Penelitian: Kerja Sif Menurunkan Tingkat Intelektual dan Membuat OtakMenua



Kerja sif memang membuat kita tidak mempunyai jadwal kerja yang tetap, bisa siang, sore bahkan malam. Mangakibatkan kita harus berfikir lebih keras dalam mendapatkan waktu diluar kerja. Misalnya untuk jadwal urusan pribadi seperti berlibur dengan keluarga mengharuskan kita mencari celah apakah waktu tersebut kosong untuk kita atau tidak.

Setelah ada penelitian yang mengklaim bahwa kerja sif bisa menimbulkan obesitas, bahkan kanker payudara, sebuah studi terbaru yang dimuat dalam Occupational and Environmental Medicine kembali mengungkapkan dampak buruk dari kerja sif, dinyatakan dalam jurnal tersebut bahwa kerja sif selama 10 tahun dapat mengakibatkan otak kita lebih tua 6,5 tahun. Bukan itu saja, kerja sif juga disebutkan dapat menurunkan tingkat intelektual seseorang. Seperti kami kutip dari laman BBC.

Menurut tim ahli dari University of Swansea dan University of Toulouse, penelitian yang melibatkan 300.000 responden tersebut menerapkan cara dengan jalan mengadakan tes memori, kecepatan berpikir, serta kemampuan kognitif lainnya kepada para responden. Didapatkan bahwa memang secara alami otak akan mengalami penuaan sejalan dengan umur seseorang, tapi dengan seseorang tersebut mempunyai kerja sif yang bersifat antisosial, maka proses otak menjadi tua akan lebih cepat lagi.

Orang yang mempunyai kerja sif lebih dari 10 tahun mengakibatkan otak menua 6,5 tahun. Meskipun bersifat tidak permanen. Otak akan kembali pulih normal dengan menghentikan kerja sift, tapi, otak baru bisa kembali normal setelah lima tahun dimulai dari dia berhenti kerja sift.

Sebaik-baiknya orang bekerja adalah saat pagi hari, dimana otak seseorang masih fresh dan segar. Produktifitas pekerjaan juga lebih besar orang yang bekerja di pagi hari daripada sore atau malam. Jika memungkinkan, beralihlah ke pekerjaan yang benar-benar terjadwal secara permanen, bukan kerja sif.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penelitian: Kerja Sif Menurunkan Tingkat Intelektual dan Membuat OtakMenua"

Posting Komentar