8 Pengobatan Alami untuk Atasi Insomnia



Insomnia merupakan gangguan tidur yang umum ditandai dengan kesulitan ketika hendak tidur. Orang yang mempunyai insomnia akan mendapatkan lelah disiang hari karena kurangnya istirahat, kerjaan juga tidak maksimal, sakit kepala, lekas marah, depresi, dan berbagai masalah lainnya.

Insomnia umumnya terdriri dua jenis: akut dan kronis. Insomnia akut biasanya berlangsung selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Sedangkan insomnia kronis berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan lebih lama.

Diantara penyebab insomnia antara lain stres, kecemasan, gangguan psikotik, kebiasaan tidur yang buruk, gangguan ditempat tidur, gaya hidup, kafein atau stimulan lainnya, sakit kronis, kesulitan bernapas, dan kondisi medis tertentu seperti arthritis, gagal jantung, asam refluks dan lainnya.

Ada beberapa efek obat yang juga menjadi penyabab kita sulit mendapatkan tidur, diantaranya: obat kortikosteroid, alpha-blockers, beta-blockers, ACE inhibitor, dan banyak lagi.

Ada dapat mencoba pengobatan alami untuk mengatasi insomnia, seperti yang kami lansir dari laman StyleCraze berikut ini:

1. Biji Jinten
Jinten merupakan rempah-rempah kuliner dengan sifat obat yang membantu pencernaan. Dalam pengobatan tradisional Ayrvedic, jinten telah digunakan untuk menginduksi tidur. Minyak jintan juga memiliki efek penenang.

Campurkan satu sendok teh bubuk jintan dalam pisang tumbuk dan memakannya sebelum tidur.

Anda juga dapat mengkonsumsi teh jinten untuk merangsang kantuk. Untuk mempersiapkan teh, panaskan satu sendok teh biji jintan pada panas rendah selama sekitar lima detik, tambahkan satu cangkir air dan mendidihkan. Matikan api, tutup wadah dan biarkan selama sekitar lima menit. Terakhir, saring dan minum teh jinten ini sebelum tidur.

2. Saffron
Saffron juga memiliki sifat obat penenang ringan yang membantu mengatasi insomnia.

- Masukkan dua helai safron dalam secangkir susu hangat.
- Minuuma pada malam hari sebelum tidur.

3. Teh Chamomile
Teh chamomile merupakan obat alami yang terkenal untuk insomnia. Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa senyawa yang disebut apigenin dalam chamomile mempunyai efek sedatif.

Cukup dengan mengkonsumsi secangkir teh chamomile untuk mempercepat tidur dan relaksasi. Anda juga dapat mempermanisnya dengan sejumput kayu manis dan madu.

4. Pisang
Makan pisang dapat berguna dalam memerangi insomnia karena mengandung asam amino yang disebut tryptophan yang membantu meningkatkan kadar serotonin, yang membantu mengatur pola tidur. Ini juga akan meningkatkan mood Anda dan membantu mengatur nafsu makan Anda. Mineral seperti besi, kalsium dan kalium yang hadir dalam buah ini juga membantu mendapatkan tidur segera.

5. Susu Hangat
Susu hangat adalah metode alami yang sangat baik untuk relaksasi pikiran dan tubuh Anda. Selain itu, susu juga seperti pisang, mengandung triptofan yang mempromosikan tidur.

Campurkan seperempat sendok teh bubuk kayu manis dalam secangkir susu hangat. Minum satu jam sebelum tidur.

6. Jus Fenugreek
Fenugreek dapat mengurangi kecemasan, insomnia, dan pusing.

Campur dua sendok teh jus yang diekstrak dari daun fenugreek dan satu sendok teh madu. Konsumsi setiap hari.

7. Valerian
Valerian adalah ramuan obat yang mengandung sifat sebagai obat penenang dan rileksasi. Valerian akan menginduksi relaksasi dan mempromosikan tidur nyenyak.

Campurkan setengah sendok teh setiap akar valerian parut dan pala dalam dua gelas air panas. Biarkan curam selama 15 menit. Saring dan minum. Jangan gunakan obat ini secara teratur selama lebih dari beberapa minggu karena dapat menyebabkan masalah jantung.

Cukup dengan meminum teh valerian juga membantu.

8. Mandi air hangat



Melalukan mandi air panas atau mandi sekitar dua jam sebelum tidur dapat membantu dalam mengobati insomnia. Ini akan bekerja sebagai ritual tidur yang baik untuk membuat tubuh lebih rileks dan menenangkan ujung saraf.

Agar lebih fektif, Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti lemon balm, chamomile, rosemary, atau lavender ke air mandi.

Selain mencoba metode diatas, Anda juga bisa menerapkan beberapa hal berikut ini: membangun rutinitas tidur yang teratur, tidurlah di ruangan gelap dan tenang, hindari makanan besar sebelum tidur, berlatih teknik relaksasi, menghilangkan kafein dari diet Anda, dan menggabungkan olahraga ringan dalam rutinitas Anda.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "8 Pengobatan Alami untuk Atasi Insomnia"

Posting Komentar