Sejarah Permen Karet yang Mungkin Belum Anda Tahu



Permen karet sangat populer diseluruh dunia, bukan hanya anak-anak saja yang hobi mengunyah jenis permen ini. Tapi juga para orang dewasa tidak mau ketinggalan. Permen karet memang banyak dikaitkan dengan olahraga mulut, mulut dan muka menjadi sehat dan gigi bersih. Bagi yang belum mengetahui sejarah dari permen karet ini, berikut ini kami tampilkan sejarah perman karet yang kami ambil dari laman Worldbook.

Beberapa orang jaman dulu sudah mempunyai kebiasaan mengunyah. Orang Yunani kuno mempunyai kebiasaan mengunyah mastiche, yakni permen yang terbuat dari resin kulit pohon damar wangi. Dan lebih dari 1.000 tahun yang lalu, Suku Indian Maya Meksiko mengunyah chicle, zat bergetah yang terbuat dari lateks pohon sawo. Kemudian, Suku Indian di New England diajarkan oleh koloni Amerika untuk mengunyah getah yang mengeras dari pohon cemara. Kemudian sekitar tahun 1850, lilin parafin manis lebih populer daripada karet cemara.

Jenis permen karet yang dikenal saat ini berawal pada akhir 1860-an. Pada saat itu, beberapa kunyahan dibawa ke Amerika Serikat dari Meksiko untuk dijual sebagai jenis karet. Seorang penemu dari New York City bernama Thomas Adams, Sr, mencoba untuk membuat kunyahan menjadi karet tetapi ternyata tidak mengeras. Ketika Adams merebusnya, akhirnya ia menemukan kunyahan tersebut mengeras sangat baik. Jenis permen karet ini kemudian langsung mengalahkan kunyahan dari bahan lain, yakni kunyahan dari pohon cemara wangi dan lilin parafin. Permen karet pertama kali diproduksi pada tahun 1906, tapi belum sempurna hingga dipasarkan pada tahun 1928.

Pada pertengahan 1960-an, perusahaan permen karet mulai memproduksi perman karet Sugarfree (bebas gula). Banyak dokter gigi saat itu merekomendasikan permen karet Sugarfree karena mereka percaya gula dapat menyebabkan kerusakan gigi. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa gula dalam permen karet biasa terpisah dari bahan-bahan lain, dan malah efek cuci air liur yang dihasilkan selama mengunyah mengurangi kerusakan gigi. Permen karet tidak berbahaya jika tanpa sengaja tertelan.

Dan sekarang ratusan perusahaan di seluruh dunia memproduksi permen karet. Produsen pertama dari permen karet ditempati oleh Amerika Serikat. Negara penghasil karet lainnya termasuk Kanada, Perancis, Italia, Jepang, dan Inggris.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sejarah Permen Karet yang Mungkin Belum Anda Tahu"

Posting Komentar