Telur Goreng vs Telur Mentah, Mana Lebih Sehat?



Telur tinggi diet kolesterol dan memiliki sekitar 186 miligram per telur ukuran besar. Anda bisa makan telur dan tetap mempunyai diet sehat dengan makan telur secukupnya. Makan satu telur per hari tidak menyebabkan peningkatan kolesterol tetapi 'hanya' meningkatkan kadar lutein dan zeaxantin, zat yang mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia, seperti yang ada pada jurnal terbitan Oktober 2006 "The Journal of Nutrition." Pro dan kontra antara makan telur goreng dan makan telur mentah saat ini masih saja diperdebatkan.

Kandungan Lemak dan Kalori
Telur mentah lebih rendah kalori dan lemak daripada telur goreng, tetapi kandungan gizi keduanya hampir sama. Menurut U.S. Department of Agriculture, jumlah minyak yang Anda gunakan akan mempengaruhi kalori dalam telur goreng, dengan 90 kalori dan 6,8 gram lemak.. Sedangkan sebutir telur mentah mengandung 72 kalori dan 4,8 gram lemak.

Pertimbangan Kesehatan
Telur mentah lebih berisiko ketika dikonsumsi daripada telur goreng. Telur dapat terkontaminasi dengan bakteri salmonella, jadi makan telur mentah-mentah bisa menyebabkan keracunan makanan. Masaklah telur hingga kuning dan putih telur manjadi padat untuk membunuh bakteri, ini membuat telur lebih aman untuk dikonsumsi.

Ini bukan berarti Anda harus menggoreng telur, banyak pilihan untuk membuat sebuah telur manjadi matang, misalnya dengan merebus atau membuat orak-arik telur dengan panci anti lengket sehingga Anda tidak perlu menambahkan minyak lagi. (livestrong.com)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Telur Goreng vs Telur Mentah, Mana Lebih Sehat?"

Posting Komentar