5 Tips Sederhana untuk Tetap Langsing dan Sehat



Tetap langsing dan fit tidak hanya penting agar enak dipandang, tetapi juga untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Untuk mencapai tujuan ini, Anda harus terlebih dahulu menentukan berat badan ideal berdasarkan jenis kelamin, usia, tinggi badan, kerangka tubuh dan tipe tubuh. Ada beberapa rumus untuk menghitungnya.

Anda juga dapat menghitung BMI Anda (Body Mass Index) dengan menggunakan berat badan dan tinggi untuk menentukan apakah Anda kurus, kelebihan berat badan atau sudah memiliki berat badan ideal. Hal ini banyak digunakan dan juga direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia.

Anda dapat mengikuti beberapa tips dan trik agar tetap sehat dan menghindari kelebihan berat badan. Sebagian besar tips berikut ini melibatkan gaya hidup Anda, menjaga rutinitas, berolahraga dan mengikuti beberapa aturan diet dasar. Juga, yang sangat penting adalah tekad dan kemauan Anda untuk tetap fit dan sehat.


Berikut ini 5 tips untuk tetap langsing selamanya.

1. Berhenti Makan Ketika perut Anda sudah terisi 80%.
Makanlah sampai perut Anda terisi 80%, jangan pernah terisi semuanya, apalagi melebihi. Perut Anda akan terlihat lebih baik dengan lebih banyak ruang untuk menghasilkan cairan pencernaan dan memecah makanan.

Jika Anda terlambat menyudahi makan yang membuat perut kepenuhan. Dibutuhkan sekitar 20 menit bagi otak untuk mencatat bahwa perut sudah penuh.

Penelitian menunjukkan bahwa makan perlahan-lahan juga meningkatkan rasa kenyang sekaligus memungkinkan Anda lebih menikmati rasa makanan.

Berikut ini beberapa aturan diet dasar yang harus Anda ketahui:

- Makanlah hanya ketika Anda lapar. Ingatlah pepatah lama, "sejenak di bibir, selamanya di pinggul!"

- Jangan makan makanan disegala tempat. Seperti minum kopi saat berangkat kerja. Hal seperti ini akan menambah banyak kalori.

- Jangan makan larut malam. Nikmati makanan terakhir 2 sampai 3 jam sebelum tidur.

- Setelah makan camilan, tunggu 3 jam sebelum makan berikutnya atau makanan ringan.

2. Kontrol porsi makanan
Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa kontrol porsi sangat membantu dalam penurunan berat badan. Dalam sebuah studi tahun 2004 yang melibatkan 329 peserta kelebihan berat badan, 38% orang kehilangan 5% dari berat badan mereka setelah berlatih kontrol porsi selama 2 tahun. Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti di Health System Summa di Ohio.

Berikut ini tips mengontrol porsi makanan.

- Gunakan piring, mangkuk dan sendok yang lebih kecil.

- Sajikan minuman dalam gelas yang tinggi tapi kecil, bukan gelas pendek tapi sebetulnya lebar. Ini akan membuat Anda merasa telah minum lebih banyak.

- Jangan makan keripik dan makanan ringan kemasan dalam bungkusannya. Ini akan membuat Anda lupa diri dan menghabiskan isi keripik dalam sekali makan.

3. Detox Minuman
Mulailah hari Anda dengan minum air hangat yang dicampur dengan 1/2 jus lemon. Ini akan meningkatkan pencernaan, mengeluarkan kotoran, menyeimbangkan kadar pH dan membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat.

(Baca Juga: Menumbuhkan Rambut dengan Bawang Merah, Penasaran?)

4. Sarapan Sehat
Para ilmuwan percaya bahwa sarapan tinggi protein bisa menjadi kunci untuk melangsingkan karena membuat Anda merasa kenyang, dan dengan demikian meningkatkan kontrol nafsu makan sekaligus untuk mengurangi ngemil.

5. Ketahui Lapar atau Hanya Haus
Ini sering terjadi, orang bingung dan kemudian mengambil makanan padahal yang dibutuhkan tubuh saat itu adalah air. Tahukah Anda, bahwa Hipotalamus, yakni daerah otak yang mengontrol rasa lapar dan haus, mengirim sinyal yang sama untuk keduanya.

Untuk menentukan apakah Anda lapar atau haus, minum segelas air dan tunggu minimal 15 menit. Jika keinginan Anda untuk makan sudah terpenuhi, maka Anda mungkin hanya haus, tidak lapar.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Tips Sederhana untuk Tetap Langsing dan Sehat"

Posting Komentar