10 Efek Samping Buah Sirsak yang Tak Terduga



Mungkin Anda pernah mendengar bahwa buah sirsak mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Hingga banyak minuman yang menawarkan rasa sirsak sebagai daya tarik.

Tapi ternyata buah sirsak mempunyai beberapa efek samping yang tak terduga, dan efek samping yang ditimbulkan bisa berakibat fatal.

Beberapa manfaat buah sirsak antara lain untuk mengobati infeksi bakteri, infeksi parasit, batuk, radang hidung dan tenggorokan, herpes, induksi muntah dan bahkan menyembuhkan kanker. Efektivitas buah sirsak pada penyakit-penyakit tersebut masih kekurangan bukti ilmiah. Tapi yang pasti bahwa buah sirsak mempunyai banyak efek samping!



Berikut ini efek samping dari buah sirsak yang kami ambil dari laman StyleCraze.com

1. Dapat Menyebabkan Penyakit Parkinson:
Para pendukung sirsak mengatakan bahwa acetogenins annonaceous yang ada di dalamnya dapat membantu memerangi sel-sel kanker karena mereka mungkin "berpotensi" memiliki efek kemoterapi. Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Memorial Sloan-Kettering Cancer Center memperingatkan menentang menggunakannya. Studi ini menyatakan "alkaloid yang diekstrak dari buah sirsak dapat menyebabkan disfungsi neuronal dan degenerasi menyebabkan gejala penyakit Parkinson."

2. Bisa Mengakibatkan Tekanan Darah Rendah:
Sirsak juga menyebabkan pelebaran pembuluh darah dan tekanan darah rendah. Meskipun hal ini bermanfaat bagi para penderita tekanan darah tinggi, namun bagi mereka yang tidak mempunyai hipertensi harus berhati-hati saat mengkonsumsi buah ini.

3. Bisa Mengakibatkan Keracunan:
Kulit sirsak mengandung anonaine dan anoniine, yang tinggi asam hidrosianik. Ini adalah zat berwarna, yang dianggap beracun.

4. Menyebabkan Mual:
Konsumsi dalam jumlah besar buah Sirsak bisa menyebabkan sedasi, mual dan muntah

5. Bahaya keracunan:
Konsumsi daun sirsak sebagai teh herbal juga bisa menyebabkan keracunan.

6. Bisa berinteraksi dengan obat lain.
Hindari sirsak jika Anda sedang mengkonsumsi obat anti-hipertensi, vasodilator, obat depresan jantung, anti-depresan atau MAO inhibitor. Pengaruh buah sirsak dapat menambah atau mengurangi efek obat ini.

7. Membunuh Bakteri yang Berguna:
Penggunaan jangka panjang dari sirsak dapat membunuh bakteri yang berguna di dalam saluran pencernaan.

8. Dapat Menyebabkan Keguguran:
Konsumsi sirsak harus dihindari pada wanita hamil karena dapat menyebabkan kontraksi rahim prematur.

9. Menyebabkan Sembelit:
Ramuan sirsak dapat digunakan untuk mengobati disentri. Namun jika tertelan oleh mereka yang tidak mengalami disentri, dapat menyebabkan sembelit dan dehidrasi.

10. Bisa bertindak sebagai halusinogen:
Mereka yang mengkonsumsi sejumlah besar buah sirsak tidak hanya mengalami perubahan saraf, tetapi juga menderita halusinasi.

Intinya adalah bahwa buah sirsak mungkin memang bermanfaat bagi berbagai penyakit. Tapi itu masih harus disetujui oleh pusat penelitian ilmiah. Mungkin butuh percobaan waktu bertahun-tahun sebelum menggunakannya sebagai obat utama untuk penyakit apapun. Pastikan untuk memahami risiko sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan buah ini sebagai obat alami untuk penyakit apapun. Lebih baik berhati-hati daripada menyesal bukan?

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "10 Efek Samping Buah Sirsak yang Tak Terduga"

Posting Komentar