NU: Jokowi Harus Mengatasi Masalah Al-Aqsa di APEC Summit



Pertemuan APEC mendatang di Beijing adalah kesempatan yang baik bagi Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk menyuarakan sikap Indonesias terkait kasus pelanggaran Al-Aqsa, kata Ketua Nahdlatul Ulama (NU), Slamet Effendy Yusuf, seperti dikutip Antara.

"Pada pertemuan tersebut, Presiden Jokowi akan bertemu sejumlah pemimpin dari negara-negara besar. Ini kesempatan yang baik untuk mengekspresikan sikap Indonesias mengenai serangan Israel terhadap Masjid Al-Aqsa di Yerusalem," Yusuf menyatakan di Jakarta, Jumat.

Jokowi, sebagai presiden dari negara dengan mayoritas Muslim terbesar, tidak bisa tinggal diam dan mengabaikan masalah ini, ia menambahkan.

Dia juga mengingatkan janji Jokowi untuk membantu membebaskan Palestina dari pendudukan rezim Zionis Israel.

Israel baru-baru ini memerintahkan penutupan total Masjid Al-Aqsa, yang merupakan tempat suci ketiga umat Islam, masjid kedua yang dibangun umat Islam, dan kiblat pertama.

Di antara pembatasan yang diberlakukan oleh rezim Zionis Israel terhadap Muslim Palestina untuk mendatangi Al-Aqsa selama ini meliputi pembatasan masuknya semua pria yang berusia 50 tahun dan kebawah.

Sementara itu perempuan dan anak sewenang-wenang dilarang masuk ke Al-Aqsa, yang secara signifikan melanggar kebebasan beragama warga Palestina.


Kelompok pemukim ilegal (zionis Israel) yang datang ke Al-Aqsa secara terbuka menyatakan niat mereka untuk menduduki masjid, menghancurkan struktur, dan membangun sebuah kuil Yahudi di tempat tersebut.

Kementerian Luar Negeri Indonesia baru-baru ini mengeluarkan pernyataan mengutuk Israel atas penutupan Masjid Al-Aqsa.

"Indonesia mengutuk keras Israels karena membatasi akses ke Masjid Al-Aqsa di Yerusalem. Kami menuntut agar Israel segera membuka kembali masjid," kata Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Pemerintah menyebut Israel telah melakukan pelanggaran terhadap hak asasi manusia, khususnya kebebasan beragama dari semua Muslim di Yerusalem, Palestina. (ANTARA)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "NU: Jokowi Harus Mengatasi Masalah Al-Aqsa di APEC Summit"

Posting Komentar