Membuat Tahu Ternyata Gampang Banget! Bikin Yuk?



Tahu, makanan yang begitu populer di Indonesia ini memang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tapi banyak yang belum mengetahui kalau sebenarnya membuat tahu itu sangat mudah dan praktis. Anda tidak perlu lagi menunggu tukang tahu dipagi hari untuk membuat sarapan dari tahu.

Anda hanya membutuhkan 5 tahap saja untuk membuat tahu yang lebih lezat dari tukang tahu langganan Anda. Membuat sendiri juga kita akan menjadi yakin akan kebersihan dari tahu tersebut.

Berikut ini cara mudah membuat tahu sendiri dirumah, kami ambil dari laman Huffington Post:

1. Langkah awal
Pertama Anda harus merendam lebih dulu kedelai kering dalam air semalaman. Setelah direndam, masukkan kedalam blender hingga menjadi susu.

2. Langkah kedua
Setelah menjadi susu kedelai, panaskan dalam panci sampai mendidih. Setelah mendidih kecilkan api dan biarkan dulu selama 10 menit. Angkat susu kedelai dan peras menggunakan kain untuk mendapatkan air sebanyak-banyaknya. Biarkan ampas tetap ada pada kain.

3. Langkah ketiga
Masak kembali air perasan tadi hingga mendidih. Setelah benar-benar mendidih tambahkan zat coagulant, seperti garam atau asam (lemon atau cuka) supaya menjadi kental

4. Langkah keempat
Setelah dicampur, diamkan selama hingga 20 menit dipanci. Setelah itu taruh diatas kotak untuk membentuk tahu. Kemudian diamkan lagi agar ampas mengental, semakin lama didiamkan maka semakin kental atau keras tahu tersebut. Anda bisa memilih apakah lebih suka lembut atau keras.

5. Langkah kelima
Setelah selesai semua tahapan, Anda bisa menaruhnya diatas pirih dengan air. Dan silahkan potong-potong sesuai selera. Merendam tahu yang sudah jadi dalam air juga akan mebuat tahu lebih awet.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membuat Tahu Ternyata Gampang Banget! Bikin Yuk?"

Posting Komentar