10 Pengobatan Alami untuk Gigitan Nyamuk



Nyamuk bertahan hidup dengan mencari makan pada darah manusia dan hewan. Mereka menggunakan bagian mulutnya yang tipis, tajam dan memanjang untuk menusuk kulit dan menyedot darah. Karena tusukan ini sangat kecil, kita sering tidak merasa gigitan ketika ini terjadi. Tapi setelah gigitan, efeknya sangat mengganggu dan berpotensi membahayakan.

Beberapa gejala gigitan nyamuk yang gatal, bengkak, ruam kulit, memar dan kadang-kadang infeksi kulit. Gigitan nyamuk juga dapat menyebabkan penyakit fatal seperti malaria dan demam berdarah di beberapa bagian dunia.

Idealnya, untuk menghindari dari gigitan adalah dengan memakai baju lengan panjang dan celana panjang atau tindakan perlindungan lainnya. Tetapi jika Anda terlanjut digigit, ada banyak metode alami yang dapat memberikan bantuan gejala dan membantu mengobati daerah yang terkena.



Berikut ini pengobatan alami untuk gigitan nyamuk.

1. Lemon
Lemon mengandung sifat anti-inflamasi dan anestesi alami yang membuatnya sangat berguna dalam mengobati gigitan nyamuk.

Cukup memotong lemon menjadi dua bagian dan menggosok pada kulit yang tergigit. Anda juga dapat menerapkan jus lemon ke tempat gigitan untuk membantu mengurangi kemungkinan terkena infeksi.
Pilihan lain adalah dengan menambahkan daun kemangi hancur dengan jus lemon dan oleskan campuran ini ke daerah yang terkena.

2. Bawang merah atau bawang putih giling
Bawang merah dan bawang putih membantu mengurangi pembengkakan dan menenangkan gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Selain itu, bau yang kuat mengusir serangga dan nyamuk.

Terapkan bawang merah atau bawang putih cincang langsung ke daerah yang terkena.
Biarkan selama beberapa menit, kemudian cuci.

3. Baking Soda
Baking soda dapat efektif menghentikan gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Sebagai alkali alami dan menetralkan pH kulit.

Larutkan satu sendok teh baking soda dalam segelas air. Celupkan kain bersih ke dalam campuran dan menempatkan kain di atas daerah kulit yang terkena selama 10 sampai 20 menit.

4. Lidah buaya
Lidah buaya adalah agen antiseptik alami, yang membuatnya menjadi obat yang cocok untuk gigitan nyamuk. Ini akan mengurangi rasa sakit, bengkak dan gatal, serta memberi bantuan dalam penyembuhan lebih cepat.

Potong bagian daging dari daun lidah buaya untuk mengekstrak gelnya. Jika Anda tidak memiliki tanaman lidah buaya, Anda dapat menggunakan gel lidah buaya yang tersedia di toko.
Dinginkan gel lidah buaya di dalam lemari es selama 10 sampai 15 menit.
Gosokkan secara langsung ke tempat yang terkena.

5. Garam
Garam adalah pengobatan lain untuk gigitan nyamuk karena sifat antiseptik dan anti-inflamasinya.

Buat pasta menggunakan beberapa tetes air dan sejumlah kecil garam meja. Oleskan pasta tersebut ke daerah yang terkena.

6. Es
Es juga dapat dijadikan untuk mengobati gigitan nyamuk.

Tahan kompres es atau es yang dibungkus kain lap pada daerah yang terkena selama sekitar 10 sampai 15 menit. Ini akan memberi Anda bantuan cepat dari pembengkakan serta gatal-gatal.

Jika es tidak tersedia, tahan daerah yang terkena dalam air mengalir dingin selama beberapa menit. Anda juga dapat menempatkan sebotol air dingin atau kantong sayuran beku pada gigitan.

7. Menggosok dengan Alkohol
Alkohol adalah antiseptik yang dapat digunakan untuk meredakan iritasi yang disebabkan oleh gigitan nyamuk dan mengurangi kemungkinan terkena infeksi.

Temptakan sedikit alkohol pada bola kapas dan gosokkan ke daerah kulit yang terkena. Awalnya mungkin sedikit menyengat, namun Anda akan segera merasa lega dari gatal dan bengkak. Jika Anda tidak memiliki alkohol, Anda dapat menggunakan obat kumur yang mengandung jumlah tinggi alkohol atau vodka.

8. Minyak pohon teh
Minyak pohon teh memiliki sifat antiseptik yang baik yang dapat membantu mengobati luka yang terinfeksi bakteri seperti jerawat dan gigitan nyamuk. Membantu juga dalam mengurangi pembengkakan dan rasa gatal.

Cukup gunakan bola kapas untuk menerapkan beberapa minyak pohon teh ke daerah yang terkena. Jika Anda memiliki kulit sensitif, jangan menggunakan minyak pohon teh karena dapat menyebabkan iritasi kulit. Anda dapat mencoba minyak esensial lainnya seperti lavender atau minyak cedar.

9. Pasta gigi
Pasta gigi dapat membantu meminimalkan rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Cukup oleskan pasta gigi ke daerah yang terkena.

10. Aspirin
Aspirin memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat yang secara efektif dapat mengontrol pembengkakan yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Giling aspirin biasa menjadi bentuk bubuk. Tambahkan beberapa tetes air untuk membuat pasta. Oleskan pasta tersebut ke daerah yang terkena dan biarkan selama beberapa jam. Terakhir cuci dengan air hangat.
Cara lain adalah dengan membasahi kulit yang terkena kemudian gosok aspirin pada daerah gigitan.

Banyak orang yang sudah membuktikan keefektifan pengobatan diatas, namun jika pembengkakan dan iritas tetap membandel, kunjungi dokter Anda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Pengobatan Alami untuk Gigitan Nyamuk"

Posting Komentar