10 Pengobatan Alami untuk Penyakit Kolera



Epidemi Penyakit kolera telam menjadi pembunuh banyak nyawa setiap tahun di negara-negara terbelakang dan berkembang. Koleara adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Vibrio cholerae yang sebagian besar mempengaruhi usus kecil.

Infeksi ini dapat menyebar dari air yang terkontaminasi, buah-buahan mentah dan sayuran, biji-bijian, ikan mentah atau tidak dimasak dan makanan laut, dan kotoran yang terkontaminasi.

Biasanya banyak terjadi di kalangan anak-anak di bawah usia 5, tetapi juga dapat mempengaruhi orang-orang dari usia lain. Dalam seminggu setelah menelan bakteri, gejala akan mulai muncul, dari yang ringan sampai sangat parah.

Diare berair adalah gejala yang paling umum dari kolera, yang dapat menyebabkan kondisi dehidrasi dan serius jika tidak ditangani tepat waktu. Gejala lain seperti kram perut, mulut kering, kulit kering, kram otot, mual, muntah, tekanan darah rendah, kelelahan, kelemahan dan gelisah.

Kolera sangat menular, Anda perlu mengambil tindakan pencegahan yang tepat untuk menghentikan penyebaran infeksi dan berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosa yang tepat dan pengobatan. Juga, Anda dapat menggunakan sejumlah pengobatan alami untuk membantu mengobati gejala dan meningkatkan pemulihan lebih cepat.

Berikut adalah solusi 10 pengobatan alami untuk penyakit kolera.
Artikel dibawah ini bersumber dari: (who.int, who.int, journalofdairyscience.org, aac.asm.org, ncbi.nlm.nih.gov, ncbi)

1. Meningkatkan Asupan Cairan
Langkah pertama dalam mengobati kolera harus rehidrasi. Karena diare, ada kemungkinan dehidrasi yang tinggi ini dapat memperburuk kondisi Anda.

Jadi, minum banyak air untuk menjaga tubuh Anda dari kekurangan cairan. Tapi bukan sembarang air, Anda perlu minum air kemasan atau air murni dengan yodium atau klorin. Agar lebih aman, rebus air sebelum meminumnya.

Seiring dengan air, Anda juga bisa minum air kelapa, buttermilk, teh herbal atau jus jeruk sepanjang hari.

2. Membuat Oralit Sendiri
Pemulihan cairan dan garam yang hilang bisa menggunakan oralit (ORS), ini akan membantu mengurangi intensitas gejala dan membantu pemulihan cepat. Anda dapat menggunakan oralit yang disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang tersedia di toko obat. Tapi Anda juga dapat membuat oralit sendiri di rumah.

- Campur ½ sendok kecil garam dan 6 sendok kecil gula dalam 1 liter atau 4 cangkir air bersih.
- Minum ini sebanyak mungkin sampai Anda sembuh sepenuhnya.

3. Yogurt Probiotik
Yoghurt probiotik juga efektif dalam menyembuhkan kolera. Ini mengandung bakteri sehat yang meningkatkan pencernaan dan membantu melawan bakteri penyebab kolera. Yogurt probiotik juga baik untuk sistem kekebalan tubuh.

- Makan 2 sampai 3 cangkir yogurt probiotik setiap hari sampai Anda merasa mendingan. Anda dapat menambahkan beberapa irisan pisang untuk manfaat tambahan.

- Anda juga dapat membuat smoothie yang lezat dengan yogurt dan minum beberapa kali sehari untuk pemulihan lebih cepat.

4. Jahe
Jahe adalah antibiotik alami yang membantu melawan infeksi dan menyembuhkan kolera. Jahe juga dapat membantu menyingkirkan diare, kram perut, dan sakit perut.

- Parut sepotong kecil jahe dan mencampurnya dengan 1 sendok teh madu. Konsumsi campuran ini untuk meningkatkan proses pencernaan Anda.

