5 Cara Alami Sembuhkan Penyakit Diare



Sangat tidak mengenakkan ketika kita menderita diare. Bolak-balik ke kamar mandi untuk mengeluarkan kotoran yang encer memang sungguh menyebalkan.

Diare bisa disebabkan karena infeksi virus atau bakteri, konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi, alergi makanan, minum berlebihan, stres dan kecemasan, atau efek samping dari beberapa obat.

Ketika menderita diare, Anda juga mungkin mengalami gejala sering buang air besar, muntah, sakit perut, haus, demam, mual, kehilangan nafsu makan dan dehidrasi. Diare juga bisa bersifat akut, berlangsung satu atau dua minggu, atau kronis, terus menerus selama lebih dari dua atau tiga minggu.



Berikut solusi alami untuk menyembuhkan sakit diare, yang kami ambil dari laman Home Remedies.

1. Jahe
Jahe cukup baik untuk kesehatan pencernaan secara keseluruhan, jahe juga merupakan pilihan yang baik untuk mengobati diare.

Campurkan satu sendok teh setiap bubuk jahe, bubuk jinten, bubuk kayu manis, dan madu. Konsumsilah campuran ini tiga kali sehari.

Anda juga dapat menggunakan jahe kering atau jahe segar untuk membuat secangkir teh jahe. Minum teh jahe dua atau tiga kali sehari akan membantu meringankan kram dan nyeri perut yang kadang menyertai diare.

CATATAN: Mereka yang menderita tekanan darah tinggi sebaiknya tidak menggunakan obat jahe untuk diare.

2. Cuka sari apel
Cuka sari apel memiliki sifat antibakteri yang membantu melawan diare yang disebabkan oleh bakteri. Selain itu, mengandung pektin yang bertindak sebagai lapisan pelindung dan menenangkan kejang usus.

Campurkan 1-2 sendok makan cuka sari apel dalam segelas air. Minum dua kali sehari sampai kondisi Anda membaik.

3. Pisang
Pisang juga dapat membantu memecahkan masalah tinja berair. Pektin yang hadir dalam pisang adalah jenis serat larut yang membantu menyerap cairan dalam usus, sehingga mengurangi jumlah cairan dalam tinja.

Pada saat yang sama, tingkat tinggi kalium yang terkandung dalam pisang membantu menggantikan elektrolit yang mungkin hilang ketika mengalami diare.

Lembutkan satu buah pisang matang dan tambahkan satu sendok teh bubuk asam dan sedikit garam. Campur dengan baik. Konsumsi campuran ini dua kali sehari untuk menyembuhkan diare Anda.

Anda juga bisa mengkonsumsi satu atau dua buah pisang matang dalam sarapan Anda untuk menjaga kesehatan pencernaan.

4. Chamomile
Chamomile sering digunakan untuk mengobati berbagai masalah usus, termasuk diare. Kandungan antispasmodic bersama dengan jumlah tinggi dari tanin yang hadir dalam chamomile dapat memberikan bantuan dari gejala diare.

Masukkan satu sendok teh bunga chamomile dan satu sendok teh daun peppermint dalam secangkir air mendidih. Biarkan curam selama sekitar 15 menit. Minum teh herbal ini setidaknya tiga kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.

5. Blueberry
Blueberry mengandung unsur yang disebut anthocyanosides, yang memiliki antibakteri serta sifat antioksidan. Blueberry juga mengandung banyak serat larut pektin yang dapat membantu meringankan gejala diare.

Pilihan terbaik adalah dengan mengunyah blueberry kering beberapa kali sehari. Ini akan membantu membunuh kuman penyebab diare.

Anda juga dapat membuat teh dengan merebus bubuk blueberry kering dalam satu cangkir air selama sekitar 10 menit. Minum teh ini beberapa kali sehari.

Anda juga dapat membuat sup dengan blueberry kering.

6. Kulit jeruk
Kulit jeruk teh obat rumah lain yang dapat membantu mengendalikan gejala yang berhubungan dengan diare dan membantu proses pencernaan.

- Cuci jeruk secara menyeluruh untuk menghilangkan pestisida yang mungkin ada pada kulitnya. Kemudian ambil kulitnya, kemudian potong-potong.
- Letakkan kulit jeruk cincang dalam satu setengah cangkir air mendidih dan biarkan curam selama beberapa waktu. Ketika dingin, tambahkan madu atau gula untuk mempermanis. Minum teh ini dua atau tiga kali sehari

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Cara Alami Sembuhkan Penyakit Diare"

Posting Komentar