7 Pengobatan Alami untuk Dermatitis (Eksim)



Dermatitis atau orang umum biasanya menyebutnya dengan eksim adalah peradangan pada kulit, biasanya timbul bercak kemerahan dengan sensasi gatal.

Dermatitis mengacu pada peradangan pada kulit. Ada beberapa jenis dermatitis, yakni dermatitis kontak, dermatitis atopik, dermatitis seboroik, dll

Orang yang mengalami dermatitis akan mendapatkan peradangan, pembengkakan, gatal, sensasi terbakar dan kemerahan. Dermatitis yang parah juga dapat mengakibatkan lepuh dan pengerasan kulit.

Beberapa penyebab umum dari dermatitis adalah reaksi alergi, kondisi lingkungan tertentu, iritasi, akumulasi racun dalam tubuh, kekurangan gizi, dan faktor genetik. Orang-orang yang memiliki kulit tipis atau kering lebih rentan terhadap dermatitis.

Ada banyak cara alami untuk menyembuhkan derita ini, salah satunya dengan pengobatan alami dibawah ini.



Berikut ini adalah cara alami mengibati dermatitis yang kami ambil dari laman Home Remedies.

1. Minyak Kelapa
Minyak kelapa mempunyai sifat antimikroba dan pelembab alami yang sangat dapat mengatasi masalah dermatitis. Ini juga dappat secara signifikan mengurangi kemerahan dan kekeringan dalam beberapa hari.

Terapkan beberapa minyak kelapa hangat pada daerah yang terkena untuk melembutkan kulit. Untuk hasil terbaik, gunakan minyak kelapa murni setiap hari sebelum tidur.

2. Oatmeal
Mandi oatmeal dapat membantu dalam mengobati iritasi kulit, gatal dan ruam. Ini juga akan membantu menjaga melembabkan kulit Anda.

- Campurkan satu cangkir bubuk oatmeal halus dalam air mandi hangat.
- Rendam dalam air mandi selama 15 sampai 20 menit setiap hari.
- Ulangi setiap hari selama satu bulan.

3. Cuka sari apel
Bahan lain yang efektif untuk mengobati dermatitis adalah cuka sari apel. Ini akan meredakan peradangan dan gatal.

Campur sama banyak antara cuka sari apel dan air. Gunakan bola kapas untuk menerapkan pada kulit yang terkena. Biarkan selama sekitar 30 menit, dan kemudian bersihkan dengan kain basah. Ulangi obat ini setiap hari selama beberapa minggu untuk hasil yang maksimal.

4. Lidah buaya
Lidah buaya yang banyak digunakan untuk pengobatan kulit, bisa juga untuk dermatitis. Lidah buaya membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit dan mengurangi sensasi gatal serta iritasi kulit. Lidah buaya juga mempunyai pelembab alami dan sifat antimikroba.

Oleskan gel lidah buaya segar beberapa kali sehari selama beberapa bulan untuk menghilangkan dermatitis.

5. Vitamin E
Minyak vitamin E bisa menjadi solusi terbaik dan termudah dalam pengobatan dermatitis. Minyak ini akan mempercepat penyembuhan dan meringkan sensasi gatal-gatal dan peradangan.

Oleskan minyak vitamin E pada kulit Anda, terutama pada malam hari sebelum tidur. Anda juga dapat mencoba lotion dan krim yang mengandung vitamin E.

Konsumsi secara teratur makanan yang kaya vitamin E, seperti biji bunga matahari, minyak gandum, selai kacang dan jagung, juga dapat membantu mencegah eksim.

6. Neem
Lilac atau daun neem India juga dapat digunakan untuk mengobati masalah dermatitis. Ini akan membantu memulihkan kesehatan kulit Anda dan melindunginya dari berbagai infeksi.

Campurkan masing-masing satu sendok makan minyak wijen dan bubuk kunyit dalam satu sendok makan daun neem. Oleskan pasta ini pada kulit yang terkena dan biarkan selama beberapa jam sebelum mencucinya. Lakukan ini setiap hari selama beberapa bulan.

7. Kunyit
Bahan lain yang efektif dalam pengobatan alami dermatitis adalah kunyit karena sifat anti-inflamasi dan antiseptiknya.

- Panaskan satu liter air dan tambahkan satu setengah sendok teh bubuk kunyit. Kemudian rebus.
- Biarkan hingga dingin dan kemudian meminumnya. Lakukan ini setiap hari selama beberapa bulan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Pengobatan Alami untuk Dermatitis (Eksim)"

Posting Komentar