5 Pengobatan Alami untuk Skiatika (Nyeri Panggul)



Sciatica atau Skiatika merupakan nyeri pada panggul yang disebabkan oleh iritasi atau kompresi saraf sciatic. Biasanya hanya mempengaruhi satu bagian tubuh.

Rasa sakitnya memanjang dari punggung bawah ke bagian belakang paha dan turun ke kaki. Ini disertai dengan gejala seperti terbakar atau kesemutan di bawah kaki, rasa nyeri dapat menyebabkan kesulitan berdiri atau duduk, dan mati rasa dan kelemahan pada kaki bagian bawah serta jari-jari kaki.

Linu panggul paling sering disebabkan oleh atau tergelincir, juga dapat disebabkan karena masalah-masalah seperti cedera tulang belakang atau infeksi, kehamilan, stenosis tulang belakang, spondylolisthesis isthmic dan sindrom piriformis.



Anda dapat menerapkan beberapa metode pengobatan alami untuk mengatasi Skiatika ini, diantaranya dibawah ini yang kami ambil dari laman Home Remedies.

1. Kompres Panas atau Dingin
Kompres panas atau dingin dapat membantu meringankan Skiatika dan peradangan. Perlakuan panas akan melemaskan otot-otot tegang yang dapat menekan saraf sciatic. Sedangkan pengobatan dingin mengurangi pembengkakan di sekitar saraf dan juga meringankan rasa sakit.

Anda bisa menggunakan dua metode kompres ini. Pertama kompreslah dengan menggunakan kompres panas dan diakhiri dengan kompres dingin.

Tempatkan kompres panas atau dingin pada daerah yang terkena selama 15 sampai 20 menit. Lakukan setiap beberapa jam sampai Anda mendapatkan bantuan.

Catatan: Jangan gunakan kompres dingin jika Anda memiliki masalah sirkulasi.

2. Kunyit
Kunyit merupakan pengobatan alami lainnya yang efektif untuk Skiatika karena bersifat anti-inflamasi. Pada kunyit berisi senyawa yang disebut curcumin yang membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan saraf.

Tambahkan 1 sendok teh kunyit kedalam 1 cangkir susu. Anda juga dapat menambahkan satu stik kecil kayu manis. Kemudian rebus. Permanis minuman ini dengan madu dan minum sekali atau dua kali sehari sampai Anda mendapat perbaikan.

Catatan: Kunyit mungkin tidak cocok bagi mereka yang sedang mengkonsumsi pengencer darah atau obat diabetes. Penderita batu empedu juga harus menghindarinya.

3. Pijat
Terapi pijat dapat mengurangi rasa sakit linu panggul, terutama jika masalah ini disebabkan oleh kejang otot. Pijat juga membantu melepaskan ketegangan, merangsang sirkulasi dan meningkatkan jangkauan gerak.

Pijat daerah yang terkena dengan minyak St John wort 2 atau 3 kali sehari sampai Anda mendapatkan bantuan. Minyak St John Wort memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi rasa sakit linu panggul dan peradangan.

4. Valerian
Akar valerian akar bekerja sebagai relaksan dan mengurangi nyeri saraf kronis. Hal ini sangat baik untuk mengurangi rasa sakit linu panggul yang disebabkan oleh kejang otot. Ramuan ini mengandung minyak atsiri yang membantu mengendurkan otot Anda dan meredakan ketegangan. Valerian juga populer digunakan sebagai alat bantu tidur.

Ambil 150 mg supleman akar valerian 3 kali sehari selama beberapa minggu. Konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Anda juga bisa minum teh valerian. Caranya seduh 1 sendok teh kering akar valerian dalam 1 cangkir air panas selama 10 menit. Minum teh herbal ini beberapa kali seminggu selama beberapa minggu

5. Akupuntur
Akupunktur merupakan pengobatan alami lainnya untuk menghilangkan rasa sakit linu panggul, mengendurkan otot-otot dan membantu tubuh Anda menyembuhkan dirinya sendiri.

Sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Traditional Chinese Medicine menemukan bahwa akupunktur dengan jarum hangat membantu meningkatkan rasa sakit linu panggul. Bahkan, 17 dari 30 peserta mendapat bantuan lengkap dari linu panggul setelah terapi akupunktur.

Anda dapat melakukan terapi akupunktur yang dilakukan oleh seorang ahli akupunktur yang terampil dan berpengalaman.

Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "5 Pengobatan Alami untuk Skiatika (Nyeri Panggul)"

Posting Komentar