10 Manfaat Kesehatan dari Biji Radish yang Menakjubkan



Radish si lobak mungil dengan warna merah (ada juga warna lainnya) memang tanamanya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Sayangnya di Indonesia jarang sekali tanaman ini. Padahal tanaman ini bisa dijadikan obat, bahkan bijinya sekalipun.

Berikut ini manfaat biji radish untuk kesehatan, kami ambil dari laman Stylecraze.com:

1. Detoksifikasi Tubuh
Biji radish mengandung banyak senyawa yang bersifat detoksifikasi. Biji radish mengandung molekul unik yang disebut indol-3-carbinol (I3C). I3C membantu detoksifikasi tubuh dan menghalau radikal bebas dari tubuh (sumber:chatelaine.com)

2. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung
Biji radish kaya akan anthocyanin, yang merupakan salah satu jenis flavonoid. Anthocyanin membantu menurunkan tekanan darah dan dengan demikian mengurangi risiko penyakit jantung, arteriosklerosis, dan penyakit kardiovaskular lainnya. Anthocyanin bersifat anti-karsinogenik dan anti-inflamasi juga. Dalam beberapa kasus, pasta cuka dan biji radsih membantu menyembuhkan leucoderma.

3. Mengobati Penyakit kuning
Biji radish, seperti daun radish, membantu mengobati penyakit kuning, di mana tubuh menderita hiperbilirubinemia (kulitnya menguning). Biji radish membantu menghilangkan kelebihan bilirubin dan mengontrol produksinya. Biji radish juga membantu dalam mengurangi kerusakan sel darah merah dengan meningkatkan suplai oksigen segar ke darah (sumber:improvisedhomeremedies.com).



4. Anti-Karsinogenik
Biji radish kaya pendetoks dan antioksidan. Juga mengandung vitamin C, asam folat, dan antosianin. Biji radish digunakan untuk mengobati berbagai jenis kanker seperti usus, lambung, ginjal dan kanker mulut. Ini karena adanya Isocyanates dalam biji dan akar yang membantu mengubah jalur genetik sel berbahaya dan menginduksi apoptosis sel.

5. Mengurangi Tekanan Darah
Biji radish kaya akan kalium, membantu menyembuhkan banyak penyakit yang disebabkan oleh kekurangan kalium. Kalium membantu menurunkan tekanan darah. Ini dilakukan dengan cara melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Karena sifat ini biji radish sangat baik bagi penderita penyumbatan arteri.

6. Pencahar Dan diuretik
Biji radish membantu melarutkan batu dan membersihkan kandung kemih. Juga membantu mengencangkan perut longgar dan membantu meringankan sembelit dan perut kembung. Kemampuan dalam mengencangkan perut longgar membantu menyembuhkan pasien yang menderita diare (sumber:womenplanet.in).

7. Tinggi Serat
Biji radish mengandung banyak serat yang dikenal membantu proses pencernaan. Biji radish akan menjaga kondisi dari ketidaknyamanan yang diakibatkan sembelit dan perut kembung (sumber:nutrition-and-you.com).

8. Masalah Kulit
Biji radish mengandung vitamin C dan B kompleks. Juga kaya akan mineral seperti zinc dan fosfor. Semua nutrisi yang ada dalam biji radish membantu memberikan banyak manfaat bagi kulit. Biji radish juga membantu menyembuhkan penyakit kulit dan memberikan bantuan dari kondisi seperti kulit kering, retak, dan ruam. Membantu juga dalam membuat kulit Anda menjadi lembab dan sehat.

9. Masalah Ambeien
Biji radish memiliki sifat detoksifikasi yang dapat membantu meringankan kondisi menyakitkan seperti ambeien. Karena mengandung sifat antibakteri, daun radish membantu menurunkan pembengkakan dan peradangan (medindia.net).

10. Kesehatan Tulang
Biji radish dapat meningkatkan pembentukan dan penguatan tulang. Bijinya mengandung kalsium dengan jumlah tinggi. Kalsium sangat penting untuk pembentukan tulang dan biji radish menyediakan pasokan rutin untuk mineral ini.

Kami berharap bahwa membaca posting ini akan membuka mata Anda untuk manfaat kesehatan yang luar biasa dari biji lobak. Jadi, apa yang Anda tunggu? Pergi keluar dan mendapatkan beberapa biji lobak hari ini!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Manfaat Kesehatan dari Biji Radish yang Menakjubkan"

Posting Komentar