5 Pengobatan Alami untuk Sakit Gastritis



Gastritis dapat didefinisikan sebagai peradangan, iritasi atau pengikisa pada lapisan lambung, yang dikenal sebagai mukosa lambung.

Gejala gastritis bervariasi pada setiap orang, bahkan banyak yang tidak memiliki gejala sama sekali.

Namun, gejala yang paling umum adalah mual, muntah, perasaan kenyang di perut bagian atas setelah makan, gangguan pencernaan, mulas, sakit perut, kehilangan nafsu makan, tinja gelap dan kembung.

Ada empat penyebab utama gastritis: infeksi mukosa lambung oleh bakteri Helicobacter pylori, kekurangan vitamin B12, mengkonsumsi terlalu banyak penghilang rasa sakit atau obat-obatan anti-inflamasi lainnya, dan makanan asam dan pedas dan minuman.

Mereka yang minum terlalu banyak alkohol, orang dewasa dan orang-orang yang menderita penyakit dan kondisi seperti HIV / AIDS, mempunyai risiko lebih tinggi terkena gastritis. Infeksi virus atau jamur dan stres juga dapat menjadi faktor berkontribusi.



Berikut ini pengobatan alami untuk gastritis

1. Jahe
Jahe juga dapat secara efektif mengobati gastritis karena sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Hal ini dapat mengurangi peradangan dan mengobati infeksi serta meringankan gejala seperti sakit perut, gas, gangguan pencernaan, mual dan kembung.

Tambahkan 1 sendok teh jahe segar cincang dalam 1 cangkir air mendidih. Tutup dan curam selama 10 menit. Saring, tambahkan madu dan minum teh ini perlahan-lahan. Minum 2 atau 3 kali sehari selama sekitar satu minggu.

Atau, aduk ½ sdm tiap jus jahe dan madu. Konsumsi sebelum Anda makan 2 kali sehari selama seminggu.

Anda bahkan bisa mengunyah sepotong kecil jahe segar atau mengkonsumsi kapsul jahe untuk mengobati gastritis.

Catatan: Jahe dapat mengganggu efek obat pengencer darah dan obat tekanan darah tinggi

2. Yogurt
Yogurt adalah tambahan yang bagus untuk diet Anda, terutama ketika menderita gastritis.

Probiotik yang hadir dalam yogurt membantu melindungi lapiran perut Anda dari bakteri H. pylori penyebab gastritis. Yoghurt juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi lebih cepat.

Makan 2 sampai 3 cangkir yogurt setiap hari sampai Anda mendapatkan bantuan.

3. Chamomile
Teh chamomile juga dapat membantu dalam mengobati gastritis. Chamomile kaya minyak esensial tertentu yang bermanfaat bagi sistem pencernaan. Chamomile bahkan bisa menenangkan dinding usus, memberikan bantuan dari rasa sakit yang tiba-tiba, dan menghilangkan gas.

- Tambahkan 1 atau 2 sendok teh bunga chamomile kering ke 1 cangkir air panas.
- Tutup dan biarkan curam selama 5 sampai 10 menit.
- Saring, lalu tambahkan madu.
- Minum teh ini beberapa kali sehari selama seminggu.

4. Stroberi
Stroberi juga dapat membantu menyembuhkan gastritis karena properti antioksidan dan kandungan tinggi senyawa fenolik. Hal ini dapat membantu mencegah awal peradangan pada lapisan lambung.

Tambahkan 1 sendok makan daun stroberi kering untuk satu cangkir air panas. Biarkan curam selama 5 menit, lalu saring. Minum 2 atau 3 kali sehari sampai gejala gastritis mereda.

Untuk mencegah gastritis, makan beberapa stroberi setiap hari.

5. Kemangi suci
Kemangi suci juga efektif untuk mengobati gastritis akut. Sifat anti-inflamasi dan antibakteri membantu menurunkan peradangan dan mengurangi infeksi yang disebabkan oleh bakteri H. pylori. Kemangi suci juga dapat membantu mengobati gejala sakit perut, gangguan pencernaan, muntah dan mual.

Kunyah 4 sampai 5 daun kemangi suci perlahan-lahan untuk mengobati sakit perut. Lakukan ini setiap hari selama setidaknya beberapa minggu.

Pilihan lain adalah dengan mencampur 1 sendok teh setiap jus kemangi suci dan jus jahe dan minum 2 atau 3 kali sehari selama seminggu.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Pengobatan Alami untuk Sakit Gastritis"

Posting Komentar