10 Manfaat Brussel Sprouts (Kubis Brussel) untuk Kesehatan



Tanaman brussel sprouts banyak sekali varian namanya, ada yang mengatakan kubis brussel, kol brussel, baby kol dan lain sebagainya. Dari namanya kita bisa ketahui dari mana asal si kol mungil ini, yakni dari Brussel, Belgia.

Kubis brussel berukuran kecil, tanaman ini sangat kaya akan protein, serat, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Tanaman ini masih masuk dalam sayuran keluarga Brassica yang sama seperti kubis, collard hijau, brokoli, dan kale. Untuk nama ilmiah dari Brussel Sprouts adalah Brassica oleracea (Gemmifera Group)

Berikut ini manfaat kesehatan dari kubis brussel, yang kami ambil dari laman nutrition-and-you.com

1. Kubis brussel merupakan sayuran dengan glisemik rendah yang harus dipertimbangkan dalam program penurunan berat badan. 100 g kubis brussel menyediakan hanya 45 kalori, namun, mereka mengandung 3,38 g protein, 3,80 g serat makanan (10% dari RDA) dan nol kolesterol.

2. Kubis brussel adalah gudang beberapa flavonoid anti-oksidan seperti tiosianat, indoles, lutein, zea-xanthin, sulforaphane dan isothiocyanate. Bersama-sama, phytochemical ini menawarkan perlindungan dari prostat, usus, dan kanker endometrium.

3. Selain itu, kubis brussel mengandung glukosida, sinigrin. Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa sinigrin membantu melindungi dari kanker usus besar dengan menghancurkan sel-sel pra-kanker.



4. Kol brussel merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C; dalam 100 g kol ini menyediakan sekitar 85 mg atau 142% dari RDA. Bersama dengan vitamin antioksidan lainnya seperti vitamin A dan E, membantu melindungi tubuh dengan menjebak radikal bebas berbahaya.

5. Zea-xanthin, sebuah karotenoid makanan penting dalam kubis, secara selektif diserap ke dalam retina makula-lutea di mata dimana ini akan menyediakan anti-oksidan dan fungsi pelindung dari sinar UV. Dengan demikian, hal ini membantu mencegah kerusakan retina, berkaitan dengan penyakit degenerasi makula (ARMD), pada orang tua.

6. Kubis Brussel merupakan sumber anti-oksidan lainnya, vitamin-A, menyediakan sekitar 754 IU per 100g. Vitamin-A diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit, dan sangat penting untuk kesehatan mata. Makanan yang kaya vitamin ini menawarkan perlindungan terhadap paru-paru dan kanker rongga mulut.

7. Ini adalah salah satu sumber nabati yang sangat baik untuk vitamin-K; dalam 100 g terdapat sekitar 177 mg atau sekitar 147% dari RDA. Vitamin K sangat baik untuk kesehatan tulang.

8. Kol brussel mengandung banyak kelompok vitamin B-kompleks seperti niacin, vitamin B-6 (pyridoxine), thiamin, asam pantotenat, dll, yang penting untuk metabolisme tubuh.

9. Kol brussel juga sumber yang kaya mineral seperti tembaga, kalsium, potasium, zat besi, mangan, dan fosfor. 100 g brussel segar menyediakan 25 mg (1,5% dari RDA) natrium dan 389 mg (8% dari RDA) kalium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah dengan melawan efek sodium. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai faktor pendukung untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase. Zat besi diperlukan untuk oksidasi dan pembentukan sel darah merah.

10. Lobak brussels adalah sayuran yang sangat bergizi yang menawarkan perlindungan dari kekurangan vitamin A, tulang keropos, anemia, dan diyakini melindungi dari penyakit jantung dan usus besar dan kanker prostat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Manfaat Brussel Sprouts (Kubis Brussel) untuk Kesehatan"

Posting Komentar