7 Cara Alami Mengobati Kolik Pada Bayi



Kolik sering diartikan sebagai kondisi dimana bayi rewel menangis sampai berjam-jam. Belum ada definisi yang pasti tentang sebenarnya yang dialami oleh sang bayi. Malah menurut situs NBCI, kolik adalah salah satu misteri alam.

Orang-orang awam tentu akan berfikiran lebih jauh jika melihat anak mereka menangis sampai 4 jam tanpa henti. Ada yang mengatakan ada makhluk halus disekitar, dan anggapan klenik lainnya.

Bayi yang mengalami kolik umumnya adalah bayi sehat dan cukup makan. Biasanya, bayi kolik akan menangis selama beberapa jam setiap hari dan terjadi setidaknya tiga kali seminggu selama lebih dari tiga minggu.

Kolik dimulai ketika bayi berusia 2 atau 3 minggu dan akan berangsur menghilang secara bertahap dalam beberapa bulan, biasanya pada saat bayi berusia 4 sampai 6 bulan. Kadang-kadang juga kolik bisa menjadi masalah pada bayi yang lebih tua.

Penyebab pastinya belum diketahui, tapi diduga alasannya adalah bahwa udara yang terjebak di dalam rongga perut menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Juga, bayi yang lahir dari ibu yang merokok selama kehamilan atau setelah melahirkan memiliki risiko lebih besar terkena kolik.

Gejala kolik seperti rasa sakit, menangis, mengerang, perilaku rewel dan kram. Dalam kasus yang parah, bayi juga dapat menunjukkan gejala seperti sering muntah, perubahan tinja, suhu tubuh tidak stabil, berat badan turun dan kelelahan.

Anda perlu menangani situasi ini dengan sabar sambil mencoba beberapa pengobatan alami dan sederhana untuk membantu meringankan ketidaknyamanan dan kerewelan pada anak Anda.


Image: Kompas.com

Berikut adalah 7 solusi alami untuk menangani kolik pada bayi.

1. Mandi hangat
Berikan bayi Anda mandi air hangat selama masa kolik. Ini akan memiliki efek menenangkan pada bayi Anda serta membantu untuk mengalihkan perhatian dan membuat bayi Anda mengantuk.

- Isi bak mandi bayi Anda dengan air hangat.
- Tambahkan beberapa tetes minyak lavender.
- Memandikan bayi Anda dalam air ini sambil memijat daerah perut dengan lembut untuk meringankan terjebaknya gas.
- Keringkan bayi Anda dan timang-timang untuk membantunya tidur.

2. Kompres Hangat
Obat alami lain yang sederhana untuk membantu bayi kolik adalah kompres hangat. Kompres hangat yang diterapkan pada perut bayi akan memberikan bantuan dari gas dan juga memiliki efek menenangkan.

- Celupkan handuk sangat lembut dalam air hangat dan peras kelebihan air.
- Tempatkan handuk hangat di perut bayi.
- Anda bahkan dapat menggosok handuk lembut dalam gerakan melingkar selama beberapa menit.
- Ikuti langkah sederhana ini 2 kali sehari untuk membantu mengeluarkan gas.

3. Minyak Pijat
Pemijatan dengan minyak secara teratur juga akan meringkan bayi menghadapi sakit kolik. Pijatan akan membantu menjaga bayi tetap hangat, memastikan pencernaan dan mencegah gas sekaligus membantu bayi Anda tertidur.

- Taruh beberapa minyak zaitun hangat di tangan Anda.
- Gunakan untuk memijat lembut perut bayi searah jarum jam.
- Pijat dan gosok juga bagian panggul, tangan dan kaki bayi.
- Lakukan ini beberapa kali sehari.

4. Olahraga Lutut pada bayi
Olahraga ringan sangat penting bagi bayi untuk melancarkan pencernaan. Salah satu latihan yang dapat membantu dalam mengurangi rasa sakit kolik pada bayi adalah dorongan lutut.

