Tidak Akan Ada Lagi Penerimaan CPNS dari 2015 sampai 2020



Kebijakan mengejutkan dilakukan pemerintah Joko Widodo - Jusuf Kalla dengan melakukan moratorium CPNS sampai lima tahun kedepan, untuk seluruh instansi baik pusat maupun daerah. Pada pemerintahan sebelumnya ketika SBY menjabat presiden, moratorium CPNS juga pernah diberlakukan tapi hanya selama dua tahun.

Kepastian pemerintahan Jokowi untuk tidak akan melakukan perekrutan lagi selama lima tahun kedepan disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Selasa (28/10).

Menurut Yuddy, hal ini untuk memberikan kesempatan pemerintah dan instansi daerah untuk mengaudit seberapa efektif pegawai yang sekarang. Sehingga nanti akan diketahui seberapa ideal angka PNS di Indonesia.

Sementara itu untuk penerimaan calon pegawai negeri sipil 2014 yang sedang berlangsung sekarang akan tetap dilaksanakan sampai selesai. Setelah itu moratorium akan langsung diberlakukan.

Menanggapi hal ini sejumlah pelamar yang langganan mengikuti CPNS mengaku kecewa, mereka mengaku kecewa karena harus menunggu lima tahun lagi untuk mencoba menjadi pegawai CPNS.

"Masa iya saya harus nunggu lima tahun lagi. Sementara ada batas usia kan dalam penerimaan CPNS?" keluh seorang perseta CPNS seperti dikutip MetroTV. "CPNS tahun ini saja susah. Kalau nggak lolos, terpaksa harus nunggu lima tahun lagi," tambah perserta tersebut.


Bagaimana jika suatu daerah kekurangan CPNS?
Jika terjadi kasus dimana suatu daerah kekurangan CPNS, maka akan diambil dari daerah lain. Jadi siap-siap saja PNS yang sekarang bisa saja mendapat mutasi ke daerah tetangga.

Moratorium Perijinan Kehutanan dan Pertambangan
Bukan hanya tidak akan lagi merekrut CPNS hingga lima tahun kedepan, pemerintah juga akan melakukan moratorium perijinan untuk kehutanan dan pertambangan. Sehingga untuk lima tahun kedepan tidak akan diterbitkan perijinan baru untuk pertambangan dan kehutanan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tidak Akan Ada Lagi Penerimaan CPNS dari 2015 sampai 2020"

Posting Komentar