5 Pengobatan Alami untuk Mata Merah (Konjungtivitis)



Mata merah atau konjungtivitis, bisa sangat menjengkelkan dan membuat tidak nyaman. Banyak orang yang akan berpaling ketika melihat mata kita sedang merah. Mata merah bisa disebabkan oleh bakteri, virus, atau alergi.

Ketika disebabkan karena infeksi bakteri, biasanya akan mempengaruhi kedua mata dan disertai dengan nanah yang mengalir dari mata. Sedangkan jika karena infeksi virus, cenderung mempengaruhi satu mata pertama dan kemudian seteleh beberapa hari akan menular ke mata lainnya. Mata merah, baik itu karena infeksi bakteri maupun virus, keduanya sangat menular.

Mata merah yang disebabkan alergi juga bisa menyebabkan gejala yang sama, yang mempengaruhi kedua mata dan menyebabkan mata berair, tetapi mata merah karena alergi tidak menular. Hal ini dapat dipicu oleh alergen seperti serbuk sari, asap, debu, polusi udara, makeup atau tetes mata.



Berikut ini cara alami untuk mengobati mata kemerahan. Kami lansir dari laman Home Remedies

Jika mata kemerahan Anda disertai dengan gejala berat seperti nyeri, penglihatan terganggu, sensitif terhadap cahaya, atau gejala lain, atau tidak membaik dengan pengobatan alami, konsultasikan dengan dokter Anda.

1. Kompres dingin atau hangat
Kompres dingin digunakan untuk meredakan gatal dan bengkak akibat mata kemerahan, terutama bila disebabkan oleh alergi. Kompres hangat juga akan meredakan mata. Mereka juga mencegah keluarnya cairan dari mata Anda dari kekeringan bulu mata Anda.

- Rendam kain bersih dalam air panas atau dingin dan peras.
- Tempatkan kain pada mata yang terkena.
- Biarkan selama lima sampai 10 menit.
- Ulangi tiga atau empat kali sehari.

Jangan letakkan kain yang sama pada kedua mata, terutama jika hanya satu mata yang terinfeksi.

2. Asam borat
Asam borat bagus untuk sejumlah masalah mata seperti kemerahan, kekeringan, sensasi terbakar, karena sifat antibakteri dan antijamur yang ringan. Ini juga akan menenangkan iritasi mata dan membersihkan mata.

- Rebus secangkir air yang dicampur dengan satu sendok teh asam borat (tersedia dalam bubuk putih atau kristal berwarna).
- Gunakan sebagai obat cuci mata atau menerapkannya ke mata dengan kain lap atau kapas bola bersih.
- Bilas mata Anda dengan air hangat.
- Ulangi dua atau tiga kali sehari.

3. Calendula
Calendula adalah ramuan dengan sifat antivirus dan antibakteri yang membantu melawan infeksi dan menyembuhkan mata kemerahan.

- Masukkan dua sendok teh bunga calendula kering dalam secangkir air panas.
- Biarkan hingga dingin dan kemudian saring dengan kain tipis atau kertas penyaring kopi bersih.
- Gunakan ini sebagai obat cuci mata beberapa kali sepanjang hari.

Anda juga dapat mencelupkan kain lap dalam campuran herbal ini ketika masih hangat dan menggunakannya sebagai kompres hangat.

4. Teh Hitam
Teh hitam adalah obat rumah yang besar untuk mata kemerahan karena mengandung tanin yang membantu mengurangi gatal dan peradangan. Juga, bioflavonoid yang terdapat dalam teh hitam memerangi infeksi virus dan bakteri.

Tempatkan teh celup hitam lembab di mata Anda selama sekitar 10 menit. Lakukan ini tiga atau empat kali sehari, setiap beberapa jam.

5. Apple Cider Vinegar
Cuka sari apel memiliki sifat antimikroba yang membantu melawan infeksi yang menyebabkan mata merah.

- Campur dua sendok teh cuka sari apel organik dalam secangkir air yang disaring.
- Celupkan bola kapas atau kain bersih dalam larutan.
- Tutup mata dan mengusapnya dengan bola kapas atau kain.
- Lakukan ini setiap beberapa jam selama dua sampai tiga hari.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Pengobatan Alami untuk Mata Merah (Konjungtivitis)"

Posting Komentar