Ternyata Minum Air Dingin Dapat Menurunkan Berat Badan!



Pernahkah Anda mendengar jika minum air dingin dapat menurunkan berat badan? Air dingin dapat membantu Anda menurunkan berat badan, hal ini mungkin terdengar seperti lelucon, tapi ini memang benar! Air dingin dapat membantu Anda menurunkan berat badan!

Ini karena air dingin akan merangsang metabolisme dalam tubuh sehingga efekti dalam penurunan berat badan. Banyak orang yang telah membuktikan dengan mengikuti metode ini. Namun, tidak sedikit pula yang mengatakan kalau air dingin tidak mempunyai efek apa-apa selain hanya merasakan dingin saja. Jadi, yang benar mana? Berikut penjelasan yang kami kutip dari laman stylecraze.com

Bagaimana Hal ini bisa terjadi?
Ketika tubuh kita terkena suhu dingin, baik di dalam maupun di luar, tubuh secara reflesk akan membakar kalori yang tersimpan dalam tubuh untuk menjaga diri agar tetap hangat. Jadi, ketika Anda mengkonsumsi segelas air dingin, tubuh Anda akan membakar kalori untuk menghasilkan panas, yang pada akhirnya membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Simpel bukan?

Sistem metabolisme kita akan mempertahankan suhu tubuh dengan membakar kalori yang tersimpan. Jadi, ketika Anda minum air dingin, terjadi penurunan suhu tubuh yang mendadak. Dalam rangka untuk menyeimbangkan suhu panas, tubuh Anda mulai membakar kalori yang tersimpan.

Dengan mengkonsumsi sebanyak 16 gelas air dingin per hari akan kehilangan sekitar 18 kalori setiap hari, dan ini tanpa melakukan latihan apapun!

Tapi ada beberapa yang harus diperhatikan dalam metode ini seperti:
- Penderita penyakit kardio-vaskular sebaiknya tidak melakukan metode ini karena dapat mengakibatkan komplikasi yang parah.
- Tidak dianjurkan juga bagi orang yang terlalu kelebihan berat badan (overweight).


Apakah Menurunkan Berat Badan dengan Minum Air Dingin Benar-benar Terbukti?

Ide menurunkan berat badan dengan minum air dingin terdengar sangat sempurna, dan nampaknya akan menjadi cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Namun, banyak peneliti mempertanyakan keefektifan dari metode ini. Menurut mereka, kalori yang dibakar untuk menstabilkan suhu tubuh setelah minum air dingin sangat sedikit dan mungkin tidak menunjukkan dampak yang berarti pada berat badan.

Sebaliknya, para peneliti percaya bahwa bukan dengan minum air dingin, melainkan dengan mengkonsumsi air hangat yang terbukti dapat menyehatkan pencernaan serta membersihkan tubuh dari semua racun. Mereka menyatakan bahwa minum air hangat memiliki manfaat lebih bagi tubuh dan dapat lebih bermanfaat bagi penurunan berat badan daripada air dingin.

Menurut para ahli, minum air dingin hanya dapat membantu dalam menjaga suhu tubuh ketika cuaca panas, ini untuk menghindari stroke karena panas. Namun, bagi orang yang berolahraga, tidak ada bedanya antara minum air hangat atau dingin. Yang lebih penting bagi mereka adalah minum air yang banyak untuk menyiram sistem metabolisme agar tubuh tetap sehat.

Jadi, semua berpulang pada Anda. Silahkan tentukan sendiri. Tapi tidak ada salahnya melakukan metode minum air dingin dalam penurunan berat badan. Tentunya jangan mengharapkan keajaiban semalam, metode ini juga tidak instan.

Hal yang pasti dalam penurunan berat badan adalah dengan mengubah kebiasaan makan Anda dan rutin berolah raga. Ini pasti akan membantu Anda menurunkan berat badan!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ternyata Minum Air Dingin Dapat Menurunkan Berat Badan!"

Posting Komentar