8 Cara Mengobati Masalah Pencernaan



Gangguan pencernaan juga dikenal dengan dispepsia, ini ketika terjadi masalah sekresi cairan pencernaan dalam perut. Biasanya gangguan pencernaan terjadi setelah mengonsumsi makanan pedas atau berlemak atau makan terlalu banyak. Beberapa gejala gangguan pencernaan seperti kembung, gas, sensasi terbakar di daerah perut, dan muntah.

Masalah pencernaan bisa diatasi dengan pengobatan alami yang bahannya banyak terdapat di dapur Anda.

Berikut adalah solusi alai untuk ganguan pencernaan.

1. Cuka sari apel
Cuka sari apel sering digunakan untuk meningkatkan pencernaan yang lambat karena sifat antibiotik-nya.

Tambahkan satu sendok cuka sari apel untuk secangkir air. Campurkan juga satu sendok teh madu. Minum larutan ini dua sampai tiga kali sehari untuk mendapatkan bantuan lebih cepat.

2. Jahe
Jahe merangsang cairan pencernaan dan aliran enzim yang membantu mencerna makanan Anda. Ini merupakan obat yang efektif untuk gangguan pencernaan dari makan berlebihan.

- Ambil dua sendok teh jus jahe, satu sendok teh jus lemon, dan sedikit garam meja dan garam hitam. Campur bahan secara menyeluruh dan mengkonsumsinya dengan atau tanpa air, silahkan pilih yang mana.

- Anda juga dapat menaburkan garam pada beberapa iris jahe segar dan mengunyah secara menyeluruh.

- Atau Anda bisa minum teh jahe buatan sendiri untuk mendapatkan bantuan dari kembung, kram, gas dan perut sakit. Untuk membuat teh jahe, tambahkan satu setengah sendok teh bubuk jahe untuk secangkir air panas dan biarkan selama dua sampai tiga menit.



3. Baking Soda
Gangguan pencernaan sering terjadi karena tingginya kadar asam lambung. Baking soda merupakan salah satu perawatan yang paling sederhana dan efektif untuk gangguan pencernaan karena bertindak seperti antasida. Aduk satu-setengah sendok teh baking soda ke dalam setengah gelas air. Minum ini akan menetralkan asam di perut dan memberikan bantuan Anda dari kembung.

4. Ketumbar
Ketumbar merupakan bumbu yang efektif untuk mengobati gangguan pencernaan.

- Tambahkan beberapa biji ketumbar panggang untuk setengah gelas buttermilk dan minum dua kali sehari.
- Anda juga dapat mencampur ketumbar panggang dengan biji tanah kapulaga, cengkeh dan jahe untuk membuat pasta.

5. Teh Herbal
Minum teh herbal setelah makan makanan dapat sangat mengurangi gangguan pencernaan. Celupkan kantong teh herbal favorit Anda ke dalam secangkir air dan menutupinya selama lima menit. Minum selagi masih hangat. Anda dapat mencoba teh herbal yang mengandung mint, raspberry dan blackberry untuk bantuan instan. Peppermint atau teh chamomile juga dapat menenangkan perut Anda, terutama setelah makan berlebihan.

6. Apel
Makan makanan kaya serat, seperti apel, dapat membantu mencegah gangguan pencernaan. Serat paling tinggi adalah pada kulit apel, sehingga pastikan ketika Anda makan apel untuk tidak mengupas kulitnya. Serat membantu membersihkan sistem pencernaan yang tersumbat dan dapat memberikan bantuan dari sakit perut dalam beberapa menit.

7. Jeruk
Jeruk dapat menenangkan perut Anda karena mengandung berbagai asam alami, terutama sitrat dan asam askorbat. Makan jeruk atau minum jus jeruk segar sebelum makan makanan berat akan membantu meningkatkan asam dalam perut Anda dan meningkatkan kapasitas pencernaan Anda. Jus nanas juga merupakan pilihan yang baik.

8. Kayu manis
Rempah-rempah ini juga bisa sangat membantu ketika menderita gangguan pencernaan. Kayu manis membantu dalam proses pencernaan dan dapat memberikan bantuan instan dari kram dan kembung.

Buat secangkir teh kayu manis dengan menambahkan satu-setengah sendok teh bubuk kayu manis ke secangkir air mendidih dan biarkan selama beberapa menit. Minum selagi masih hangat untuk hasil terbaik.

Demikian pengobatan alami untuk meringankan gejala gangguan pencernaan. Namun, jika Anda memiliki sakit perut yang intens atau muntah yang berlebihan, berkonsultasi dengan dokter segera

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "8 Cara Mengobati Masalah Pencernaan"

Posting Komentar