- Letakkan bayi Anda dalam posisi berbaring.
- Secara perlahan tempelkan lutut bayi Anda bersama-sama.
- Perlahan-lahan menekuk kaki di lutut dan mendorong mereka ke arah perut.
- Pegang kaki dalam posisi ini selama 4 sampai 6 hitungan.
- Ulangi beberapa kali setiap hari.

Catatan: Jangan lakukan ini dengan kasar atau ketika bayi Anda melawan.

5. Basil/Kemangi
Ramuan yang bermanfaat dalam mengobati kolik adalah kemangi. Kemangi tinggi eugenol, yang memiliki sifat antispasmodic dan obat penenang yang membantu mengusir gas dan menghilangkan ketidaknyamanan akibat pencernaan lainnya.

- Masukan 1 sendok teh daun kemangi kering dalam secangkir air mendidih. Tutup dan biarkan selama 10 menit. Saring dan biarkan dingin. Berikan 1 sampai 2 sendok teh teh ini pada bayi Anda beberapa kali sehari.

- Ibu yang sedang menyusui juga bisa minum teh ini 2 atau 3 kali sehari.

Pilihan lain adalah untuk menggiling 1 sendok makan daun kemangi dengan sedikit air untuk membuat pasta. Terapkan ini sekitar pusar dan perut bayi Anda. Biarkan hingga kering, kemudian bersihkan dengan lembut dengan tisu basah. Ulangi perawatan ini sesuai kebutuhan.

6. Teh Chamomile
Sebuah studi tahun 2007 oleh American Academy of Pediatrics menemukan bahwa teh chamomile dapat membantu menghilangkan kolik pada bayi. Chamomile dikenal karena sifat antispasmodic dan obat penenang yang yang membantu meringankan kram usus dan mendorong relaksasi.

- Masukan ½ sendok teh bunga chamomile kering dalam cangkir dan tuangkan air mendidih di atasnya.
- Tutup dan biarkan selama 10 menit.
- Saring dan biarkan dingin ke suhu kamar.
- Berikan teh ini dalam dosis kecil (1 sendok teh) untuk bayi Anda sepanjang hari.

Ibu yang menyusui juga bisa minum secangkir teh chamomile 2 atau 3 kali sehari.

Catatan: Jangan makan lebih dari 2 sampai 4 ons teh chamomile pada bayi. Hindari teh chamomile dengan rasa yang kuat.

7. Peppermint
Pepermenit mempunyai sifat antispasmodic, sehingga dapat membantu mengurangi perut kembung dan kondisi pencernaan lainnya pada bayi.

- Tambahkan 2 tetes minyak peppermint dalam 1 sendok makan minyak pijat bayi. Pijat daerah perut bayi Anda dengan menggunakan gerakan lembut melingkar. Lakukan ini setidaknya 2 kali sehari.

- Atau, Masukkan 1 sendok teh daun peppermint kering dalam secangkir air mendidih. Biarkan selama 10 menit, kemudian saring. Konsumsi teh ini untuk sang ibu 2 atau 3 kali sehari.

Tips tambahan

- Biarkan bayi Anda berbaring dengan perut selama 15 sampai 20 menit setiap hari.
- Memutar musik yang menenangkan adalah cara lain untuk menenangkan bayi kolik.
- Menjaga bayi Anda dalam gerakan (menimang) dapat menghentikan dia dari menangis.
- Cobalah untuk membuat bayi Anda tertidur.
- Coba juga untuk mengganti merek susu formula bayi Anda.
- Ibu menyusui harus makan makanan sehat dan menghindari stimulan seperti kafein dan coklat. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter bayi Anda dan mempertimbangkan mengubah diet Anda selama 2 minggu untuk menghilangkan makanan tertentu seperti produk susu dan kacang-kacangan untuk menyingkirkan kemungkinan alergi yang tidak diketahui pada bayi Anda.
- Pegang bayi Anda setegak mungkin selama makan.

Pastikan untuk menghubungi dokter anak Anda jika Anda tidak dapat menenangkan bayi Anda dan dia menangis terus menerus selama berjam-jam.

Sumber: top10homeremedies.com dan ncbi.nlm.nih.gov

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Cara Alami Mengobati Kolik Pada Bayi"

Posting Komentar