8 Cara Alami Mengobati Jerawat



Jerawat adalah masalah kulit yang umum yang mempengaruhi orang-orang dari segala usia. Remaja paling sering menderita penyakit ini karena tingkat hormon yang sedang meningkat dalam tubuh mereka.

Kurang tidur, terlalu banyak stres, kebiasaan makan yang tidak sehat dan gaya hidup yang sibuk juga dapat menyebabkan jerawat. Jerawat bisa muncul di wajah, dada, punggung dan kulit kepala. Meskipun tidak ada obat yang pasti, ada banyak obat alami yang sederhana dan mudah menggunakan bahan-bahan yang umum ditemukan di dapur Anda.

Berikut adalah solusi 10 pengobatan alami untuk jerawat.

1. Baking Soda
Baking soda atau sodium bikarbonat bekerja sebagai exfoliant lembut untuk kulit Anda. Dengan demikian, akan membuka pori-pori dan menghilangkan kulit mati. Hal ini juga membantu mengatur keseimbangan pH kulit dan memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik ringan.

- Oleskan pasta dari satu atau dua sendok teh baking soda dan sedikit air. Bilas setelah beberapa menit.
- Anda juga dapat mencampur dua sendok makan baking soda, satu sendok teh bubuk kayu manis, setengah jus lemon, dan lima sendok makan madu. Oleskan pada wajah Anda dan cuci setelah lima menit. Gunakan baking soda pada kulit Anda sekali atau dua kali dalam seminggu.

2. Oatmeal
Oatmeal sangat bermanfaat dalam mengurangi jerawat karena membersihkan pori-pori kulit dan menyerap minyak berlebih sekaligus mengelupas kulit Anda.

- Campurkan satu sendok teh madu dan setengah jus lemon dalam secangkir oatmeal.
- Gosok campuran ini di atas kulit Anda.
- Biarkan selama 30 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.
- Lakukan satu atau dua kali seminggu.



3. Jus Lemon
Kandungan asam pada lemon sangat berguna dalam mengobati jerawat. Lemon akan membersihkan kotoran yang menumpuk di pori-pori dan akan mengeras menjadi sebum. Anda dapat menggunakannya pada kulit Anda sehari-hari, tetapi jika terlalu kering, lakukan setiap dua atau tiga hari.

- Gosokkan irisan lemon pada daerah yang terkena dan biarkan selama beberapa jam sebelum membilas wajah dengan air.
- Anda juga dapat mencampur jus lemon dengan air mawar dalam jumlah yang sama dan menggunakan untuk mencuci daerah yang terkena secara menyeluruh.

4. Pasta gigi
Pasta gigi yang Anda gunakan secara teratur untuk membersihkan gigi Anda juga dapat membantu menghilangkan masalah jerawat. Ini sebenarnya salah satu pengobatan alami yang paling mudah untuk jerawat.

Oleskan sedikit pasta gigi putih pada daerah yang terkena sebelum tidur. Pasta gigi akan mengurangi pembengkakan dan kering jerawat. Dalam satu atau dua hari, Anda akan melihat peningkatan yang signifikan.

5. Minyak pohon teh
Pengobatan alami lain yang populer untuk jerawat adalah minyak pohon teh. Minyak pohon teh bertindak seperti antiseptik dan disinfects pori-pori. Juga membantu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Cukup gunakan satu tetes minyak pohon teh ke daerah yang terkena tiga kali sehari.

6. Kulit Jeruk
Kandungan asam dan vitamin C tinggi yang ada dalam jeruk membuatnya menjadi obat yang sempurna untuk jerawat. Anda dapat menggunakan jus dari jeruk serta kulitnya, tetapi kulit jeruk lebih efektif.

- Jermu kulit jeruk di bawah sinar matahari dan biarkan benar-benar kering.
- Giling kulit kering menjadi bubuk dan tambahkan air untuk membuat pasta.
- Oleskan pasta tersebut ke daerah yang terkena dan biarkan selama 10 sampai 15 menit. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat.

7. Aloe Vera Gel
Sifat menenangkan dan anti-inflamasi dalam lidah buaya dapat mengobati jerawat dalam hitungan beberapa hari. Gel Aloe vera juga membantu dalam penyembuhan bekas luka yang disebabkan oleh jerawat.

Anda dapat membeli gel lidah buaya dari pasar atau mendapatkan aloe vera gel murni dengan memotong daun dari tanaman lidah buaya dan meremas gel dari tengah. Oleskan gel lidah buaya ke daerah yang terkena dua kali sehari.

8. Daun Fenugreek
Ramuan fenugreek juga dapat digunakan dalam pengobatan jerawat karena yang anti-inflamasi, antioksidan dan sifat antiseptik.

- Campurkan daun fenugreek segar dengan air untuk membuat pasta halus. Terapkan pasta herbal ini pada daerah yang terkena dan biarkan selama sekitar 10 sampai 15 menit. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat. Ulangi proses sampai tiga atau empat hari.

- Atau, menggiling satu sendok teh biji fenugreek menjadi bubuk halus dan tambahkan sedikit air hangat untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini pada daerah yang terkena. Biarkan selama sekitar 20 menit atau semalam dan kemudian bilas. Lakukan ini dua atau tiga kali seminggu.

Demikian langkah sederhana dan mudah diikuti untuk pengobatan alami pada jerawat. Untuk hasil terbaik, Anda juga harus menjalani gaya hidup sehat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "8 Cara Alami Mengobati Jerawat"

Posting Komentar