6 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan



Untuk orang Indonesia rasanya sudah tidak asing lagi dengan sayuran ini. Ya, labu siam sering kita jumpai dalam masakan sehari-hari. Bisa untuk sup, lalapan atau campuran sayur asem (masakan jawa). Ternyata bukan hanya enak, labu siam ternyata juga menyehatkan. Membuat tubuh kita sehat dengan memberikan beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Berikut ini 6 manfaat labu siam untuk kesehatan, kami ambil dari laman nutrition-and-you.com

1. Labu siam seperti juga labu pada umumnya adalah salah satu sayuran yang sangat rendah kalori; terdapat hanya 16 kalori per 100 g dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Labu siam merupakan sumber serat, anti-oksidan, mineral, vitamin. Karena rendah kalori dan kaya serat, membuat sayuran ini sering direkomendasikan oleh ahli diet untuk mengontrol kolesterol dan program penurunan berat badan.

2. Labu siam adalah sumber dari vitamin B kompleks, folat. Dalam 100 g labu siam segar terdapat 93 mg atau 23% dari asupan harian yang disarankan. Folat penting dalam pembelahan sel, dan sintesis DNA, ketika dikonsumsi dengan cukup sebelum dan selama awal kehamilan, vitamin ini dapat membantu mencegah cacat pada bayi yang baru lahir.



3. Seperti dalam keluarga sayuran labu yang lain, labu siam juga menyediakan tingkat kalium yang tinggi. Dalam 100 g mengandung 125 mg atau 2,5% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan dari elektrolit ini.

4. Selain itu, labu siam mengandung antioksidan aglycone flavonoid poli-fenolik seperti apigenin dan luteolin. Senyawa ini membantu mengikat radikal berbahaya oksigen yang diturunkan bebas dan spesies oksigen reaktif (ROS) dari tubuh yang berperan dalam kanker, penuaan dan berbagai masalah penyakit.

5. Labu siam segar merupakan sumber yang memadai dari anti-oksidan vitamin-C. Menyediakan sekitar 7,7 mg atau 13% dari RDA per 100g.

6. Selain itu, labu siam juga mengandung kelompok vitamin B-kompleks seperti thiamin, piridoksin, riboflavin dan mineral seperti besi, mangan, fosfor, seng, dan tembaga

Setelah membaca manfaat hebat dari labu siam. Sekarang Anda tidak mempunyai alasan untuk tidak menyukai labu siam bukan?

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "6 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan"

Posting Komentar