- Atau, Anda dapat membuat teh jahe. Tambahkan irisan tipis sepotong kecil jahe untuk 1 cangkir air. Tambahkan juga lada hitam sedikit, daun kemangi dan daun mint. Rebus air selama beberapa menit, saring dan tambahkan madu. Minum beberapa cangkir teh herbal ini setiap hari sampai Anda melihat perbaikan.

Catatan: Hindari jahe jika Anda sedang mengkonsumsi pengencer darah.

5. Lemon
Lemon juga membantu dalam mengobati kolera karena bersifat antibakteri. Hal ini dapat membantu menghancurkan bakteri berbahaya dalam usus dan sistem pencernaan yang menyebabkan kolera. Lemon juga tinggi vitamin C sehingga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mempercepat pemulihan.

- Campur ½ jus lemon dalam segelas air.
- Tambahkan sedikit madu dan garam, aduk rata.
- Meminumnya secara teratur sampai Anda sembuh sepenuhnya.

Catatan: Jangan memberikan madu untuk anak di bawah usia 1 tahun.

6. Zinc Suplemen
Sebuah studi 2008 yang dilakukan di Bangladesh menemukan bahwa suplemen zinc bermanfaat dalam mengurangi durasi dan keparahan kolera pada anak-anak. Seng memiliki lebih dari 200 enzim yang membantu melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

- WHO dan UNICEF merekomendasikan 10 sampai 20 mg seng per hari untuk anak-anak dengan diare karena kolera.
- Konsumsi juga makanan tinggi seng seperti bayam, beras merah, biji wijen, biji labu, kacang dan bawang putih dalam diet Anda.

7. Bawang Merah
Menurut Ayurveda (pengobatan India), bawang merah juga efektif dalam menyembuhkan kolera. Bawang merah memiliki antibakteri serta sifat antibiotik dan antiseptik.

Siapkan pasta dengan ½ bawang dan 7 atau 8 lada hitam. Bagilah pasta ini menjadi 3 dosis, dan konsumsi 3 kali sehari selama seminggu.

8. Cengkeh
Cengkeh juga membantu untuk mengobati kolera karena membantu meringankan ketidaknyamanan perut. Senyawa kimia yang disebut eugenol yang ditemukan dalam cengkeh juga membantu menghancurkan bakteri usus dan parasit yang dapat menyebabkan atau memperburuk diare.

- Masukan 10 sampai 15 tunas cengkeh dalam 5 sampai 6 gelas air.
- Rebus air sampai kuantitas berkurang setengahnya.
- Saring dan biarkan larutan dingin.
- Meminumnya secara teratur sampai kondisi Anda membaik

9. Biji Fenugreek


Biji Fenugreek (Image: top10homeremedies.com)

Untuk menghilangkan diare berat akibat kolera, biji fenugreek juga sangat efektif.

- Campurkan 1 sendok teh bubuk biji fenugreek, 2 sendok makan yogurt murni dan bubuk biji jintan yang sudah dipanggang sedikit. Konsumsi 2 atau 3 kali sehari untuk pemulihan cepat.

- Pilihan lain adalah dengan menambahkan 1 sendok teh bubuk biji fenugreek untuk segelas air hangat. Minum 2 kali sehari sampai Anda mendapatkan bantuan dari diare.

Catatan: Obat ini tidak cocok untuk anak-anak kecil.

10. Kunyit
Dalam pengobatan Ayurveda, kunyit sering direkomendasikan untuk mengobati diare, salah satu gejala yang paling umum dari kolera.

- Rendam 1 sendok makan potongan kunyit mentah dalam jus lemon selama 2 jam.
- Angkat potongan kunyit dan mengeringkannya di bawah sinar matahari.
- Giling potongan kunyit tersebut dan keringkan menjadi bubuk, simpan dalam wadah kedap udara.
- Tambahkan ¼ sendok teh bubuk ini dan sedikit madu untuk secangkir air panas.
- Minum dua kali sehari sampai Anda sembuh sepenuhnya.
Catatan: Pastikan untuk tidak mengambil dosis tinggi kunyit, yang dapat membuat diare lebih buruk.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Pengobatan Alami untuk Penyakit Kolera"

Posting Komentar