Manfaat Akar Maca untuk Kesehatan yang Mungkin Belum Anda Ketahui



Maca, atau dengan nama ilmiah Lepidium meyenii, adalah tanaman dua tahunan yang termasuk keluarga crucifer.

Tiga varian yang paling umum dari akar maca adalah akar maca warna krem, akar biru atau hitam dan akar maca pink. Setiap varian memiliki sifat obat tersendiri.

Kandungan Penting dari Akar Maca

Akar maca sarat dengan semua nutrisi penting seperti vitamin dan mineral. Sumber dari banyak vitamin seperti A, B1, B2, B3, B12, C dan D serta mineral seperti zat besi, natrium, kalium, magnesium, seng, tembaga, kalsium, fosfor, mangan dan bismut membuat akar maca menjadi super-food yang meningkatkan energi.

Akar maca juga sumber yang kaya akan asam bebas lemak dengan kelimpahan asam oleat, asam palmitat dan asam linolenat. Asam amino esensial seperti serin, asam glutamat, glisin, histidin, asam aspartat, alanin, tirosin, treonin, valin, fenilalanin, leusin, isoleusin, metionin, sarcosine dan juga prolin. Selain itu, akar maca terdiri dari 59% karbohidrat, 8,5% serat, 10,2% protein dan 2,2% lemak.

Karena mempunyai nutrisi penting yang melimpah, akar maca sangat populer sebagai obat rumahan yang sangat baik untuk membantu berbagai penyakit. Akar maca dapat digunakan dalam bentuk ekstrak akar, kapsul atau tablet dan bubuk akar maca. Sebagai makanan, maca dapat dipanggang atau disiapkan sebagai sup.


Image: ogrodniczyraj.pl

Berikut ini Manfaat Akar Maca untuk Kesehatan, yang sudah kami janjikan. Seperti dikansri dari laman improvisedhomeremedies.com

1. Akar Maca untuk Kesehatan Wanita
Secara tradisional akar maca telah digunakan mengobati berbagai masalah yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi wanita seperti sindrom pramenstruasi dan menopause. Ini memicu kelenjar hipotalamus dan hipofisis untuk mengatur keseimbangan hormon alami, yang dapat mengurangi gejala kekeringan pada daerah kewanitaan, keringat malam dan masalah tidur. Akar maca dapat meringankan masalah haid seperti periode berat atau tidak teratur, kram serta gejala sindrom pramenstruasi. AKar maca juga dikenal dapat meningkatkan libido dan kesuburan.Juga membantu untuk menyingkirkan Kista pada ovarium secara alami.

2. Akar Maca untuk Ketahanan dan Peningkatan Mood
Satu lagi manfaat akar maca adalah kemampuannya untuk meredakan depresi ringan, stres dan kecemasan tanpa menimbulkan efek samping. Maca membantu meningkatkan kadar serotonin, sehingga mengurangi depresi. Maca juga dikenal untuk memperkuat tingkat energi dan daya tahan. Itu sebabnya, akar ini dianggap sebagai tonik terbaik bagi para atlet untuk meningkatkan stamina.

3. Akar Maca untuk Kulit dan Perawatan Rambut
Akar maka membantu dalam menangani berbagai masalah kulit seperti jerawat dan membuat kulit menjadi halus dan awet muda. Akar maka juga akan meningkatkan sintesis kolagen serta mencerahkan warna kulit. Selain itu, maca membantu mempertahankan ketebalan rambut dan mencegah rambut rontok. Dikenal juga dalam meningkatkan sintesis keratinosit dan mendorong pertumbuhan rambut.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Akar Maca untuk Kesehatan yang Mungkin Belum Anda Ketahui"

Posting Komentar