Selain Produk Rambut, Penyakit Berikut Ini Juga Sebabkan Kerontokan



Produk rambut dan alat-alat kecantikan rambut memang bisa menjadi penyebab rambut rontok, selain itu ada beberapa penyakit yang dapat memicu kerontokan juga. Penyakit apa sajakah itu?


Seperti yang ada dalam laman MeetDoctor, berikut ini penyakit yang dapat menyebabkan kerontokan rambut

1. Hipotiroidisme
Kondisi ini terjadi karena tubuh kekurangan hormon tiroid, hormon yang mengatur metabolisme tubuh untuk menyuplai oksigen menuju kuku, kulit dan rambut. Kurangnya suplai oksigen ke rambut dapat menyebabkan rambut rontok

2. Androgenetic alopecia
Penyakit ini akan membuat orang nampak tua dan mengakibatkan menipisnya rambut. Biasanya penderita alopecia akan mengalami kebotakan tapi tidak total.

3. Polycytic ovary syndrome (PCOS)
PCOS juga merupakan penyakit yang memicu kerontokan rambut, PCOS juga mengakibatkan pertumbuhan rambut pada wajah menstruasi yang tidak teratur, jerawat, dan kista pada ovarium.

4. Alopecia Areata
Ini adalah kondisi peradangan kronis hingga memengaruhi folikel rambut. Beberapa gejala yang muncul akibat alopecia areata adalah kemunculan tiba-tiba pola melingkar halus dan bintik pitak pada kulit kepala, jenggot, bulu mata, dan bagian tubuh lainnya. Kondisi tersebut disebabkan sel-T, antibodi yang ditemukan pada struktur folikel rambut yang diperantarai oleh mekanisme autoimun yang cenderung terjadi secara genetik.

5. Anemia
Kekurangan zat besi juga dapat memicu kerontokan rambut karena sel darah merah sangat kurang sehingga menimbulkan kelelahan yang ekstrim.
(kredit: vemale.com)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Selain Produk Rambut, Penyakit Berikut Ini Juga Sebabkan Kerontokan"

Posting Komentar