8 Pengobatan Alami untuk Menghilangkan Keloid



Keloid merupakan bekas luka yang membesar karena pertumbuhan abnormal jaringan berserat. Luka kulit seperti jerawat, luka bakar ringan, luka gigitan atau goresan dapat meninggalkan bekas luka. Keloid terbentuk dari waktu ke waktu, ketika jumlah kolagen terlalu berlebihan tumbuh di bekas luka. Biasanya, kolaid tidak menyebabkan rasa sakit, hanya kadang-kadang bisa menimbulkan rasa gatal.

Singkatnya, Kolaid adalah bekas luka yang menebal.

Meskipun keloid tidak menimbulkan masalah kesehatan, banyak orang tidak suka karena bekas luka yang menebal dan besar ini bisa merusak penampilan.

Kolaid bisa dihilangkan dengan operasi ringan, suntikan atau perawatan laser. Tapi Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya untuk operasi keloid, dengan pengobatan alamai saja, Anda sudah bisa menghilangkan keloid.



Berikut ini pengobatan alami untuk menghilangkan keloid

1. Cuka sari apel
Pengobatan alami yang bagus untuk mengobati keloid adalah cuka sari apel karena membantu memperkecil ukuran dan kemerahan dari bekas luka.

- Terapkan cuka sari apel langsung pada daerah yang terkena dan memijat lembut sehingga cuka bisa diserap ke dalam kulit.
- Biarkan hingga kering selama beberapa menit, dan kemudian ulangi lagi untuk mempercepat proses penyembuhan.
- Lakukan ini beberapa kali sehari untuk hasil yang maksimal dan teruskan selama 4-5 minggu.

2. Baking Soda
Baking soda bertindak sebagai agen abrasif dan membantu pengelupasan kulit. Hal ini juga dapat digunakan menghilangkan keloid.

- Campurkan satu bagian baking soda dengan tiga bagian hidrogen peroksida untuk membuat pasta halus.
- Oleskan pasta langsung pada daerah yang terkena untuk mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan.
- Lakukan ini tiga atau empat kali sehari tergantung pada tingkat keparahan bekas luka.

3. Jus Lemon
Jus lemon mengandung antioksidan dan vitamin C yang sangat membantu dalam mengobati berbagai jenis luka, termasuk keloid. Setelah beberapa minggu menggunakan obat ini, Anda akan melihat peningkatan yang signifikan dari warna, tekstur, penampilan, dan fleksibilitas dari bekas luka Anda

- Ekstrak jus dari lemon segar dan menerapkannya pada daerah kulit yang terkena.
- Biarkan selama sekitar setengah jam, kemudian bersihkan dengan air hangat.
- Ulangi proses ini setidaknya sekali sehari.

4. Lidah buaya
Lidah buaya sangat baik untuk kulit dan dapat digunakan untuk pengobatan keloid. Ini membantu mengurangi peradangan, menjaga kelembaban kulit baik dan menyembuhkan kulit yang rusak. Juga membantu mencegah infeksi kulit.

Bersihkan area bekas luka secara menyeluruh dengan air hangat. Terapkan gel lidah buaya segar pada bekas luka dua kali sehari.

5. Cendana dan Air Mawar
Cendana bermanfaat dalam regenerasi kulit dan air mawar merupakan toner kulit alami. Jika digabungkan, mereka dapat membantu mencegah atau mengurangi dan meringankan bekas luka keloid.

- Buatlah pasta tebal bubuk cendana dan air mawar.
- Bersihkan bekas luka dengan air dan menerapkan pasta sebelum tidur. Di pagi hari, bersihkan daerah secara menyeluruh dengan air hangat.
- Lakukan ini secara teratur untuk satu atau dua bulan.

6. Madu
Madu sangat dianjurkan untuk pengobatan keloid. Aplikasi biasa madu selama beberapa minggu dapat memecahkan masalah keloid.

Oleskan madu segar di bekas luka dan memijat lembut daerah yang terkena untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah penumpukan sel kulit mati.

7. Bawang putih
Bawang putih mencegah proliferasi fibroblast yang berlebihan yang dapat menyebabkan keloid, sehingga ini bisa dijadikan pengobatan yang baik untuk beberapa jenis bekas luka.

- Oleskan minyak bawang putih langsung pada bekas luka.
- Biarkan selama 10 menit dan kemudian cuci daerah secara menyeluruh.

Jika minyak bawang putih tidak tersedia, Anda dapat menggunakan siung bawang putih yang dihancurkan.

8. Minyak Lavender
Minyak lavender memiliki sifat meremajakan sel kulit yang dapat membantu segala bentuk jaringan parut, termasuk keloid. Ini juga membantu meningkatkan tingkat pergantian sel kulit, yang sangat bermanfaat dalam mencegah bekas luka dari menjadi permanen.

Anda dapat meminimalkan bekas luka dengan mengoleskan minyak lavender dan memijat lembut daerah yang terkena selama beberapa menit. Lakukan ini beberapa kali sehari untuk hasil yang lebih baik.
Anda juga dapat mencampur jumlah yang sama antara minyak lavender dan minyak pohon teh minyak zaitun atau minyak esensial lainnya dan menerapkannya pada daerah yang terkena beberapa kali sehari.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "8 Pengobatan Alami untuk Menghilangkan Keloid"

Posting Komentar