Serba-serbi Bintang K-Pop dalam Berkomunikasi Menggunakan JejaringSosial



Di era teknologi yang semakin berkembang ini, Jaringan Sosial sangatlah penting, tidak terkecuali untuk para idol K-pop. Sebagian besar para selebritis K-Pop memiliki akun sosial media mereka sendiri dan menggunakannya untuk mempromosikan dan berkomunikasi dengan para fans.

Malah Kadang-kadang layanan dari jejaring sosial lebih berpengaruh daripada media berita lain. Di antara berbagai situs jeraring sosial, Twitter yang paling banyak dijadikan akun rekening resmi para idol. Twitter dapat memberikan berita terbaru tercepat dan efektif daripada media berita.

Contohnya saja ketika Zico "Block B" yang baru-baru ini menyampaikan kabar kepada para penggemarnya dengan menggunakan akun Twitter pribadinya. Ia mengumumkan tanggal rilis album lewat Twitter. Namun Zico menuliskan tanggal yang salah. Bukan hanya kali ini saja, penyanyi ini juga pernah meminta para penggemar untuk memilih kelompoknya pada program musik ketika ia berpikir bahwa kelompok Block B akan menjadi salah satu kandidat, dan ternyata lagi-lagi dia melakukan kesalahan. Meskipun Zico kerap memberikan informasi yang salah, jelas bahwa ia menjadi lebih dekat dengan para penggemarnya melalui Twitter. Jadi Twitter benar-benar dapat mempererat antara idola dan penggemar.


Ada juga yang menggunkan satu akun twitter untuk digunakan bersama-sama dalam satu kelompok, contohnya saja Apink dan BTS, mereka hanya menggunakan satu account untuk digunakan bareng-bareng. Mereka akan mengidentifikasi sebagai dirinya menggunakan suatu kode. Seperti ketika Bomi ingin update, maka dia mengawalinya dengan tulisan [Bomi], begitu juga dengan Eunji, dia akan menulis [Eunji] lebih dulu, dll.

Namun, kadang-kadang sosial media juga bisa menjadi bumerang. Beberapa idola pernah membuat kesalahan dengan menulis sesuatu yang tidak pantas atau tidak sopan pada halaman sosial media mereka. Oleh karena itu, banyak agensi yang mengharuskan anggotanya untuk memeriksa kembali dengan teliti sebelum mereka memposting..

Ketika para idola sangat berhati-hati dalam memposting, ini menjadi masalah lagi bagi penggemar, akun resmi tersebut seperti robot, sangat kaku, tidak ramah dan pelit dalam membalas komentar penggemar. Coba saja Anda perhatikan akun resmi suatu kelompok, pasti mereka hanya melakukan update, tanpa ada timbal balik seperti membalas komentar.

Namun, tetap saja ada perkecualiannya. Ada juga akun Twitter resmi dari suatu kelompok musik yang ramah, dan tidak kaku seperti robot. Seperti boyband VIXX yang mempunyai akun Twitter resmi namun ramah.

Dari sosial media, para penggemar juga jadi tahu karakter berbeda dari setiap idola. Seperti halnya Super Junior yang kerap memperkenalkan anggota keluarga mereka kepada penggemar melalui jejaring sosial, mencoba mempererat hubungan mereka dengan para penggemar. Sementara itu, para anggota GOT7 sering meng-upload foto-foto mereka dan bahkan tidak segan-segan menjadikan foto yang diunggah penggemar sebagai "favorit" mereka.

Girlband Nine Muses juga menunjukkan pesonanya melalui jejaring sosial. Anggota Kyungri kadang berkomunikasi dengan fans-nya dengan mengklik "favorit" pada posting fan yang terdapat di akunnya. Dia juga sering menulis sebuah postingan di fanspage resmi para penggemar.

Anggota lain, Moon Hyun-a memposting klip video dirinya di akun Instagram-nya, secara terbuka menarik para penggemarnya untuk berkomunikasi dengan dirinya melaui jejaring sosial.

Kelompok BEAST juga suka berkomunikasi dengan banyak penggemarnya. Misalnya setelah acar temu fans atau setelah jumpa pers, BEAST selalu menyempatkan menulis pesan di akun mereka, seperti "Selamat tinggal, Semoga Anda sampai di rumah dengan selamat."

Yura juga kerap berkomunikasi dengan penggemar K-Pop, anggota kelompok Girls Day ini beberapa waktu lalu berbagi kebahagian dengan para fans saat dia ulang tahun melalui jejaring sosial, berbicara tentang bagaimana dia bersyukur, yang kemudian disambut dengan ucapan selamat oleh para fans.

Singkatnya, keefektivitasan jejaring sosial untuk para idola tidak bisa pungkiri. Namun, tampaknya penting untuk berpikir dua kali dan memeriksa kembali sebelum menulis apapun secara online. Situs jejaring sosial memang mempunyai pengaruh yang sangat kuat tetapi juga dapat mengacaukan citra sang idola itu sendiri.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Serba-serbi Bintang K-Pop dalam Berkomunikasi Menggunakan JejaringSosial"

Posting Komentar