena mereka menganiaya orang. Pada tahun 1842, sebuah perjanjian dengan Inggris membuka Xiamen dan empat port lain untuk perdagangan Inggris. Warga Inggris dan asing lainnya yang tinggal di Xiamen memperoleh hak khusus. Pada tahun 1943, Inggris dan Amerika Serikat menyerahkan hak-hak istimewa ini, dan diikuti oleh negara-negara lain.

Sebelum Perang Dunia II (1939-1945), Xiamen mempunyai perdagangan yang sangat pesat. Namun perang dunia membuat perdagangan hancur. Baru pada awal 1980-an, pemerintah Cina mendirikan zona ekonomi khusus Xiamen untuk menarik investasi asing. Dari sini perdagangan mulai berkembang lagi.

Disebelah Xiamen adalah Gulangyu, sebuah pulau di mana banyak orang Cina kaya bertempat tinggal. Dari pelabuhan Xiamen, banyak orang Cina yang berasal Fujian mengembara ke berbagai negara di Asia Tenggara. Sebagian besar "orang Cina perantauan" di Asia Tenggara berbicara dengan dialek Fujian Selatan. (sumber: worldbook)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Fakta Penting Xiamen, China"

Posting Komentar