6 Pengobatan Alami untuk Gangguan Bipolar



Gangguan bipolar, juga disebut sebagai gangguan manic-depressive, adalah penyakit mental di mana seseorang sering mengalami perubahan suasana hati.

Dalam jangka waktu yang singkat, seseorang dapat mengalami perubahan suasana hati yang ekstrim dari tinggi ke rendah. Perubahan suasana hati sering menjadi menakutkan bagi orang yang bersamanya atau orang-orang yang hidup dengannya.

Penyebab pasti dari gangguan bipolar masih belum diketahui. Beberapa kemungkinan penyebab dan faktor risiko gangguan mental ini adalah kecenderungan genetik, stres, ketidakseimbangan hormon, ketidakseimbangan kimia otak, obat atau alkohol, dan beberapa pengalaman traumatis.

Setelah didiagnosis mempunyai gangguan bipolar, seseorang membutuhkan pengobatan jangka panjang.

Ada obat yang diresepkan oleh dokter untuk penyakit ini, tetapi mereka yang tertarik dengan pengobatan alami, juga dapat mempertimbangkan pengobatan herbal. Pastikan untuk berkonsultasi dengan ahli herbal untuk mendapat bimbingan yang tepat.

Berikut ini adalah cara alami untuk gangguan bipolar.

1. Minyak Ikan
Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3, sehingga dapat membantu dalam pengobatan gangguan bipolar. Mengandung EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid) yang sangat penting untuk memproduksi hormon dan kesehatan jaringan syaraf. Minyak ikan juga meningkatkan fungsi otak dan membantu mengatasi depresi.

Jadi, konsumsi suplemen minyak ikan. Untuk dosis yang tepat, konsultasikan dengan dokter Anda. Juga, Anda secara teratur dapat makan ikan berlemak seperti tuna, mackerel, salmon, herring dan ikan yang kaya akan asam lemak omega-3.

2. Brahmi
Brahmi, juga dikenal sebagai bacopa, adalah ramuan lain yang berguna untuk gangguan bipolar karena bekerja sebagai stimulan ringan serta obat penenang. Ini juga membantu meningkatkan memori dan mengurangi ketegangan mental.

Minum beberapa sendok teh jus yang diekstraksi dari Brahmi setiap hari selama beberapa minggu. Atau, mengambil ramuan ini dalam bentuk suplemen. Untuk dosis yang tepat, konsultasikan dengan dokter Anda.

3. Akar valerian
Akar valerian dikenal karena sifatnya sebagai obat penenang yang kuat yang dapat membantu menenangkan sistem saraf. Hal ini sering digunakan sebagai obat alternatif untuk kegelisahan, masalah tidur dan gangguan mood.

Valerian meningkatkan perasaan rileks dan mengurangi ketegangan saraf dan stres bersama dengan kecemasan, kegelisahan dan perubahan mood ringan sampai sedang.

Tanaman ini mudah tersedia di pasar dalam berbagai bentuk seperti akar valerian kering, kantong teh, kapsul, dan ekstrak cair.

4. Vitamin B
Vitamin B dapat bermanfaat bagi mereka yang menderita gangguan bipolar karena membantu mengatur suasana hati. Vitamin B1, B6, B9, dan B12 sangat penting karena mereka dapat membantu mengurangi gejala seperti kecemasan, mudah marah, depresi, perubahan suasana hati dan kelelahan.

Vitamin B1, juga disebut thiamin, meningkatkan sirkulasi darah di otak dan tubuh. Vitamin B6, juga disebut piridoksin, memerangi lekas marah. Vitamin B9, dikenal sebagai asam folat, sangat penting untuk menjaga fungsi otak yang tepat.

Vitamin B12, juga dikenal sebagai cobalamin, diperlukan untuk pembuatan neurotransmitter tertentu dan kekurangan yang terkait dengan gejala lekas marah, psikosis, depresi dan kelelahan.

Anda bisa makan makanan yang kaya vitamin B lebih seperti susu, telur, sereal, biji-bijian, sayuran hijau dan produk kedelai.

5. Licorice



Licorice juga dapat membantu gangguan bipolar karena bertindak sebagai antidepresan. Ini juga tampaknya mempengaruhi produksi hormon. Mereka yang menderita gangguan bipolar dapat minum teh licorice secara teratur.

Tambahkan 1 sendok teh kering akar licorice untuk secangkir air panas. Diamkan selama 10 menit.
Saring dan teh siap dikonsumsi.

6. Pijat Terapi
Terapi pijat mempromosikan relaksasi dan mengurangi kecemasan, stres dan depresi, sehingga membantu dalam pengobatan gangguan bipolar. Hal ini juga mempengaruhi hormon dan neurotransmiter.

Pijat lembut tubuh secara teratur, dengan menggunakan teknik pijat tradisional. Cara terbaik adalah untuk mendapatkan pijat dengan tukang pijat profesional.

Anda juga dapat mempertimbangkan akupunktur atau prosedur Ayurvedic seperti shirodhara (terapi aliran minyak) dan pengobatan panchakarma yang dilakukan oleh seorang ahli untuk efek menenangkan dan relaksasi.

Catatan: Terapi pijat tidak direkomendasikan untuk pasien gangguan bipolar yang tidak stabil.

Meskipun metode alami yang disebutkan di atas dapat membantu Anda dalam gangguan bipolar, tetap sangat penting untuk mencari nasihat dokter anda, dan bahkan berkonsultasi dengan ahli herbalis sebelum mencoba salah satu dari obat diatas.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "6 Pengobatan Alami untuk Gangguan Bipolar"

Posting Komentar