7 Pengobatan Alami untuk Ginekomastia (Payudara membesar pada pria)



Ginekomastia (Gynecomastia) adalah suatu kondisi yang mempengaruhi laki-laki, di mana jaringan payudara membesar dan membuat penampilan yang bisa memalukan bagi banyak orang. Hal ini terjadi karena hormon yang tidak teratur dalam tubuh selama masa pubertas.

Ginekomastia dapat mempengaruhi satu atau kedua payudara dan juga mungkin memiliki perkembangan yang tidak merata. Tanda-tanda dan gejala paling umum adalah payudara bengkak dan nyeri payudara.

Kondisi ini mungkin memerlukan perhatian medis jika disertai dengan rasa sakit, pembengkakan dan cairan dari salah satu atau kedua puting.

Penyebab paling umum dari ginekomastia adalah perubahan dalam kadar hormon - androgen dan estrogen.

Ginekomastia dapat terjadi karena berbagai alasan seperti pubertas, usia, hipogonadisme, testosteron rendah (hormon laki-laki), hipertiroidisme, kemoterapi, terapi radiasi, penyakit hati kronis, paparan polutan, gagal ginjal, penggunaan ganja, konsumsi alkohol berlebihan, kekurangan gizi , dan efek samping dari obat tertentu. Kelebihan berat badan juga dapat menambah masalah ini.

Meskipun bukan masalah serius, banyak pria merasa benar-benar sulit untuk mengatasi kondisi ini dan memilih untuk mengkonsumsi obat tertantu atau bahkan operasi.

Ada banyak pengobatan alami sederhana yang dapat membantu mengobati ginekomastia.


Image from: gynecomastianewyork.net

Berikut ini pengobatan alami untuk ginekomastia. Kami lansir dari laman Home Remedies

1. Kunyit
Kunyit dapat meningkatkan kadar hormon testosteron pada laki-laki. Bila tingkat testosteron tinggi, payudara besar pada pria secara alami akan mengecil. Kunyi juga meningkatkan kesehatan hati dan membantu membakar lemak.

Tambahkan 1 atau 2 sendok teh kunyit ke dalam secangkir air dan panas selama 10 menit. Minum 2 atau 3 kali sehari terutama sebelum tidur. Ulangi setiap hari dan dalam beberapa minggu, Anda akan melihat perubahan.

Anda juga dapat mengambil kapsul kunyit di bawah bimbingan dokter.

Catatan: Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengambil kunyit sebagai obat karena dapat membuat masalah perut seperti gejala GERD pada beberapa orang. Kunyit juga dapat memperburuk masalah kandung empedu dan mengurangi efek obat pengencer darah.

2. Minyak Ikan
Minyak ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 ini bermanfaat untuk pria dengan ginekomastia karena mereka membantu dalam produksi testosteron. Asam lemak ini juga membantu mengurangi kadar estrogen, yang merupakan salah satu alasan di balik pertumbuhan payudara laki-laki.

Konsumsi suplemen minyak ikan. Anda juga dapat mengambil suplemen omega-3. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk dosis dan pemakaian yang benar.

Anda juga dapat mengkonsumsi ikan air seperti salmon, tuna dan mackerel yang kaya asam lemak omega-3.

3. Passion Flower (Passiflora)
Passionflower dapat membantu dalam pengobatan alami ginekomastia. Tanaman bunga ini berisi senyawa yang disebut chrysin yang meningkatkan testosteron.

Masukkan 1 sendok teh bunga Passion Flower kering dalam 1 cangkir air selama 10 menit. Saring dan minum teh herbal ini beberapa kali sehari.

Pilihan lain adalah untuk mengambil ramuan ini dalam bentuk suplemen. Untuk dosis yang tepat konsultasikan dengan dokter Anda.

4. Zinc
Mengkonsumsi makanan berbasis zinc juga membantu dalam pengobatan ginekomastia, terutama ketika hal ini disebabkan oleh testosteron rendah.

Telah ditemukan bahwa seng meningkatkan testosteron secara alami. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa defisiensi zinc dapat menyebabkan penurunan tingkat testosteron. Testosteron rendah adalah salah satu penyebab utama ginekomastia.

Makan makanan yang tinggi seng seperti tiram, lobster, kacang mete, yogurt, kismis dan kacang buncis.

Anda juga dapat mengambil suplemen seng setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

5. Flaxseed (biji rami)
Biji rami juga mengandung asam lemak omega-3 yang membantu meningkatkan testosteron dan mengurangi kadar estrogen. Flaxseed juga mengandung konsentrasi tinggi dari lignan yang menyeimbangkan aktivitas estrogen dan memiliki kualitas antiestrogenik. Biji rami juga membantu dalam penghapusan racun berbahaya dari tubuh.

Tambahkan 1 sendok makan flaxseed ke segelas air panas dan mengkonsumsinya setiap hari sampai Anda melihat perbaikan.

Pilihan lain adalah mengkonsumsi 1 atau 2 sendok makan biji rami setiap hari minyak selama beberapa minggu.

Catatan: Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengambil biji rami sebagai obat karena dapat mengganggu obat-obatan tertentu.

6. Dandelion
Ramuan lain yang dapat membantu mengobati ginekomastia adalah dandelion. Tanaman ini memiliki efek diuretik, yang dapat membantu menghilangkan kelebihan air serta racun berbahaya dan kelebihan estrogen dari tubuh. Juga membantu pemecahan karbohidrat yang pada gilirannya menyebabkan lebih sedikit lemak yang disimpan oleh tubuh.

Tambahkan 1 sendok teh dandelion kering untuk satu cangkir air panas. Tutup dan curam selama 10 menit. Saring dan minum teh ini 2 atau 3 kali sehari selama beberapa minggu.

7. Mandi Garam Epsom
Mandi garam Epsom dapat membantu menyingkirkan retensi air. Garam epsom mengandung magnesium sulfat yang membantu proses detoksifikasi dan dengan demikian membantu menyeimbangkan hormon.

- Tambahkan 2 cangkir garam Epsom dalam air hangat dalam bak mandi.
- Aduk dengan baik sampai garam larut.
- Rendam diri Anda dalam bak mandi dan bersantailah selama 15 menit.
- Ulangi sampai 3 kali seminggu.

Catatan: Obat ini tidak dianjurkan untuk orang dengan tekanan darah tinggi dan masalah jantung

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "7 Pengobatan Alami untuk Ginekomastia (Payudara membesar pada pria)"

Posting Komentar